Barcelona Mau Cuci Gudang, 5 Pemain yang Akan Dijual pada Musim Panas 2023: Dari Pedri Sampai Ansu Fati?

oleh Aryo Atmaja diperbarui 19 Okt 2022, 10:00 WIB
Barcelona - Ilustrasi bintang-bintang Barcelona (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Raksasa Spanyol, Barcelona diprediksi bakal melakukan penjualan pemain demi mendatangkan uang besar pada jendela transfer musim depan. Langkah itu untuk menyeimbangkan finansial mereka.

Barcelona dilaporkan membukukan keuntungan sebesar 98 juta euro atau setara Rp1,49 triliun dalam beberapa upaya pemulihan keuangannya di musim panas kemarin. Namun upaya yang lebih tetap harus dilakukan agar utang tidak semakin membengkak.

Advertisement

Menurut SPORT via Forbes.com, Barcelona bakal menjual pemain yang masuk dalam kategori bintang mereka. Sejumlah pemain memang akan berakhir kontraknya pada musim panas tahun depan.

Kontrak Sergio Busquets yang berakhir pada Juni 2023 akan membantu meringankan keuangan Barcelona. Kemudian Gerard Pique dan Jordi Alba masih memiliki kontrak 12 bulan lagi bersama Blaugrana.

2 dari 5 halaman

Jual Pemain Bintang?

Gelandang Barcelona, Pedri, mendapatkan pengawalan dari Toni Kroos pada laga pekan kesembilan La Liga 2022/2023 di Santiago Bernabeu, Madird, Minggu (16/10/2022) malam WIB. (AFP/PIERRE-PHILIPPE MARCOU)

Namun keputusan gila bisa saja diambil Barcelona dengan menjual pemain bintangnya. Pedri, Gavi, Ansu Fati, dan Ronald Araujo adalah pemain dengan potensi nilai jual yang sangat tinggi.

Kabarnya mereka punya klausul rilis mencapai 1 milliar dolar atau setara Rp15 triliun. Uang sebesar itu bisa membuat Barca bergelimang uang dan bakal berbelanja pemain baru.

3 dari 5 halaman

Nasib Frenkie de Jong

5. Frenkie De Jong (86 juta euro) - Penampilan apik Frenkie De Jong bersama Ajax membuat Barcelona kepincut untuk mendatangkannya. Pada 2019, Barcelona mengelontorkan dana 86 juta euro untuk melabuhkan gelandang asal Belanda ini. (AFP/Cristina Quicler)

Selain keempat pemain itu, masih ada sosok Frenkie de Jong. Pemain asal Belanda yang besar kemungkinan masuk daftar jual setelah gagal pergi pada musim panas kemarin.

Barca dilaporkan telah menerima tawaran 85 juta euro atau Rp1,29 triliun dari Manchester United pada Juli 2022 kemarin. Namun pemain berusia 25 tahun itu menolak tawaran itu sebab MU absen di Liga Champions.

4 dari 5 halaman

Incar Bernardo Silva?

Bernardo Silva bisa dikatakan sebagai pemain terbaik Manchester City sejauh ini. Tampil sebanyak 18 kali, ia berhasil mencetak 7 gol dan 1 assist untuk The Cityzens. Silva tentu akan menjadi harapan utama Pep Guardiola untuk mempertahankan gelar Liga Inggris musim ini. (AFP/Oli Scarff)

Namun Presiden Barcelona, Joan Laporta dan pelatih Xavi Hernandez dalam kebimbangan. Mereka tak rela kehilangan Frenkie de Jong, dan di sisi lain memerlukan pemain baru semacam Bernardo Silva dari Manchester City.

Direktur olahraga Barcelona, Mateu Alemany akan mulai menganalisis situasi pada Januari mendatang. Untuk menentukan siapa saja pemain yang dapat dibuang menjelang musim 2023/2024.

Sumber: Forbes.com

5 dari 5 halaman

Yuk Intip Posisi Barcelona di Musim Ini

Berita Terkait