Foto: Kalah Dramatis dari Jepang, Timnas Futsal Indonesia Gagal ke Semifinal Piala Asia 2022

oleh Hendriyan diperbarui 04 Okt 2022, 22:49 WIB
Timnas Futsal Indonesia terhenti langkahnya di babak perempatfinal Piala Asia 2022 usai kalah dramatis 2-3 dari Jepang dalam laga yang berlangsung di Saad Al Abdullah Hall, Kuwait, Selasa (4/10/2022) malam WIB. (AFC)
Pencapaian lolos ke perempatfinal merupakan sejarah baru bagi Mochamad Iqbal Rahmatullah dan kawan-kawan. Namun mereka harus bertemu dengan Jepang sebagai negara tersukses kedua setelah Iran sepanjang ajang Piala Asia digelar. (AFC)
Timnas Futsal Indonesia tampil percaya diri di babak pertama. Firman Ardianysah dan kawan-kawan tampil lebih baik dibandingkan Jepang dengan memperoleh beberapa peluang yang masih mampu dipatahkan kiper keturunan Brasil, Higor Pires. (AFC)
Hingga babak pertama usai pasukan Mohammed Hashemzadeh mampu menahan imbang Jepang dengan skor 0-0. (AFC)
Memasuki babak kedua, Timnas Futsal Indonesia langsung tancap gas dan mampu mencetak gol cepat di bawah satu menit lewat aksi Samuel Eko. Ia sukses merebut bola dari pemain Jepang dan berhasil menaklukkan kiper Higor Pires dengan sontekan terarah kaki kirinya. (AFC)
Syauqi Saud Lubis dan kawan-kawan mampu mempertahankan keunggulan 1-0 Timnas Futsal Indonesia hingga 10 menit terakhir. (AFC)
Namun saat laga tersisa 7 menit Jepang berhasil mencetak 2 gol untuk berbalik unggul 2-1. Gol pertama dicetak oleh Sora Kanazawa dengan sepakan mendatar yang melewati kolong kaki rekannya hingga menghalangi pandangan kiper Muhammad Nizar Nayaruddin. (AFC)
Gol kedua Jepang lahir melalui sepakan Soma Mizutani yang sempat membentur kaki Wendy Brian hingga mengecoh kiper Muhammad Nizar Nayaruddin. (AFC)
Usai tertinggal, Timnas Futsal Indonesia menerapkan strategi power play saat laga menyisakan 5 menit lagi. Nyatanya Indonesia malah kebobolan gol ketiga melalui sepakan kiper Higor Pires usai memanfaatkan telatnya Muhammad Iqbal Rahmatullah kembali ke pertahanan usai melepaskan tendangan yang dapat dimentahkan Higor Pires. (AFC)
Timnas Futsal Indonesia baru mencetak gol kedua ketika memainkan strategi power play saat laga menyisakan 7 detik lagi. Gol dicetak oleh Dewa Rizki yang memanfaatkan kemelut di depan gawang Jepang dengan lututnya. (AFC)
Timnas futsal Indonesia sebenarnya berhasil mencetak gol ketiga untuk membuat skor imbang 3-3 melalui Rio Pangestu. Namun gol tersebut dianulir wasit karena 1 detik sebelumnya peluit tanda berakhirnya laga telah dibunyikan. Indonesia pun harus kalah 2-3. (AFC)
Kekalahan dramatis ini membuat Muhammad Iqbal Rahmatullah dan kawan-kawan harus puas dengan pencapaian terbaik mereka lolos hingga babak perempatfinal. Dalam beberapa edisi Piala Asia sebelumnya Timnas Futsal Indonesia mentok di fase Grup. (AFC)

Berita Terkait