Foto: Daftar 5 Negara Eropa yang Baru Satu Kali Lolos ke Putaran Final Piala Dunia

oleh Hendriyan diperbarui 05 Nov 2022, 18:37 WIB
Sejak digelarnya edisi pertama Piala Dunia 1930 hingga yang terakhir pada 2018, Konfederasi Eropa (UEFA) selalu mendapat jatah lebih banyak dalam meloloskan wakilnya ke ajang pesta sepak bola dunia empat tahunan tersebut. Tercatat beberapa negara kuat Eropa telah menjadi langganan lolos ke putaran final Piala Dunia lebih dari satu kali. Namun begitu tetap saja masih lebih banyak wakil-wakil Eropa yang sampai saat ini masih belum mampu lolos satu kali pun. Lima negara berikut lebih beruntung karena telah satu kali lolos ke putaran final Piala Dunia. (AFP/Joe Klamar)
Israel. Israel yang sejak tahun 1980 tergabung dalam Konfederasi Eropa (UEFA) tercatat pernah 1 kali lolos ke putaran final Piala Dunia 1970 di Meksiko. Saat itu Israel masih bernaung di bawah Konfederasi Asia (AFC) dan berhak lolos ke putaran final Piala Dunia 1970 usai menyingkirkan Australia sebagai wakil dari Asia/Oceania (OFC) di babak playoff. Israel akhirnya tersingkir di fase grup Piala Dunia 1970 usai meraih 2 kali hasil imbang dari Swedia (1-1) dan Italia (0-0), serta menelan kekalahan 0-2 dari Uruguay di laga pertama. (AFP/Staff)
Ukraina. Ukraina tercatat baru 1 kali lolos ke putaran final Piala Dunia pada edisi 2006 di Jerman. Andriy Shevchenko dkk lolos otomatis usai memuncaki Grup 2 pada fase kualifikasi Zona UEFA. Ukraina baru tersingkir di babak perempatfinal pada putaran final Piala Dunia 2006 setelah takluk 0-3 dari Italia. (AFP/Karim Jaafar)
Slovakia. Slovakia tercatat baru 1 kali lolos ke putaran final Piala Dunia pada edisi 2010 di Afrika Selatan. Marek Hamsik dkk lolos usai memuncaki Grup C pada fase kualifikasi Zona UEFA. Slovakia harus tersingkir di babak 16 Besar pada putaran final Piala Dunia 2010 setelah takluk 1-2 dari Belanda. (AFP/Joe Klamar)
Bosnia Herzegovina. Bosnia Herzegovina tercatat baru 1 kali lolos ke putaran final Piala Dunia pada edisi 2014 di Brasil. Edin Dzeko dkk lolos usai memuncaki Grup G pada fase kualifikasi Zona UEFA. Bosnia Herzegovina harus tersingkir di fase Grup F pada putaran final Piala Dunia 2014 setelah hanya menempati posisi ketiga dengan mengoleksi tiga poin usai menelan dua kekalahan dari Argentina dan Nigeria, dan hanya menang atas Iran di matchday terakhir. (AFP/Behrouz Mehri)
Islandia. Islandia tercatat baru 1 kali lolos ke putaran final Piala Dunia pada edisi 2018 di Rusia. Gylfi Sigurdsson dkk lolos usai memuncaki Grup I pada fase kualifikasi Zona UEFA mengungguli Kroasia. Islandia yang kembali berada satu grup dengan Kroasia di Grup D pada putaran final Piala Dunia 2018 gagal lolos ke babak 16 Besar setelah hanya meraih 1 poin hasil 1 kali imbang melawan Argentina dan dua kali kalah dari Nigeria dan Kroasia. (AFP/Joe Klamar)
Bagi kalian yang ingin menyaksikan tontonan menarik sepanjang Piala Dunia 2022, EMTEK Group melalui Surya Citra Media Tbk, yang menjadi pemegang hak siar Piala Dunia 2022.

Berita Terkait