Kans Gelandang dan Penyerang Man City Main di Piala Dunia 2022, Cadangan Juga Laku

oleh Suharno diperbarui 04 Okt 2022, 13:50 WIB
Delapan menit kemudian giliran Foden yang berhasil menyusul catatan hattrick Haaland usai berhasil memanfaatkan umpan darinya. (AP via PA/Martin Rickett)

Bola.com, Jakarta - Manchester City memiliki gelandang serta striker kelas dunia di era Pep Guardiola. The Citizen menjelma menjadi tim menakutkan yang mendominasi Liga Inggris dalam lima tahun terakhir.

Dengan mengandalkan permainan tiki-taka dari kaki ke kaki melalui umpan pendek, pemain Man City wajib memiliki skill mumpuni. Mereka juga wajib punya kecerdasan mengalirkan bola secara cepat.

Advertisement

Para pemain Man City khususnya di lini tengah dan depan harus mengambil keputusan cepat saat mengolah bola. Keunggulan itu membuat banyak pemain City menjadi langganan tim nasional masing-masing. 

Berderet penggawa Manchester City juga sangat berpeluang tampil pada Piala Dunia 2022 di Qatar. Asalkan tidak cedera, mereka akan melenggang tampil di Piala Dunia 2022.

Berikut peluang pemain lini tengah dan depan Manchester City untuk tampil di Piala Dunia 2022. Sayangnya, Erling Haaland dipastikan hanya menonton rekan seklubnya karena Norwegia tidak lolos ke Piala Dunia 2022 di Qatar.

 

2 dari 9 halaman

Kalvin Phillips (Inggris)

Ekspresi pemain Timnas Inggris, Kalvin Phillips, saat laga kontra Kroasia pada Grup D Euro 2020 di Stadion Wembley, Minggu (14/6/2021). (AFP/Glyn Kirk)

Phillips merupakan bintang baru Timnas Inggris yang Southgate orbitkan pada Piala Eropa 2020. Sayangnya, kini dia sedang tidak bugar pasca cedera dan harus secepatnya memulihkan kondisinya supaya Southgate kembali memanggilnya.

Kans tampil di Piala Dunia 2022: Agak berat 

 

3 dari 9 halaman

Ilkay Gundogan (Jerman)

Ilkay Gundogan (Manchester City) - Musim ini bisa dibilang menjadi musim terbaik Gundogan bersama City. Bagaimana tidak, gelandang asal Jerman itu merupakan andalan Pep Guardiola dan tercatat sudah mencetak 16 gol bagi The Citizens. (Rui Vieira/POOL/AFP)

Peran Gundogan tidak hanya penting bagi Manchester City. Ini yang membuat peluang pemain berusia 31 tahun dan telah memiliki 60 caps dan 15 gol bagi Jerman ini sangat terbuka lebar untuk tampil di Piala Dunia 2022.

Kans tampil di Piala Dunia 2022: aman

 

4 dari 9 halaman

Rodri (Spanyol)

Rodri memegang peranan penting di lini tengah Manchester City. Ia mampu mengoper bola dengan akurasi 90%, termasuk satu umpan kunci dan empat umpan jauh. Pemain asal Spanyol itu juga menciptakan satu peluang emas untuk The Cityzens. Sebagai gelandang bertahan, Rodri sukses memenangkan tujuh dari 10 duelnya selama pertandingan. (AFP/Lindsey Parnaby)

Tidak ada alasan bagi Luis Enrique untuk tidak membawa Rodri ke Piala Dunia 2022 selain cedera. Permainannya yang konsisten bersama City tentu membuat Rodri bisa membimbing para gelandang Spanyol yang masih belia.

Kans tampil di Piala Dunia 2022: aman

 

5 dari 9 halaman

Kevin De Bruyne (Belgia)

Kevin De Bruyne. Pada putaran final Piala Dunia 2022, Grup F dihuni oleh Belgia, Kanada, Maroko dan Kroasia. Gelandang serang Belgia berusia 31 tahun, Kevin De Bruyne menjadi pemain dengan nilai pasar tertinggi dari seluruh pemain di Grup F dengan nilai 85 juta Euro atau hampir setara Rp1,3 triliun. Bersama Timnas Belgia ia telah mengoleksi 91 caps dengan torehan 24 gol dan 45 assist sejak melakukan debut pada 11 Agustus 2010. (AFP/Pool/Andreas Gebert)

Kehadiran Kevin De Bruyne sangat penting bagi Timnas Belgia di Qatar nanti. Dia merupakan kapten tim Belgia dan kecerdikannya mengatur serangan juga sangat diperlukan.

Kans tampil di Piala Dunia 2022: aman 

 

6 dari 9 halaman

Bernardo Silva (Portugal)

Bernardo Silva bisa dikatakan sebagai pemain terbaik Manchester City sejauh ini. Tampil sebanyak 18 kali, ia berhasil mencetak 7 gol dan 1 assist untuk The Cityzens. Silva tentu akan menjadi harapan utama Pep Guardiola untuk mempertahankan gelar Liga Inggris musim ini. (AFP/Oli Scarff)

Hanya cedera yang bisa menghalangi jalan Bernardo Silva tampil di Piala Dunia 2022. Pelatih Portugal Fernando Santos tentu berharap hal tersebut tidak terjadi.

Kans tampil di Piala Dunia 2022: aman 

 

7 dari 9 halaman

Jack Grealish (Inggris)

Jack Grealish - Pemain asal Inggris ini diboyong Manchester City dari Aston Villa dengan banderol senilai Rp2,037 triliun. Sejauh ini sang pemain telah mengemas tiga gol dan tiga assist dari 21 laga. (AP/Jon Super)

Grealish frustrasi pada awal musim ini karena baru dua kali jadi pemain inti. Meski demikian, Southgate masih bakal menginginkan jasanya untuk mengirimkan umpan matang ke Harry Kane.

Kans tampil di Piala Dunia 2022: terbuka lebar

 

8 dari 9 halaman

Julian Alvarez (Argentina)

Argentina mampu unggul lebih dahulu lewat gol Julian Alvarez di babak pertama tepatnya menit 24. (Franklin Jacome/Pool via AP)

Alvarez baru melakukan debut seniornya pada Juni 2021, tetapi kariernya terus meroket setelah pindah ke City. Dia bakal belajar banyak dari Lionel Messi saat terbang ke Qatar untuk menghadapi Piala Dunia 2022.

Kans tampil di Piala Dunia 2022: hampir pasti 

 

9 dari 9 halaman

Phil Foden (Inggris)

Phil Foden. Gelandang serang Inggris berusia 22 tahun yang merupakan produk asli akademi Manchester City yang dipromosikan ke tim senior sejak musim 2017/2018, saat ini tercatat memiliki nilai pasar sebesar 90 juta euro atau setara Rp1,3 triliun. Dalam 7 laga awal Liga Inggris musim 2022/2023, ia telah mengoleksi 2 gol dan 2 assist untuk Manchester City. (AP/Rui Vieira)

Pep Guardiola selalu menurunkan Foden sebagai tim utama di semua kompetisi. Ini pula yang bakal Southgate lakukan pada Piala Dunia 2022.

Kans tampil di Piala Dunia 2022: aman

Sumber: Manchester Evening News 

Berita Terkait