Starting XI Pemain Bengal yang Langganan Kartu Merah: Sergio Ramos Bukan yang Terparah

oleh Suharno diperbarui 20 Okt 2022, 07:50 WIB
Sebelum berlabuh ke Paris Saint-Germain, Sergio Ramos merupakan bagian penting dari skuat Real Madrid. Di ajang Liga Champions, ia tercatat telah menyumbangkan empat trofi untuk Los Blancos. Ramos juga menjadi salah satu pemain dengan penampilan terbanyak di babak semifinal shang tersebut dengan mengoleksi 16 penampilan. (AFP/Jean-Francois Monier)

Bola.com, Jakarta - Sergio Ramos dan Cristiano Ronaldo seperti dua orang yang sangat berbeda. Jika Ronaldo sangat haus gol, berbeda dengan Ramos yang sepertinya haus kartu merah.

Sergio Ramos mendapatkan kartu merah ke-28 dalam kariernya akhir pekan lalu saat Paris Saint-Germain bermain imbang 0-0 kontra Reims. Ramos melakukan pelanggaran dan memprotes keputusan itu hingga mendapatkan kartu kuning.

Advertisement

Beberapa detik kemudian, wasit mengacungkan kartu merah kepadanya karena mungkin sesuatu yang Ramos katakan. Ramos akhirnya menerima kartu merah ke-28 dan merupakan satu di antara sejumlah bintang pemain yang kerap diusir keluar lapangan.

Selain Ramos, sebenarnya masih ada sejumlah pemain bintang yang sering diganjar kartu merah, mulai kiper sampai striker

Berikut Starting XI pemain yang menerima kartu merah terbanyak. Jika ditotal, tim ini mendapatkan 248 kartu merah.

 

2 dari 12 halaman

Kiper: Jens Lehmann (7 Kartu Merah)

Jens Lehmann - Kali ini Arsenal melakukan perkerutan pemain yang sudah uzur, adalah Jens Lehmann yang kala itu sudah berumur 33 tahun. Namun kehadirannya justru membawa dampak baik, The Gunners berhasil menjuari Liga Inggris 2003/2004 dan menembus final Liga Champions 2005/2006. (AFP/Glyn Kirk)

Mantan kiper Arsenal ini pernah tujuh kali diusir keluar lapangan. Pria berkebangsaan Jerman ini sebenarnya masuk sebagai penjaga gawang hebat di Premier League, tapi rekor kartu merahnya buruk. 

 

3 dari 12 halaman

Bek kanan: Sergio Ramos (28 Kartu Merah)

Bek Paris Saint-Germain (PSG) Sergio Ramos (kanan) mengontrol bola pada pekan ketiga Ligue 1 (Liga Prancis) 2022/2023 menghadapi Lille di Stadion Pierre-Mauroy, Senin (22/8/2022) dini hari WIB. PSG berpesta gol ke gawang Lille dengan skor 7-1. (Photo by DENIS CHARLET / AFP)

Ramos mendapat kartu merah ke-28 dalam kariernya saat PSG bermain imbang 0-0 dengan Reims. Dia menjadi pemain yang menerima kartu merah terbanyak kedua dan Ramos layak menjadi wakil kapten.

 

4 dari 12 halaman

Bek tengah: Alexis Ruano Delgado (22 Kartu Merah)

Alexis Ruano Delgado. Bek tengah Spanyol yang kini berusia 37 tahun dan telah pensiun pada Juli 2020 bersama Racing Santander ini tercatat total menerima 22 kartu merah sepanjang karier sepak bolanya. Selama karier profesionalnya mulai 2004 hingga 2020 mayoritas ia habiskan bersama klub-klub Spanyol. Selain itu ia juga pernah merumput bersama Besiktas dan Al-Ahly. (AFP/Pierre-Philippe Marcou)

Alexis pernah memperkuat Malaga, Getafe, Valencia, Sevilla dan Alaves selama kariernya. Di klub-klub tersebut dia sering mendapatkan kartu merah.

 

5 dari 12 halaman

Bek Tengah: Pablo Alfaro (27 Kartu Merah)

Ramos dan Alfaro pernah bermain bersama dalam 28 laga saat memperkuat Sevilla. Jika kartu merah keduanya digabung maka jumlahnya lebih dari 50 kartu merah dan striker wajib waspada.

 

6 dari 12 halaman

Bek kiri: Paolo Montero (21 Kartu Merah)

Paolo Montero. Bek tengah Uruguay yang kini berusia 50 tahun dan telah pensiun pada Mei 2007 bersama Penarol ini tercatat total menerima 21 kartu merah sepanjang karier sepak bolanya. Selama karier profesionalnya mulai 1992 hingga 2007 ia hanya memperkuat 2 klub Eropa di Liga Italia, yaitu Atalanta dan Juventus hingga 2005. Di ujung kariernya ia membela San Lorenzo di Argentina dan menutup karier di Uruguay bersama Penarol. Saat ini ia menjabat sebagai pelatih Juventus U-19. (AFP/Vincenzo Pinto)

Mantan bek Juventus itu memegang rekor kartu merah terbanyak dalam sejarah Serie A pada 2007. Media Times juga menempatkan pemain berpaspor Uruguay ini di nomor 39 dalam daftar 50 pesepak bola paling dibenci dalam sejarah.

 

7 dari 12 halaman

Gelandang: Gerardo Bedoya (46 kartu merah)

Gerardo Bedoya. Gelandang Kolombia yang kini berusia 46 tahun dan telah pensiun pada Juli 2015 bersama Cucuta Deportivo ini tercatat sebagai pemain dengan koleksi kartu merah terbanyak sepanjang kariernya, yaitu total 46 kartu merah. Pemain yang menghabiskan seluruh karier sepak bolanya mulai 1995 hingga 2015 bersama klub-klub Amerika Selatan ini kini menjabat sebagai manajer tim Valledupar, klub di kasta kedua Liga Kolombia. (AFP/Guillermo Legaria)

Bedoya memegang rekor diusir dari lapangan sebanyak 46 kali dan layak menjadi kapten skuad ini. Pemain Kolombia itu menghabiskan sebagian besar waktunya bermain di Amerika Selatan, menghasilkan 49 caps untuk negaranya.

 

8 dari 12 halaman

Gelandang: Cyril Rool (27 Kartu Merah)

Cyril Rool (kiri). Bek kiri Prancis yang kini berusia 47 tahun dan telah pensiun pada Juli 2010 bersama Marseille ini tercatat total menerima 27 kartu merah sepanjang karier sepak bolanya. Sang pemain memang terkenal gemar berurusan dengan wasit untuk sekedar berdebat. Seluruh karier sepak bolanya mulai 1993 hingga 2010 dihabiskan hanya bersama klub-klub di Liga Prancis. (AFP/Pascal Guyot)

Rool menghabiskan seluruh karer di Prancis bersama Bastia, Lens, Bordeaux, Nice, dan Marseille. Dalam pertandingan liga, dia mengoleksi 25 kartu merah dan 187 kartu kuning. Itu merupakan rekor di Ligue 1.

 

9 dari 12 halaman

Gelandang: Edgar Davids (25 Kartu Merah)

Edgar Davids - Pemain kelahiran Suriname ini merupakan salah satu pesepak bola dengan penampilan paling ikonik di dunia. Mantan bintang Juventus ini tampil dengan gaya rambutnya yang gimbal dikuncir serta kacamata yang selalu melekat di wajahnya. (AFP/Marco Bertorello)

Salah satu gelandang terbesar dan paling berteknis dari generasinya. Tetapi Davids agresif di lini tengah, dan telah diusir 25 kali secara total.

 

10 dari 12 halaman

Sayap Kanan: Ricardo Quaresma (14 Kartu Merah)

5. Ricardo Quaresma - Pemain asal Portugal ini terbilang gagal bersinar di Barcelona dan juga Chelsea. Di Barca hanya bertahan selama satu musim dengan 26 laga sedangkan bersama The Blues cuma mampu menorehkan lima penampilan. (AFP/Paul Ellis)

Untuk pemain sayap yang seharusnya terampil, Quaresma justru mendapat banyak kartu merah. Pada 2017, Marco Monteiro dari FIFA.com menjelaskan bahwa bakat dan sikap temperamental Quaresma sama gilanya.

 

11 dari 12 halaman

Sayap Kiri: Zlatan Ibrahimovic (15 Kartu Merah)

Zlatan Ibrahimovic menjadi salah satu pemain yang memiliki kisah manis dengan Mino Raiola. Ia bergabung dengan agensi Raiola sejak membela Juventus. Berkat pria Italia tersebut, Ibra pernah mencicipi karier di beberapa klub top Eropa bahkan Amerika seperti Inter Milan, Barcelona, AC Milan, PSG, Manchester United, dan LA Galaxy. (AFP/Marco Bertorello)

Buat seseorang yang sangat dingin di kotak penalti, Zlatan Ibrahimovic kerap mendapatkan kartu karena emosinya. Dia bahkan pernah mengirim mantan bek Inter Milan, Marco Materazzi, ke rumah sakit saat Derby Milan.

 

12 dari 12 halaman

Striker: Francesco Totti (16 Kartu Merah)

2. Francesco Totti (75 gol penalti) - Legenda AS Roma, Francesco Totti, merupakan salah satu penyerang terbaik yang pernah dimiliki AS Roma. Totti memiliki catatan 75 gol yang diciptakan lewat titik penalti. (AFP/Filippo Monteforte)

Setelah menghabiskan seluruh karier di AS Roma, Totti benar-benar memakai hatinya di lengan bajunya. Ketika hal-hal tidak berjalan sesuai rencana, Totti sering emosi dan mendapatkan 16 kartu merah selama karirnya.

Sumber: Sportkeeda

Berita Terkait