Deretan Penjaga Gawang dengan Statistik Mengilap di 5 Liga Top Eropa Musim Ini

oleh Rizki Hidayat diperbarui 10 Nov 2022, 07:30 WIB
Ilustrasi - Ederson Moraes, Gianluigi Donnarumma, Ter Stegen (Bola.com/Bayu Kurniawan Santoso)

Bola.com, Jakarta - Posisi penjaga gawang merupakan tembok terakhir di sebuah klub sepak bola. Bahkan, peran seorang kiper bakal menentukan hasil akhir yang diraih timnya.

Kiper yang berkualitas memiliki kemampuan untuk mencegah gawangnya tidak kebobolan. Tidak heran, banyak klub top Eropa berlomba memiliki penjaga terbaik untuk berada di bawah mistar.

Advertisement

Sepanjang musim 2022/2023, beberapa kiper sukses menjadi sorotan. Mereka tampil luar biasa saat mengawal gawang timnya masing-masing.

Para kiper itu mencatatkan clean sheet terbanyak, baik saat tampil di liga domestik maupun di kompetisi lainnya.

Berikut ini lima kiper di lima liga top Eropa yang tampil impresif saat ini.

 

2 dari 6 halaman

Ivan Provedel

Pemain FC Midtjylland Juninho (kiri) mencetak gol ke gawang Lazio yang dijaga Ivan Provedel namun kemudian dianulir pada pertandingan sepak bola Grup F Liga Europa di Stadion Olimpiade Roma, Italia, 27 Oktober 2022. Lazio menang 2-1 atas FC Midtjylland. (AP Photo/Alessandra Tarantino)

Ivan Provedel bergabung ke Lazio dengan transfer permanen dari Spezia pada musim panas ini. Dia meneken kontrak lima tahun di Olimpico.

Provedel kemudian menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang Biancocelesti. Kiper berusia 28 tahun asal Italia tersebut menunjukkan penampilan impresif untuk klub barunya.

Pada musim ini, Provedel sudah mengemas sembilan clean sheet dari 19 pertandingan di semua kompetisi. Gawangnya juga kemasukan 19 gol.

 

3 dari 6 halaman

Ederson

Ederson Moraes menjadi andalan Manchester City sejak 2017 lalu dengan membantu klub memenangkan tiga gelar Liga Inggris dalam empat musim terakhir.Musim ini, ia juga mampu tampil cemerlang dengan mencatat 18 clean sheet dalam 31 penampilannya di Liga Inggris. (AFP/Oli Scarff)

Ederson merupakan salah satu kiper terbaik yang bermain di Premier League. Pemain asal Brasil itu membela Manchester City sejak 2017 setelah didatangkan dari Benfica.

Ederson menunjukkan performa yang mengesankan di bawah mistar gawang The Citizens. Dia telah memenangkan tiga penghargaan Sarung Tangan Emas Premier League sejauh ini.

Pada musim ini, Ederson sudah mengemas sembilan clean sheet dari 18 pertandingan di semua kompetisi. Sekarang ini ada 16 gol yang bersarang di gawangnya.

 

4 dari 6 halaman

Gianluigi Donnarumma

Hingga laga usai skor 1-1 tetap bertahan. PSG yang mengoleksi 7 poin dari 3 laga, sama dengan Benfica tetap memuncaki klasemen sementara Grup H. Gianluigi Donnarumma dan kawan-kawan unggul agresifitas gol dibandingkan Benfica. (AFP/Franck Fife)

Gianluigi Donnarumma saat ini merupakan kiper utama PSG. Dia bermain untuk Les Parisiens sejak 2021 setelah didatangkan dari AC Milan.

Donnarumma turut membantu PSG meraih gelar Ligue 1 pada musim lalu. Kiper asal Italia tersebut juga memenangkan Euro 2020 saat membela negaranya.

Pada musim ini, Donnarumma sudah membuat sembilan clean sheet dari 21 pertandingan di semua kompetisi. Dia sudah memungut bola dari gawangnya sendiri sebanyak 16 kali.

5 dari 6 halaman

Mark Flekken

Mark Flekken bisa dibilang sebagai salah satu kiper terbaik di lima liga top Eropa musim ini. Kiper asal Belanda tersebut menunjukkan performa sangat impresif untuk Freiburg.

Flekken mencatatkan 11 clean sheet dalam 19 penampilan di semua kompetisi pada musim ini. Dia mengemas delapan clean sheet dalam ajang Bundesliga.

Penampilan apik Flekken mendongkrak posisi Freiburg di klasemen sementara Bundesliga. Tim asuhan Christian Streich sekarang menghuni posisi kedua di klasemen.

6 dari 6 halaman

Marc-Andre Ter Stegen

Marc-Andre ter Stegen. Kiper asal Jerman berusia 30 tahun yang telah 8 musim memperkuat Barcelona ini pada musim 2021/2022 lalu total kebobolan sebanyak 57 gol dari 48 laga di semua ajang dan hanya 15 kali melakukan clean sheet. Sementara pada musim 2020/2021 lalu ia kebobolan lebih sedikit, 50 gol dari 41 laga di semua ajang dan sukses mencatat 14 kali clean sheet. Barcelona dibawanya finis di posisi kedua klasemen akhir La Liga 2021/2022 di bawah Real Madrid. (AFP/Andreas Solaro)

Marc-Andre Ter Stegen bermain untuk Barcelona sejak tahun 2014. Kiper asal Jerman tersebut selama ini menunjukkan performa konsisten bersama Blaugrana.

Ter Stegen sudah memainkan 19 pertandingan di semua kompetisi untuk Barcelona pada musim ini. Dia berhasil mencatatkan 11 clean sheet dan kemasukan 15 gol dari penampilannya tersebut.

Penampilan apik Ter Stegen turut membantu Barcelona berada di puncak klasemen La Liga. Ter Stegen terikat kontrak dengan Blaugrana sampai 2025 mendatang.

Sumber: Transfermarkt

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta/Published: 09/11/2022)

Berita Terkait