3 Calon Lawan Timnas Indonesia di Piala Asia U-20 2023: Kekuatan Merata, Sulit Diprediksi

oleh Hery Kurniawan diperbarui 28 Okt 2022, 06:30 WIB
Piala Asia U-20 - Ilustrasi Nuansa Timnas Indonesia, Uzbek, Irak, Suriah (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Undian Piala Asia U-20 2023 sudah dilakukan. Timnas Indonesia U-20 menempati Grup A pada ajang yang akan berlangsung di Uzbekistan mulai 1 Maret 2023 itu.

Timnas Indonesia U-20 menempati Pot 2 sebelum undian dilakukan. Penentuan posisi pot itu ditentukan oleh hasil di babak kualifikasi juga hasil di Piala Asia kelompok umur tersebut pada edisi sebelumnya.

Advertisement

Garuda Nusantara bisa dikatakan ada di dalam grup yang cukup berat. Di Grup A, ada tuan rumah Uzbekistan U-20, kemudian ada Irak U-20 dan Suriah U-20.

Saat ini Timnas Indonesia U-20 sedang berada di Turki. Dony Tri Pamungkas dkk. menjalani pemusatan latihan yang cukup panjang. Ada pula rentetan hasil uji coba yang mereka jalani di sana.

Sebelum menyaksikan aksi Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 2023, ada baiknya kita mengintip terlebih dahulu kekuatan calon lawan Garuda Nusantara. Bola.com mengulas kekuatan Uzbekistan, Irak, dan Suriah.

2 dari 4 halaman

Uzbekistan Paling Diunggulkan

Sebagai tuan rumah, Uzbekistan tentu sangat ambisius. Mereka ingin berprestasi bahkan meraih gelar juara pada ajang Piala Asia U-20 2023.

Uzbekistan sebenarnya memiliki tradisi sepak bola yang bagus. Mereka merupakan tim terkuat dari region Asia Tengah.

Namun, pada ajang Piala Asia U-20, Uzbekistan sebenarnya tidak memiliki prestasi yang terlalu spesial. Mereka hanya sekali menjadi finalis pada 2008. Saat itu mereka kalah 1-2 dari Uni Emirat Arab di babak final.

Selain itu, Uzbekistan pun pernah dua kali menjadi semifinalis. Kondisi itu sepertinya akan membuat Uzbekistan makin termotivasi untuk meraih gelar perdana mereka di ajang Piala Asia U-20.

3 dari 4 halaman

Suriah Punya Pelatih Mentereng

Sepak bola Suriah sebenarnya memiliki prestasi yang lumayan bagus. Namun, negara ini tak pernah bisa benar-benar mencapai level terbaik di sepak bola lantaran kerap dilanda perang.

Saat ini Suriah kembali berlaga di Piala Asia U-20. Terakhir kali mereka tampil di ajang itu pada 2012 lalu, atau sekitar 10 tahun yang lalu.

Suriah U-20 lolos ke Piala Asia U-20 2023 sebagai satu di antara runner-up terbaik. Pada fase kualifikasi, mereka mengumpulkan enam poin dari tiga laga.

Suriah U-20 cukup percaya diri menatap Piala Asia U-20 2023. Mereka ditukangi pelatih veteran asal Belanda, Mark Wotte, yang punya pengalaman melatih di Premier League bersama Southampton.

 
4 dari 4 halaman

Irak Paling Susah Diprediksi

Irak cukup sering lolos ke putaran final Piala Asia U-20. Termasuk Piala Asia U-20 2023, Irak sudah tampil 18 kali tampil di putaran final Piala Asia U-20.

Sama seperti Suriah, Irak pun lolos ke Uzbekistan sebagai satu di antara beberapa runner-up terbaik. Mereka menempati posisi keempat klasemen runner-up terbaik pada ajang kualifikasi.

Irak kerap tampil mengejutkan di setiap turnamen yang mereka ikuti, seperti halnya ketika menjuarai Piala Asia 2007 yang digelar di Indonesia.

Saat itu Irak yang mengalami kesulitan di fase persiapan berhasil menjadi jawara Asia. Pada Piala Asia U-20 2023, Irak pun potensial membuat kejutan serupa.