Terungkap, Ini Alasan Asnawi Mangkualam Tidak Bermain saat Timnas Indonesia Taklukkan Curacao

oleh Zulfirdaus Harahap diperbarui 25 Sep 2022, 07:30 WIB
Asnawi Mangkualam mulai bergabung dengan pemusatan latihan Timnas Indonesia U-23 di Korea Selatan pada Selasa (27/4/2022). (dok. PSSI)

Bola.com, Bandung - Teka-teki menghilangnya Asnawi Mangkualam dalam duel Timnas Indonesia melawan Curacao di FIFA Matchday hari Sabtu (24/09/2022) akhirnya terungkap.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengaku sengaja tidak memainkan sang pemain karena belum dalam kondisi bugar.

Advertisement

Pada laga ini, Shin Tae-yong memainkan skema 3-4-3. Posisi Asnawi Mangkualam digantikan oleh Yakob Sayuri yang dijadikan sebagai bek sayap kanan Timnas Indonesia.

Kehilangan Asnawi terlihat menimbulkan sejumlah masalah di belakang Timnas Indonesia. Beruntung para pemain masih bisa mengantisipasi serangan yang dilancarkan oleh Curacao.

Timnas Indonesia akhirnya berhasil meraih kemenangan 3-2 atas Curacao pada laga FIFA Matchday yang digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (24/9/2022) malam WIB.

Gol kemenangan skuad Merah Putih dicetak oleh Marc Klok (18'), Fachruddin Aryanto (22'), Dimas Drajad (56'), sedangkan gol Curacao dibukukan Rangelo Janga (8'), Juninho Bacuna (25').

2 dari 5 halaman

Sengaja Disimpan

Asnawi Mangkualam. Bek berusia 21 tahun ini awalnya diharapkan mampu membantu serangan yang menjadi kelebihan lewat akselerasinya. Yang terjadi adalah ia justru lebih banyak membantu pertahanan di sektor bek kanan, sehingga tidak ada aliran bola ke tengah. (Dok. PSSI)

Pelatih Shin Tae-yong menyebut, kondisi Asnawi Mangkualam tak sepenuhnya bugar karena mengalami cedera saat membela Ansan Greeners FC di K-League 2.

Shin Tae-yong tak ingin berjudi memainkan Asnawi pada laga perdana Timnas Indonesia melawan Curacao.

"Asnawi sempat mengalami cedera saat diKorea. Dia bilang kondisinya 80-90 persen. Namun, saya mau menjaga kebugaran agar tidak kambuh," ucap Shin Tae-yong.

"Jadi, sengaja tidak dimainkan kali ini. Memang saya rencanakan untuk memakai Asnawi di Piala AFF nanti," ujar pelatih asal Korea Selatan itu.

3 dari 5 halaman

Ingin Menang

Para pemain Timnas Indonesia merayakan gol ketiga ke gawang Timnas Curacao yang dicetak Dimas Drajad (tengah) dalam laga uji coba FIFA Matchday antara Timnas Indonesia menghadapi Curacao di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Jawa Barat, Sabtu (24/9/2022) malam WIB. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Pelatih Shin Tae-yong mengaku, Timnas Indonesia sempat kesulitan dengan permainan Curacao. Namun, daya juang pemain dan semangat pantang menyerah membuat kemenangan bisa diraih dengan sempurna.

"Memang Curacao memiliki peringkat FIFA jauh di atas kami. Secara postur tubuh mereka juga lebih tinggi dari kami. Banyak hal yang menyulitkan tim kami sampai gol pertama dicetak lawan," ucap Shin Tae-yong pasca-pertandingan.

"Akan tetapi, kami bisa membalikkan keadaan dan punya kehausan untuk menang di kandang. Para pemain sangat bekerja keras. Saya berterima kasih banyak karna pemain sudah bermain dengan baik," tegas pelatih asal Korea Selatan itu.

4 dari 5 halaman

Cuma Bonus

Pemain Timnas Indonesia, Dimas Drajad melakukan selebrasi usai mencetak gol ketiga ke gawang Timnas Curacao dalam laga uji coba FIFA Matchday antara Timnas Indonesia menghadapi Curacao di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Jawa Barat, Sabtu (24/9/2022) malam WIB. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Sementara itu, Dimas Drajad bahagia bisa membantu kemenangan untuk Timnas Indonesia. Pada laga tersebut, Dimas mencetak satu gol dan satu assist.

Namun, striker Persikabo 1973 itu menegaskan kemenangan yang diraih Timnas Indonesia merupakan kerja keras semua pemain. Dimas Drajad berharap Timnas Indonesia bisa meraih kemenangan lagi pada laga kedua FIFA Matchday melawan Curacao.

"Alhamdulillah, kami malam ini diberi kemenangan. Meski saya cetak gol dan assist, itu hanya bonus. Yang penting Timnas menang. Semoga pada laga kedua kami bisa meraih kemenangan," ujar Dimas Drajad.

5 dari 5 halaman

Hasil dan Jadwal Timnas Indonesia Vs Curacao

FIFA Matchday - Timnas Indonesia Vs Curacao (Bola.com/Adreanus Titus)

24 September 2022

Timnas Indonesia 3-2 Curacao

(Marc Klok 18', Fachruddin Aryanto 22', Dimas Drajad 56' | Rangelo Janga 8', Juninho Bacuna 25')

27 September 2022

Timnas Indonesia Vs Curacao

Stadion Pakansari, Cibinong

Berita Terkait