Lionel Messi dan 3 Bintang Amerika Selatan yang Bakal Moncer di Piala Dunia 2022

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 03 Nov 2022, 06:00 WIB
Ilustrasi - Ilustrasi Lionel Messi Argentina (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Hitung mundur ke Piala Dunia Qatar 2022 telah dimulai. Lusinan bintang Amerika Selatan siap unjuk gigi pada ajang yang dijadwalkan berjalan pada 20 November hingga 18 Desember, tak terkecuali Lionel Messi.

Amerika Selatan sebagai benua telah menjadi rumah bagi beberapa kekuatan sepak bola terkuat, termasuk Brasil, Argentina, dan Uruguay.

Advertisement

Apalagi, benua tersebut telah melahirkan beberapa pemain terbaik dunia seperti Romario, Diego Maradona, dan Ronaldinho.

 

Di Piala Dunia 2022, Bola.com melihat empat pemain berikut ini bakal jadi bintang. Siapa saja?

2 dari 5 halaman

Lautaro Martinez (Argentina)

Lautaro Martinez. Pada putaran final Piala Dunia 2022, Grup C dihuni oleh oleh Argentina, Arab Saudi, Meksiko dan Polandia. Striker Argentina berusia 24 tahun, Lautaro Martinez menjadi pemain dengan nilai pasar tertinggi dari seluruh pemain di Grup C dengan nilai 75 juta Euro atau setara Rp1,1 triliun, mengalahkan rekannya Lionel Messi yang hanya memiliki nilai pasar senilai 50 juta euro. Bersama Timnas Argentina ia telah mengoleksi 38 caps dengan torehan 20 gol dan 6 assist sejak melakukan debut pada 27 Maret 2018. (AFP/Pool/Javier Torres)

Sejak tiba di Inter Milan, Lautaro Martinez menjelam menjadi satu di antara striker terbaik di Eropa.

Martinez telah mencetak enam gol dan telah mencatatkan dua assist dalam 12 penampilan Serie A musim ini. Selain itu, ia telah mencatatkan tiga keterlibatan gol langsung di Liga Champions musim ini.

Pemain berusia 25 tahun itu telah mencetak empat gol dalam lima penampilan terakhirnya untuk Inter Milan. Mengingat penampilannya yang mengesankan, dia kemungkinan besar akan memimpin lini serang untuk Argentina di Piala Dunia 2022.

Akan menarik untuk melihat apakah kemitraan menyerangnya dengan Lionel Messi dan penyerang Argentina lainnya akan menghasilkan kejayaan.

3 dari 5 halaman

Federico Valverde (Uruguay)

Gelandang Uruguay, Federico Valverde, berebut bola dengan bek Paraguay, Jorge Moreira, pada laga kualifikasi piala dunia 2018 di Stadion Defensores del Chaco, Rabu (6/9/2017). Uruguay menang 2-1 atas Paraguay. (AP/Jorge Saenz)

Federico 'Fede' Valverde ini bisa dibilang salah satu gelandang dengan performa terbaik di Eropa dan kehadirannya sangat penting bagi Real Madrid.

Valverde telah mencetak enam gol dan telah mencatatkan dua assist dalam 12 penampilan La Liga sejauh ini. Selain itu, ia telah mencatatkan dua keterlibatan gol langsung dalam empat penampilan di Liga Champions musim ini.

Pemain berusia 24 tahun itu baru-baru ini dinominasikan sebagai salah satu pemain terbaik La Liga Oktober 2022.

Penampilannya yang bagus menjadikannya salah satu pemain kunci Uruguay di Piala Dunia mendatang dan akan menarik untuk melihat apakah dia tetap konsisten.

4 dari 5 halaman

Neymar (Brasil)

Neymar. Sayap kiri Brasil berusia 30 tahun yang sejak awal musim 2017/2018 membela PSG usai meninggalkan Barcelona ini tercatat telah mengoleksi 121 caps bersama Tim Samba sejak melakukan debut pada 10 Agustus 2010. Total 75 gol dan 55 assist telah dicetaknya bersama Timnas Brasil yang akan berlaga di putaran final Piala Dunia 2022 Qatar. (AFP/Jung Yeon-je)

Striker asal Brasil ini bisa dibilang salah satu pemain sayap dengan performa terbaik dan kontribusinya dalam menyerang sangat signifikan bagi Paris Saint-Germain.

Neymar telah mencetak 10 gol dan telah mendaftarkan delapan assist dalam 12 penampilan liga sejauh ini. Selanjutnya, ia telah mencetak dua gol dan mencatatkan tiga assist dalam lima penampilan Liga Champions musim ini.

Pemain berusia 30 tahun itu memiliki kontribusi gol dan assist terbaik ketiga di lima liga top Eropa musim ini.

Akan menarik untuk melihat apakah dia dapat meningkatkan peluang Brasil mengangkat trofi Piala Dunia 2022.

5 dari 5 halaman

Lionel Messi (Argentina)

Lionel Messi. Sayap kanan Timnas Argentina berusia 35 tahun yang sejak awal musim 2021/2022 memperkuat PSG ini menjadi salah satu pemain aktif dengan koleksi gol terbanyak di ajang Piala Dunia dengan 6 gol dari total 19 laga dalam 4 edisi Piala Dunia. Rinciannya adalah 1 gol dicetaknya pada Piala Dunia 2006, 4 gol pada edisi 2014 dan 1 gol di edisi 2018 Rusia lalu. Sementara pada edisi 2010 ia gagal mencetak 1 gol pun untuk Timnas Argentina. (AP/Eduardo Munoz Alvarez)

Megabintang asal Argentina ini bisa dibilang sebagai pemain Amerika Selatan yang paling dalam performa terbaiknya di Eropa musim ini dan kehadirannya di lini serang sangat luar biasa.

Messi telah mencetak tujuh gol dan telah mendaftarkan 10 assist dalam 12 penampilan Liga Prancis sejauh ini. Selanjutnya, penyerang Paris Saint-Germain ini juga telah mencetak empat gol dan telah mencatatkan tiga assist dalam empat penampilan Liga Champions musim ini.

Pemain berusia 35 tahun itu telah mengantongi 38 gol dari luar kotak penalti dan ini adalah yang tertinggi oleh pemain di lima liga top Eropa sejak musim 2017/2018.

Bergabung dengan Lautaro Martinez di lini serang, Messi akan menjadi sangat penting dalam kesuksesan negaranya di Piala Dunia 2022 di Qatar.