Foto: Sadio Mane Jadi Pemenang Edisi Pertama Penghargaan Socrates

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 18 Okt 2022, 14:27 WIB
Pemain Bayern Munchen, Sadio Mane terpilih mendapatkan penghargaan Socrates edisi pertama saat acara puncak penganugerahan gelar Ballon d’Or 2022. (AP/Francois Mori)
Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Rai (kiri), mantan pemain timnas Brasil dan Paris Saint-Germain. Rai juga merupakan adik laki-laki Socrates, pesepakbola yang juga terlibat dalam aksi sosial di Brasil. (AP/Francois Mori)
Pada September 2022 lalu, penyelenggara Ballon d’Or menambahkan penghargaan kemanusiaan di tahun ini. Nama penghargaan tersebut dinamai Socrates, yang diambil dari gelandang timnas Brasil yang juga punya gelar medis. (AFP/Franck Fife)
France Football mengatakan bahwa mereka memilih Socrates karena komitmennya pada kampanye yang dilakukan di klubnya, Corinthians. Kampanye itu dinamakan “Demokrasi Corinthians” saat Brasil di bawah kediktatoran militer. (AFP/Franck Fife)
Dilansir dari beIN Sports, Rai mengatakan bahwa Socrates selalu percaya pada kekuatan olahraga untuk memobilisasi dan mengubah masyarakat agar lebih setara. (AP/Francois Mori)