Foto: Barisan 5 Klub Asal Wales yang Hingga Kini Masih Berkompetisi di Liga Sepak Bola Inggris

oleh Hendriyan diperbarui 22 Sep 2022, 21:47 WIB
Dalam sejarah Liga Inggris hingga saat ini, ada 5 klub dari luar Inggris, tepatnya Wales, yang berkompetisi di sepak bola Inggris. Hal ini diperbolehkan mengingat Wales juga menjadi bagian dari Inggris Raya dan saat kelimanya bergabung, Liga Wales belum resmi digulirkan. Mau tahu kelima klub tersebut? Yuk disimak uraiannya. (AFP/Oli Scarff)
Wrexham. Klub profesional Wales yang berdiri pada 1864 dan menjadi klub tertua di Wales sekaligus klub tertua ke-3 di dunia ini mulai bergabung dengan sepak bola Inggris pada 1905 dan bermain di Birmingham and District League hingga akhirnya bermain di Football League dan tergabung dalam Third Division North pada 1921. Wrexham juga menjadi klub tersukses dalam raihan Welsh Cup sebanyak 23 kali. Saat ini Wrexham berkiprah di kasta ke-5 sepak bola Inggris dengan berkompetisi di National League. (AFP/Oli Scarff)
Merthyr Town FC. Klub semi-profesional Wales yang berdiri pada 1909 ini mulai bergabung dengan sepak bola Inggris pada 1920 dan bermain di Football League Third Division hingga 1930. Pada 1934 klub dibubarkan dan digantikan oleh Merthyr Tydfil FC. Pada 2010 Merthyr Town FC dihidupkan kembali usai Merthyr Tydfil FC dibekukan. Saat ini Merthyr Town FC berkiprah di kasta ke-7 sepak bola Inggris dengan berkompetisi di Southern League Premier Division South. (merthyrtownfc.co.uk)
Newport County. Klub profesional Wales yang berdiri pada 1912 ini mulai bergabung dengan sepak bola Inggris pada 1920 dan menjadi salah satu pendiri Footnall League Third Division. Saat ini Newport County berkiprah di kasta ke-4 sepak bola Inggris dengan berkompetisi di EFL League Two. Hingga kini, Newport Coutny sama sekali belum pernah promosi ke kasta tertinggi sepak bola Inggris untuk bermain di Premier League. (AFP/Pool/Nick Potts)
Swansea City. Klub profesional Wales ini sebelumnya bernama Swansea Town saat didirikan pada 1912 dan akhirnya berubah nama menjadi Swansea City pada 1908 dan menjadi salah satu klub terkuat di Wales. Swansea City mulai bergabung dengan sepak bola Inggris pada 1920 dan bermain di Football League Third Division. Di Premier league, Swansea total bermain selama 7 musim mulai 2011/2012 hingga 2017/2018. (AFP/Oli Scarff)
Cardiff City. Klub profesional Wales ini sebelumnya bernama Riverside AFC saat didirikan pada 1899 dan akhirnya berubah nama menjadi Cardiff City pada 1969 dan menjadi salah satu klub yang diperhitungkan di Wales. Cardiff City mulai bergabung dengan sepak bola Inggris pada 1920 dan bermain di Football League Third Division. Mereka mampu bertahan selama 17 musim di kasta tertinggi sepak bola Inggris saat itu. Cardiff City menjadi klub tersukses kedua di Wales di belakang Wrexham dengan raihan 22 gelar juara Welsh Cup. Di Premier league, Cardiff City hanya pernah berlaga selama 1 musim pada 2018/2019. (AFP/Geoff Caddick)

Berita Terkait