3 Pemain Vietnam yang Bakal Naik Kelas Andai Shin Tae-yong Datang dan Jadi Pelatih Golden Star Warriors

oleh Hery Kurniawan diperbarui 21 Okt 2022, 02:10 WIB
Ilustrasi - Nguyen Quang Hai dan Nguyen Cong Phuong (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Timnas Vietnam akan segera memasuki era baru. Selepas gelaran Piala AFF 2022 nanti, Vietnam akan ditinggal oleh pelatih mereka, Park Hang-seo.

Pelatih asal Korea Selatan itu tak akan melanjutkan pekerjaannya di Vietnam ketika kontraknya berakhir. Kontrak Hang-seo itu di Vietnam akan berakhir selepas Piala AFF 2022 mendatang.

Advertisement

Menariknya, ada satu pelatih yang dikaitkan bisa menjadi penerus pekerjaan Park Hang-seo di di Timnas Vietnam. Sosok yang dimaksud adalah pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Kebetulan, kontrak Shin Tae-yong di Timnas Indonesia pun akan berakhir pada 31 Desember 2023. Sampai sejauh ini, belum ada tanda-tanda dari PSSI untuk memperpanjang kontrak pelatih asal Korea Selatan itu.

Jika Shin Tae-yong benar-benar dibajak Timnas Vietnam, tentu akan memberikan perkembangan baru bagi mereka. Paling tidak ada beberapa pemain Vietnam yang bisa makin moncer jika Shin Tae-yong datang.

Siapa saja pemain Vietnam yang bakal berkembang jika Shin Tae-yong hadir sebagai pelatih Golden Star Warriors?

2 dari 4 halaman

Van Khang Khuat

Pemain Timnas Indonesia U-19, Arkhan Fikri (tengah) berebut bola diudara dengan pemain Timnas Vietnam U-19, Khuat Van Khang saat laga Grup A Piala AFF U-19 2022 antara Timnas Indonesia U-19 melawan Timnas Vietnam U-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (02/07/2022). (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Usianya masih sangat muda, yakni 19 tahun. Namun, potensi Van Khang Khuat untuk menjadi pemain hebat sudah sangat terlihat.

Gelandang serang satu ini sudah menjadi langganan Timnas Vietnam sejak di kelompok umur di bawah 16 tahun. Van Khang Khut pun menjadi andalan saat Vietnam tampil di Piala AFF U-19 2022 dan Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Van Khang Khuat adalah tipikal playmaker yang modern. Ia bisa menjadi distributor bola yang bagus, tapi juga bisa memotong serangan lawan dengan aktif.

3 dari 4 halaman

Nguyen Quang Hai

Gelandang Timnas Indonesia, Riko Simanjuntak, berebut bola dengan gelandang Vietnam, Nguyen Quang Hai, pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Selasa (15/10). Indonesia kalah 1-3 dari Vietnam. (AFP/Aditya Wany)

Quang Hai adalah bintang sepak bola paling bersinar di Vietnam saat ini. Winger berusia 25 tahun bahkan kini memperkuat klub kasta kedua Prancis, Pau FC.

Bahkan, Quang Hai cukup bisa bersaing di klub itu. Sejauh ini ia sudah tampil sembilan kali dengan catatan satu gol.

Quang Hai memiliki kecepatan yang sangat bagus. Namun, senjata utamanya adalah kemampuan mengeksekusi tendangan bebas yang sangat baik.

4 dari 4 halaman

Nguyen Cong Phuong

Nguyen Cong Phuong, pemain Vietnam ini dikabarkan menjadi incaran klub divisi dua J-League, Mito Hollyhock. (Labbola.com)

Mungkin kita ingat kiprah Timnas Indonesia U-19 yang menjadi juara di ajang Piala AFF U-19 2013 lalu. Saat itu, Evan Dimas dkk. mengalahkan Vietnam di babak final lewat adu tendangan penalti.

Saat itu Nguyen Cong Phuong menjadi striker andalan Vietnam. Menariknya, Cong Phuong terus berkembang, ia tetap menjadi andalan ketika sudah menembus skuad Timnas Vietnam senior.

Sejauh ini Nguyen Cong Phuong sudah memiliki 50 caps bersama Timnas Vietnam. Sudah ada 11 gol yang dicetak Cong Phuong untuk The Golden Stars.

Berita Terkait