Foto: Dipaksa Main dan Tampil Bapuk Lawan Spanyol, Cristiano Ronaldo Gagal Bawa Portugal ke Semifinal UEFA Nations League

oleh Hendriyan diperbarui 28 Sep 2022, 07:57 WIB
Timnas Portugal gagal lolos ke semifinal UEFA Nations League usai disingkirkan Spanyol dengan skor tipis 0-1 pada laga terakhir Grup B di Estadio Municipal de Braga, Rabu (28/9/2022) dini hari WIB. (AP/Rui Vieira)
Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan yang sebelum laga berada di puncak klasemen dengan keunggulan 2 poin dari Spanyol sebenarnya hanya membutuhkan hasil imbang untuk lolos ke semifinal. (AP/Rui Vieira)
Namun pelatih Portugal, Fernando Santos tetap menurunkan skuad terbaik termasuk Cristiano Ronaldo yang sebenarnya masih mengalami bengkak di mata kanannya akibat cedera saat menang 4-0 atas Republik Ceska tiga hari sebelumnya. (AP/Rui Vieira)
Laga pun berjalan menarik di babak pertama. Spanyol yang sebenarnya lebih mendominasi permainan nyatanya masih gagal menembus pertahanan Portugal. (AP/Rui Vieira)
Sementara Portugal meski dengan penguasaan bola yang lebih minim mampu memberi ancaman serius lewat Cristiano Ronaldo. Namun tak satu pun peluang yang didapat berbuah gol hingga babak pertama usai. (AP/Rui Vieira)
Di babak kedua, Bruno Fernandes dan Cristiano Ronaldo silih berganti menciptakan peluang di depan gawang Spanyol. Namun berkat penampilan gemilang kiper Unai Simon, peluang-peluang tersebut dapat dimentahkan. (AP/Rui Vieira)
Spanyol justru mampu mencetak gol menjelang akhir pertandingan di menit ke-88. Alvaro Morata yang lepas dari kawalan pemain belakang Portugal berhasil menyambar umpan sundulan Nico Williams dengan sepakan jarak dekat yang tidak mampu diantisipasi kiper Diego Costa. (AP/Rui Vieira)
Gol telat Alvaro Morata akhirnya tak mampu dibalas Portugal hingga laga usai. Dengan kemenangan 1-0 atas Portugal, Spanyol yang mengoleksi 11 poin berhak lolos ke semifinal mewakili Grup B usai menggeser Portugal yang hanya mengemas 10 poin dari puncak klasemen. (AP/Rui Vieira)

Berita Terkait