Foto: Masuk Skuad Brasil ke Piala Dunia 2022 Qatar, Dani Alves di Ambang Rekor Jadi Pemain Tertua Brasil Sepanjang Sejarah Piala Dunia

oleh Hendriyan diperbarui 09 Nov 2022, 20:33 WIB
Beberapa kejutan memang telah diambil oleh Tite, pelatih Timnas Brasil menyusul diumumkannya 26 nama skuad Tim Samba yang akan berlaga di Piala Dunia 2022 Qatar. Selain tidak memasukkan nama Roberto Firmino, publik juga seolah dibuat bertanya-tanya dengan keputusannya memnyertakan pemain senior Dani Alves yang telah menginjak usia 39 tahun. Jika ia dimainkkan di Qatar nanti, otomatis ia akan mencatat rekor sebagai pemain tertua Brasil yang bermain di Piala Dunia sepanjang sejarah. (AFP/Douglas Magno)
Saat ini Dani Alves tengah menjalani musim pertamnya bersama UNAM Pumas di Liga Meksiko usai meninggalkan Barcelona di awal musim 2022/2023. Total ia telah bermain dalam 12 laga dengan torehan 4 assist. (AFP/Rodrigo Arangua)
Masuknya nama Dani Alves di usianya yang sudah tak muda lagi memang menjadi sebuah pertaruhan bagi pelatih Selecao, Tite. Namun agaknya memang sang pelatih tidak menemukan sosok lain sebagus Dani Alves di posisi bek kanan. (AFP/Carl De Souza)
Rekor pemain tertua Brasil yang bermain di Piala Dunia hingga kini masih dipegang oleh Djalma Santos, eks bek kanan Brasil yang bermain di Piala Dunia 1966 di Inggris dalam usia 37 tahun yang telah wafat pada 24 Juli 2013 silam. (esportes.terra.com)
Rekor Djalma Santos sebenarnya bukan hanya akan dipecahkan oleh Dani Alves seorang di Piala Dunia 2022 Qatar. Thiago Silva yang berusia 38 tahun juga masuk dalam skuad Brasil di Qatar nanti. Bila keduanya diturunkan, maka Thiago Silva juga berhasil memecahkan rekor Djalma Santos. (AFP/Carl De Souza)
Dari segi jumlah penampilan bersama Timnas Brasil, Dani Alves juga akan mencetak rekor jika diturunkan di Qatar nanti. Hingga kini ia telah mengoleksi 124 caps dan berpeluang menyamai bahkan menggeser rekor Roberto Carlos dari posisi kedua dengan total 125 caps. Posisi puncak masih dipegang oleh Cafu dengan total 143 caps. (AFP/Charly Triballeau)
Di ajang Piala Dunia, sebelumnya Dani Alves telah bermain dalam dua edisi yaitu pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan dan Piala Dunia 2014 saat Brasil menjadi tuan rumah. Sementara pada edisi terkhir di Piala Dunia 2018 Rusia, ia tidak masuk skuad karena tengah mengalami cedera. (AFP/Juan Mabromata)
Dalam dua edisi Piala Dunia tersebut, Dani Alves total tampil dalam 9 laga tanpa mencetak satu pun gol dan assist. Prestasi terbaiknya adalah menjadi peringkat ketiga di Piala Dunia 2014. Ia menjadi salah satu dari tiga alumnus Brasil di Piala Dunia 2014 yang kembali bermain di Piala Dunia 2022 bersama Neymar dan Thiago Silva. (AFP/Pierre-Philippe Marcou)
Bagi kalian yang ingin menyaksikan tontonan menarik sepanjang Piala Dunia 2022, EMTEK Group melalui Surya Citra Media Tbk, yang menjadi pemegang hak siar Piala Dunia 2022.

Berita Terkait