Ranking FIFA Timnas Indonesia Berpeluang Meroket Bila Mampu Kalahkan Curacao, Begini Hitung-hitungannya

oleh Zulfirdaus Harahap diperbarui 22 Sep 2022, 19:30 WIB
Starting line-up Timnas Indonesia berfoto sebelum dimulainya laga uji coba FIFA Matchday antara Timnas Indonesia menghadapi Bangladesh di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Rabu (1/6/2022) malam WIB. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Bola.com, Bandung - Timnas Indonesia akan menghadapi Curacao pada laga FIFA Matchday. Pasukan Shin Tae-yong akan dua kali menghadapi tim dari Amerika Tengah tersebut.

Timnas Indonesia lebih dulu menghadapi Curacao di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (24/9/2022). Tiga hari berselang, giliran skuad Merah Putih yang akan bermain di Stadion Pakansari, Cibinong.

Advertisement

Kedua laga FIFA Matchday ini wajib dimaksimalkan oleh Timnas Indonesia. Pasalnya, Timnas berpotensi meraup banyak poin bila mampu mengalahkan Curacao dalam kedua laga tersebut.

Tambahan banyak poin bisa mendongkrak posisi Timnas Indonesia di ranking FIFA. Lantas, bagaimana hitung-hitungannya?

2 dari 5 halaman

Latar Belakang

Timnas Indonesia harus puas bermain imbang 0-0 saat menghadapi Bangladesh pada laga uji coba yang bertajuk FIFA Match Day di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Rabu (01/06/2022) malam WIB. Tim asuhan Shin Tae-yong tampil dominan sepanjang laga namun semuanya mentok ditahan kiper Bangladesh, Anisur Rahman. Meskipun begitu, tetap ada pemain yang tampil menonjol pada laga tersebut dan layak diberi kredit lebih. Berikut daftarnya. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Mengacu pada ranking FIFA terakhir (25/8/2022), Timnas Indonesia memiliki perbedaan posisi yang jauh dari Curacao. Timnas Indonesia saat ini berada di urutan ke-155 dengan koleksi 1019,19 poin.

Sementara itu, Curacao berada di posisi 100 besar tepatnya peringkat ke-80. Saat ini, Curacao mengumpulkan 1299,69.

Dengan perbedaan peringkat yang mencolok menjadi keuntungan buat Timnas Indonesia. Poin besar akan diraih bila mampu meraih kemenangan atas Curacao pada dua laga FIFA Matchday.

3 dari 5 halaman

Hitung-hitungan

Timnas Garuda akan menghadapi Curacao dua kali. Laga pertama akan berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Sabtu (24/9/2022). Kemudian partai kedua akan digelar di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa (27/9/2022). (Dokumentasi PSSI)

Menurut sejumlah sumber, Timnas Indonesia akan mendapatkan 7,4 poin bila meraih kemenangan atas Curacao. Adapun bila meraih hasil imbang, jumlah poin yang didapat adalah 2,4 dan bila kalah harus kehilangan 2,6 poin.

Namun, potensi poin yang didapat bisa meningkat. Apalagi laga digelar sebanyak dua kali dengan hitungan yang sama seperti di atas.

Bila mampu meraih dua kemenangan, maka pasukan Shin Tae-yong berhak mengantongi 14,8 poin. Tentu saja dengan jumlah tersebut peringkat Timnas Garuda bisa melonjak signifikan.

4 dari 5 halaman

Bakal Meroket

Timnas Indonesia terus menggenjot persiapan jelang menghadapi Timnas Curacao di Bandung. Skuad Garuda melakukan sesi latihan di Stadion Sidolig, Jalan Ahmad Yani, Bandung, Selasa (20/9/2022). (Dokumentasi PSSI)

Peringkat Timnas Indonesia bakal melonjak drastis bisa bila mampu meraih dua kemenangan atas Curacao. Nantinya, Timnas Indonesia akan menggeser empat tim sekaligus dan bertengger di urutan ke-151.

Namun, bila menelan kekalahan pada dua laga tersebut maka Timnas Indonesia bakal kehilangan 5,2 poin. Jika dikurangi jumlah poin saat ini maka Timnas Merah Putih bisa turun ke posisi 157.

Namun, catatan di atas adalah hitung-hitungan kasar. Bila tim yang ada di atas dan di bawah Timnas Indonesia juga melakoni laga FIFA Matchday maka hasilnya bisa berubah.

5 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Indonesia Vs Curacao

Pemain Timnas Indonesia, Elkan Baggot (kanan) berbincang dengan Mark Klok saat melawan Bangladesh pada laga uji coba FIFA Matchday antara Timnas Indonesia menghadapi Bangladesh di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Rabu (1/6/2022) malam WIB. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

FIFA Matchday

24 September 2022

  • Timnas Indonesia Vs Curacao
  • Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung
  • Kick-off 19.30 WIB
  • Live Indosiar
  • Live Streaming Vidio

27 September 2022

  • Timnas Indonesia Vs Curacao
  • Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor
  • Kick-off 19.30 WIB
  • Live Indosiar
  • Live Streaming Vidio

Berita Terkait