Foto: Mengenal Sergej dan Vanja Milinkovic-Savic, Kakak-Adik Andalan Timnas Serbia di Piala Dunia 2022

oleh Ikhwan Yanuar Harun diperbarui 28 Okt 2022, 13:17 WIB
Timnas Serbia telah memanggil para pemain terbaiknya untuk mengarungi pergelaran besar Piala Dunia 2022 Qatar. Dari sekian banyak nama, ada kakak beradik, Sergej dan Vanja Milinkovic-Savic yang masuk dalam daftar skuad The Eagles. (Foto Kolase: AFP/Filippo Monteforte (kiri) dan AFP/Miguel Medina)
Sergej Milinkovic-Savic sebagai sang kakak, terlebih dahulu dikenal berkat penampilan gemilangnya bersama Lazio. Ia telah membela Elang Ibu Kota sejak tahun 2015. (AFP/Filippo Monteforte)
Sementara sang adik, Vanja Milinkovic-Savic juga kini ikut berkarier di klub Liga Italia bersama Torino. Ia mulai diperhitungkan sebagai kiper berbakat setelah memperkuat Torino pada tahun 2020 hingga saat ini. (AFP/Miguel Medina)
Sergej dan Vanja Milinkovic-Savic dilahirkan dari orang tua yang mempunyai latar belakang seorang atlet. Ayahnya seorang pesepak bola, sedangkan sang ibu merupakan seorang pebasket. (AFP/Tiziana Fabi)
Sergej terlebih dahulu mengalami perkembangan pesat di akademi tim Serbia, Vojvodina dibandingkan Vanja. Ia kemudian terpilih memperkuat tim utama pada tahun 2013. Bakatnya kemudian tercium oleh Lazio di tahun 2015 setelah tampil gemilang bersama Genk. Kini, ia menjelma menjadi gelandang tak tergantikan di lini tengah Biancocelesti.(AFP/Filippo Monteforte)
Sedangkan Vanja, ia berhasil bermain gemilang dengan mencatat tujuh clean sheet saat bersama Vojvodina. Bahkan, Manchester United sempat memboyong Vanja di tahun 2014 dengan biaya transfer 1,75 juta euro. Sayangnya, izin kerjanya di Inggris yang tak kunjung keluar, membuat Setan Merah harus melepasnya secara gratis. (AFP/Vincenzo Pinto)
Sempat bermain untuk kesebelasan asal Polandia, Lechia Gdansk, Vanja kini berkarier di Italia seperti sang kakak dengan bergabung ke Torino dan menjadi kiper utama hingga kini. (AFP/Isabella Bonotto)
Sergej Milinkovic-Savic sudah meraih trofi major bersama Lazio. Semenjak merumput di tahun 2015 atau sudah tujuh musim, ia sudah mempersembahkan satu gelar Coppa Italia dan dua gelar Piala Super Italia. (AFP/Vincenzo Pinto)
Sedangkan Vanja, belum pernah merasakan gelar apa pun bersama klub. Tetapi, kiper bertinggi 202 cm ini pernah meraih gelar bersama timnas Serbia U-20 dengan berhasil membawa juara Piala Dunia U-20 bersama The Eagles. (AFP/Marty Melville)
Di level timnas, Sergej sudah mengemas 35 caps serta mencetak enam gol. Sedangkan Vanja Milinkovic-Savic sudah mengemas 6 caps. Dengan penampilan keduanya yang masih konsisten di liga, baik Sergej maupun Vanja Milinkovic-Savic siap menjadi tulang punggung Timnas Serbia di Piala Dunia 2022 Qatar nanti. (AFP/Predrag Milosavljevic)

Berita Terkait