Foto: 5 Pemain Klub Semenjana yang Berhasil Menyabet Penghargaan Ballon d'Or

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 19 Okt 2022, 17:03 WIB
Karim Benzema berhasil memenangkan penghargaan Ballon d'Or tahun 2022 pada Senin (18/10/2022). Hal itu berkat permainan hebatnya bersama Real Madrid. Jika ditarik ke belakang, penghargaan ini ternyata tak hanya pernah disabet oleh para pemain yang bermain di klub-klub hebat. Ada juga mereka dari klub yang bisa dibilang biasa-biasa saja. Berikut daftarnya. (Foto Kolase: AFP/Jaroslav Skala (kiri) dan AFP/TASS (kanan))
Stanley Matthews merupakan pemenang penghargaan Ballon d'Or edisi pertama, yaitu tahun 1956. Kala itu, ia bermain untuk Blackpool. Matthews sukses mengalahkan dua kandidat dari Real Madrid, yakni Reymond Kopa dan Alfredo Di Stefano. (AFP/Staff)
Josef Masopust merupakan pemain asal Republik Ceko pertama yang berhasil meraih penghargaan Ballon d'Or pada tahun 1962, sebelum Pavel Nedved. Ia merupakan gelandang klub Dukla Praha. Masopust sukses mengungguli Eusebio dan Kar-Heinz Schnellinger. (AFP/Jaroslav Skala)
Lev Yashin menjadi pemenang penghargaan Ballon d'Or edisi selanjutnya, setelah Josef Masopust. Ia merupakan kiper Dinamo Moscow. Pria asal Rusia ini menjadi satu-satunya penjaga gawang yang pernah meraih penghargaan Ballon d'Or. Lev Yashin sukses mengungguli Gianni Rivera dari AC Milan dan Jimmy Greaves dari Tottenham Hotspur. (AFP/Staff)
Florian Albert berhasil mengungguli Bobby Charlton dari Manchester United dan Jimmy Johnstone dari Celtic FC saat penghargaan Ballon d'Or 1967. Ia merupakan pemain Ferencvaros. Florian Albert menjadi satu-satunya pemenang Ballon d’Or yang berasal dari klub Hungaria. (AFP/Ferenc Isza)
Oleg Blokhin sukses meraih penghargaan Ballon d'Or 1975 ketika dirinya membela Dynamo Kyiv. Saat itu, pemain asal Ukraina tersebut mengungguli legenda sepak bola Jerman, Franz Beckenbauer dan legenda sepak bola Belanda, Johan Cruyff. (AFP)
Igor Belanov juga sukses memenangkan penghargaan Ballon d'Or saat membela Dynamo Kyiv. Itu terjadi pada 1986 saat dirinya berhasil mengungguli suara Gary Lineker dan Emilio Butragueno. (AFP/Georges Gobet)

Berita Terkait