Foto: Man City Lolos ke 16 Besar Liga Champions Meski Ditahan FC Copenhagen, Juventus Bersiap Turun Kasta ke Liga Europa

oleh Hendriyan diperbarui 12 Okt 2022, 10:33 WIB
Dua hasil berbeda didapat dua tim unggulan pada laga matchday ke-4 fase grup Liga Champions 2022/2023. Manchester City yang bertandang ke markas Copenhagen meski ditahan imbang 0-0 namun berhasil memastikan lolos ke babak 16 Besar. Sementara Juventus yang menurun performanya di awal musim ini harus tumbang 0-2 dari tuan rumah Maccabi Haifa dan harus bersiap terlempar ke Liga Europa di sisa musim. (Kolase AFP dan AP)
Meski tanpa Erling Haaland yang harus dicadangkan, Manchester City sebenarnya lebih mendominasi permainan. Di babak pertama mereka mempunyai dua peluang emas yang akhirnya gagal berbuah gol. (AFP/Jonathan Nackstrand)
Pada menit ke-11 sepakan Rodri (tengah) dari luar kotak penalti berhasil menembus gawang FC Copenhagen yang dikawal Kamil Grabara. Namun gol tersebut dianulir wasit akibat Riyad Mahrez terlebih dahulu tertangkap handball sebelum gol terjadi. (Ritzau Scanpix via AP/Liselotte Sabroe)
Peluang kedua terjadi pada menit ke-25. Kali ini eksekusi penalti Riyad Mahrez yang gagal mengubah skor. Tendangannya ke arah kanan gawang Kamil Grabara masih dapat ditepis kiper asal Polandia tersebut. (Ritzau Scanpix via AP/Liselotte Sabroe)
Manchester City harus bermain dengan 10 pemain tepat saat laga berjalan setengah jam. Sergio Gomez dikartu merah wasit usai tertangkap VAR melakukan pelanggaran dengan menarik Hakon Haraldsson yang berpeluang mencetak gol tepat di depan kotak penalti. (AFP/Jonathan Nackstrand)
Hingga laga usai kedua tim gagal mencetak gol ke gawang masing-masing. Phil Foden dkk pun dipastikan lolos ke babak 16 Besar usai mengoleksi 10 poin dari 4 laga. Dengan dua laga tersisa, perolehan poin Manchester City sudah tak mungkin lagi terkejar oleh tim peringkat ketiga dan keempat, Sevilla dan FC Copenhagen yang baru mengoleksi 2 poin. (AFP/Jonathan Nackstrand)
Sementara Juventus yang bertandang ke marka Maccabi Haifa masih juga belum menemukan kembali performa terbaik mereka. (AP/Ariel Schalit)
Dusan Vlahovic dkk harus menyerah dua gol tanpa balas dalam laga tersebut. (AP/Ariel Schalit)
Kedua gol kemenangan Maccabi Haifa dicetak oleh Omer Atzili di babak pertama pada menit ke-7 dan 42. (AP/Ariel Schalit)
Dengan kekalahan ini, pasukan Massimiliano Allegri, yang masih selamat dari pemecatan, sementara menempati peringkat ketiga di atas Maccabi Haifa yang sama-sama mengemas 3 poin namun unggul selisih gol. (AP/Ariel Schalit)
Leonardo Bonucci dkk pun harus bersiap untuk turun kasta berkompetisi di Liga Europa jika posisi klasemen tidak berubah hingga fase grup usai. Bahkan Juventus bisa saja menjadi juru kunci hingga gagal ke Liga Europa jika selalu kalah dalam dua laga sisa, sementara Maccabi Haifa berhasil menambah poin. (AP/Ariel Schalit)

Berita Terkait