Foto: Umumkan Skuad Brasil ke Piala Dunia 2022 Qatar, Tite Singkirkan Roberto Firmino Demi Richarlison

oleh Hendriyan diperbarui 08 Nov 2022, 18:13 WIB
Timnas Brasil secara resmi telah mengumumkan 26 anggota skuadnya yang akan berlaga di Piala Dunia 2022 Qatar pada Senin (7/11/2022) malam WIB. Pelatih Tite di luar dugaan tak menyertakan nama Roberto Firmino dalam barisan penyerang mereka dan lebih memilih Richarlison. (AFP/Pool/Buda Mendes)
Penampilan terakhir Roberto Firmino bersama Timnas Brasil adalah saat Tim Samba takluk 0-1 dari Argentina di final Copa America 2021 (11/7/2021). (AFP/Mauro Pimentel)
Setelah itu penampilannya menurun bersama Liverpool di musim 2021/2022 dan akhirnya tersingkir dari skuad utama The Reds yang juga merembet dengan posisinya yang mulai tersingkir di Timnas Brasil dalam beberapa laga kualifikasi Piala Dunia 2022. (AFP/Paul Ellis)
Saat Roberto Firmino kembali mendapat tempat utama di Liverpool usai kepergian Sadio Mane pada awal musim 2022/2023 dan hingga kini telah mencetak 8 gol dan 4 assist dari total 19 laga, nyatanya hal tersebut tak membuatnya dilirik Tite untuk masuk skuad Brasil ke Piala Dunia 2022 Qatar. (AFP/Oli Scarff)
Roberto Firmino terpinggirkan setelah Tite lebih memilih Richarlison, striker Tottenham Hotspur yang hingga kini masih belum pulih dari cedera. (AFP/Jorge Bernal)
Richarlison sendiri tentu masih kalah jauh torehannya dibanding Roberto Firmino pada awal musim 2022/2023. Dari total 13 laga di Liga Inggris dan Liga Champions, ia baru mencetak 2 gol dan 3 assist. Kedua gol dicetak di ajang Liga Champions, sementara di Liga Inggris Richarlison belum mencetak satu gol pun. (AFP/Ian Kington)
Sinyal Roberto Firmino tak masuk dalam pilihan utama Tite di lini serang Timnas Brasil sebenarnya telah tercium dalam beberapa laga uji coba terahir Timnas Brasil. Seperti saat menghadai Ghana dan Tunisia pada September lalu, Firmino hanya duduk di bangku cadangan dan akhirnya tak bermain sama sekali. (AFP/Silvio Avila)
Pada Piala Dunia 2018 lalu Roberto Firmino masih menjadi andalan Tite di lini serang Timnas Brasil. Ia juga kemudian menjadi bagian Tim Samba saat menjuarai Copa America 2019, hingga penampilannya di Copa America 2021 saat menempati posisi runner-up menjadi akhir ia mendapat kepercayaan Tite. (AFP/Pool/Fernando Bizerra)
Bagi kalian yang ingin menyaksikan tontonan menarik sepanjang Piala Dunia 2022, EMTEK Group melalui Surya Citra Media Tbk, yang menjadi pemegang hak siar Piala Dunia 2022.

Berita Terkait