Duh, 8 Pemain Top Dipastikan Absen di Piala Dunia 2022 karena Cedera: Dari Paulo Dybala sampai Reece James

oleh Aryo Atmaja diperbarui 22 Okt 2022, 10:00 WIB
Cover Paul Pogba, Paulo Dybala, Reece James, dan Georginio Wijnaldum (Bola.com/Bayu Kurniawan Santoso)

Bola.com, Jakarta - Piala Dunia 2022 di Qatar tidak lama lagi dimulai. Perhelatan akbar sepak bola dunia antarnegara itu akan dimulai 20 November hingga 18 Desember 2022.

Menariknya, dengan waktu kurang dari satu bulan sampai Piala Dunia 2022 dimulai di Qatar, ada sejumlah pemain besar dari seluruh dunia harus absen dari turnamen empat tahunan itu.

Advertisement

Terutama mereka pemain yang negaranya berpartisipasi di Piala Dunia 2022. Ada sejumlah pemain yang harus melupakan mimpinya bermain di Qatar, dan problem paling utama adalah cedera.

Sulit membayangkan Piala Dunia berlangsung tanpa kehadiran pemain dengan nama besar dan ada di level tinggi. Siapa saja pemain dengan nama besar yang harus absen di Piala Dunia 2022 karena cedera?

2 dari 9 halaman

Paulo Dybala

Paulo Dybala. Striker Argentina berusia 28 tahun yang sejak akhir musim 2021/2022 berstatus tanpa klub usai meninggalkan Juventus ini sejatinya memiliki 3 opsi untuk memperkuat timnas, yaitu Argentina, Polandia dan Italia. Argentina merupakan tempat kelahirannya, Polandia merupakan garis keturunan sang kakek dan Italia merupakan garis keturunan sang ibu. Ia sempat mendapat beberapa kali tawaran untuk bermain bersama Timnas Italia yang akhirnya ditolaknya. Pada 14 Oktober 2015 ia akhirnya melakukan debut bersama Timnas Argentina dan hingga kini total telah mengoleksi 34 caps dengan torehan 3 gol dan 6 assist. (AFP/Glyn Kirk)

Penyerang Argentina Paulo Dybala memulai musim 2022/2023 dalam performa yang menakutkan setelah meninggalkan Juventus ke AS Roma. Tujuh gol dalam 11 laga bersama Giallorossi membuktikan dirinya belum habis.

Namun, pemain berusia 28 tahun itu mengalami cedera aneh saat bermain untuk Roma melawan Lecce. Dybala lantas harus ditarik keluar lima menit berselang. Dia dihantam lawan dan terkapar di lapangan, kondisinya tampak buruk.

Pihak klub masih butuh waktu untuk menentukan kondisi cedera Dybala dan berapa lama harus menepi. Namun, Jose Mourinho sendiri terdengar kurang optimistis akan kesembuhan Dybala dalam waktu dekat.

3 dari 9 halaman

Giorginio Wijnaldum

Bek Gibraltar Roy Chipolina (kiri) berebut bola dengan gelandang Belanda Georginio Wijnaldum pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Grup G di De Kuip, Rotterdam, Selasa (12/10/2021) dini hari WIB. Menjamu Gibraltar, Belanda menang 6 gol tanpa balas. (JOHN THYS/AFP)

Sama halnya Paulo Dybala, pemain AS Roma lainnya bakal absen di Piala Dunia 2022, yaitu Giorginio Wijnaldum. AS Roma meminjamnya dari PSG di musim panas kemarin.

Namun nasib buruk mendatangi Georginio Wijnaldum setelah bergabung dengan AS Roma pada musim panas. Pemain pinjaman dari PSG itu mengalami cedera patah tulang kering dalam sesi latihan.

Cedera patah tulang ini mengharuskan Wijnaldum menjalani operasi. Alhasil, gelandang berusia 31 tahun tersebut akan absen membela Timnas Belanda di Piala Dunia 2022.

4 dari 9 halaman

Kyle Walker

Kyle Walker - Di sektor kanan pertahanan Inggris ada bek Manchester City yang juga tampil solid saat dalam bertahan. Walker memang tidak sering maju membantu serangan namun ia mampu menjaga pertahanan Inggris dengan baik sehingga aman dari gempuran Denmark. (Foto:AP/Frank Augstein, Pool)

Timnas Inggris memiliki banyak bek kanan untuk dipilih. Namun nama Kyle Walker dari Manchester City harus menghadapi kenyataan sulit bergabung dengan negaranya di Piala Dunia 2022.

Mantan bintang Tottenham Hotspur itu menjalani operasi pada cedera pangkal paha yang dideritanya dalam derby Manchester pada awal Oktober lalu. Butuh keajaiban agar dirinya segera sembuh dan pelatih Gareth Southgate memberikanya kepercayaan.

5 dari 9 halaman

Reece James

Pemain Inggris Reece James (kiri) berebut bola dengan pemain Hungaria Zsolt Nagy pada pertandingan sepak bola UEFA Nations League di Stadion Molineux, Wolverhampton, Inggris, 14 Juni 2022. Hungaria membantai Inggris 4-0. (AP Photo/Jon Super)

Selain Walker, sesama bek Reece James menghadapi situasi genting dalam persiapan menuju Piala Dunia 2022. Pemain Chelsea itu dipaksa keluar lapangan saat the Blues menang di Liga Champions melawan AC Milan dan harus absen selama beberapa minggu.

Chelsea mengatakan James membutuhkan waktu sedikitnya delapan pekan untuk bisa kembali bermain. James pun dipastikan akan melewatkan Piala Dunia 2022 bersama timnas Inggris.

Kecuali James pulih lebih cepat dari jadwal, jangka waktu itu akan membuatnya absen hingga Desember. Dengan Inggris memainkan ketiga pertandingan grup mereka sebelum akhir November, tampaknya sulit untuk melihat James berhasil melewati situasi itu.

6 dari 9 halaman

Paul Pogba

3. Gelar Bergengsi - Pogba sudah meraih banyak gelar bergengsi selama berkarier di lapangan hijau. Mulai dari Juara Serie A Italia hingga meraih juara Piala Dunia bersama timnas Prancis. (AFP/Franck Fife)

Paul Pogba memutuskan kembali Juventus dengan status free transfer pada musim panas ini. Sayangnya, gelandang asal Prancis tersebut kembali dihantam cedera lama dan akhirnya mengambil jalan operasi.

Operasi Pogba sudah beres beberapa waktu lalu. Namun, Pogba hanya akan menjadi penonton ketika rekan-rekannya berjuang keras mempertahankan trofi Piala Dunia.

Paul Pogba masih belum melakukan debut kompetitif keduanya untuk Juventus. Peluangnya tampil di Piala Dunia 2022 sangat tipis, karena pelatih Didier Deschamps hanya ingin memanggil pemain yang benar-benar dalam kondisi 100 persen fit.

7 dari 9 halaman

Angel Di Maria

Argentina sukses mencuri poin dari markas Uruguay lewat gol tunggal Angel Di Maria. Hasil tersebut membuat Albiceleste tetap berada di urutan kedua klasemen di bawah Brasil, dengan raihan 28 poin. (AFP/Pool/Ernesto Ryan)

Sama seperti Paul Pogba, Angel Di Maria adalah rekrutan baru Juventus di musim ini. Ia sempat membawa dampak positif di awal musim, namun cedera kemudian menghantamnya.

Angel Di Maria meninggalkan lapangan setelah hanya tampil 24 menit dalam kekalahan Juventus di Liga Champions melawan Maccabi Haifa. Ia diperkirakan akan absen selama sekitar tiga minggu, yang berarti kebugaran pertandingan bisa menjadi perhatian yang lebih besar.

8 dari 9 halaman

N'Golo Kante

N'golo Kante merupakan gelandang andalan Timnas Prancis di laga Internasional beberapa tahun terakhir. Sayangnya, ia harus absen kala pertandingan Semifinal UEFA National League 2021 nanti melawan Belgia akibat terpapar COVID-19 pada pekan lalu. (AFP/Pool/Tibor Illyes)

Selain Pogba, timnas Prancis juga akan kehilangan N'Golo Kante di Piala Dunia 2022. Mantan pemain Leicester City tersebut telah absen cukup lama bersama Chelsea setelah menderita cedera hamstring.

Kante mengalami cedera tersebut dalam laga melawan Tottenham Hotspur. Musim ini, Kante hanya bermain dalam dua pertandingan bersama The Blues dan belum kembali lagi.

Mantan pemain Leicester City itu memiliki 53 caps untuk Les Bleus, tetapi masalah kebugaran mengganggnya di musim ini. Kante baru bermain dua kali musim ini, dan harus mengubur impian tampil di Qatar.

9 dari 9 halaman

Diogo Jota

Penyerang Portugal, Diogo Jota berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Turki pada pertandingan playoff Piala Dunia 2022 di stadion Dragao di Porto, Portugal, Jumat (25/3/2022). Menang 3-1 membuat Timnas Portugal semakin dengan tiket Piala Dunia 2022. (AP Photo/Luis Vieira)

Diogo Jota menjadi tumbal kemenangan Liverpool atas Manchester City pada akhir pekan lalu. Penyerang asal Portugal tersebut mengalami cedera dan terpaksa dibawa keluar lapangan dengan tandu.

Menurut hasil pemeriksaan, cedera yang dialami Jota tersebut ternyata cukup serius. Alhasil, Jota harus mengubur impiannya untuk tampil di Piala Dunia 2022 bersama timnas Portugal.

Jota sendiri mencetak empat gol di babak kualifikasi untuk membantu Portugal mencapai babak play-off, dan mencetak gol lagi saat negaranya mengalahkan Turki dalam perjalanan untuk mengamankan tempat mereka di Qatar.

Sumber: Mirror.co.uk

Berita Terkait