Foto: Barisan 5 Pemain Tertua yang Berhasil Angkat Trofi Juara Piala Dunia Sepanjang Sejarah, Miroslav Klose Terbaru

oleh Hendriyan diperbarui 10 Nov 2022, 13:37 WIB
Sepanjang sejarah Piala Dunia, tercatat beberapa pemain berusia tua telah merasakan meraih trofi Piala Dunia. Dengan usia tak lagi muda mereka dapat membuktikan penampilan terbaiknya bersama timnas yang dibelanya. Berikut daftar 5 pemain tertua yang berhasil mengangkat trofi Piala Dunia sepanjang sejarah. (AFP/Nelson Almeida)
Gilmar Rinaldi. Saat Brasil menjadi juara Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat usai mengalahkan Italia melalui adu penalti 3-2 (0-0) di partai final, kiper Brasil Gilmar Rinaldi yang saat itu berusia 35 tahun menjadi anggota skuad tertua yang dibawa pelatih Carlos Alberto Perreira. Hanya menjadi kiper ketiga setelah Claudio Taffarel dan Zetti, ia selalu duduk di bangku cadangan dan tak sekali pun bermain di Piala Dunia 1994. (AFP/Tasso Marcelo)
Angelo Peruzzi (kiri). Saat Italia menjadi juara Piala Dunia 2006 di Jerman usai mengalahkan Prancis melalui adu penalti 5-3 (1-1) di partai final, kiper Italia Angelo Peruzzi yang saat itu berusia 36 tahun menjadi anggota skuad tertua yang dibawa pelatih Marcello Lippi. Hanya menjadi pelapis kiper utama Gianluigi Buffon, ia selalu duduk di bangku cadabgan dan tak sekali pun bermain di Piala Dunia 2006. (AFP/Patrick Hertzog)
Miroslav Klose. Saat Jerman menjadi juara Piala Dunia 2014 di Brasil usai mengalahkan Argentina 1-0 lewat perpanjangan waktu di partai final, striker Jerman Miroslav Klose yang saat itu berusia 37 tahun menjadi anggota skuad tertua yang dibawa pelatih Joachim Loew. Meski tak mencetak gol di laga final, Miroslav klose total membuat 2 gol sepanjang turnamen dan akhirnya memegang rekaor sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang Piala Dunia yang diikuti dengan raihan 16 gol, melewati raihan striker Brasil, Ronaldo dengan 15 gol. (AFP/Nelson Almeida)
Nilton Santos. Saat Brasil menjadi juara Piala Dunia 1962 di Cile usai mengalahkan Cekoslowakia dengan skor 3-1 di partai final, Bek kiri Brasil Nilton Santos yang saat itu berusia 37 tahun menjadi anggota skuad tertua yang dibawa pelatih Aymore Moreira. Ia selalu bermain dalam seluruh 6 laga Brasil di Piala Dunia 1962. (AFP/Staff)
Dino Zoff. Saat Italia menjadi juara Piala Dunia 1982 di Spanyol usai mengalahkan Jerman Barat dengan skor 3-1 di partai final, Kiper Italia Dino Zoff yang saat itu berusia 38 tahun menjadi anggota skuad tertua yang dibawa pelatih Enzo Bearzot dan hingga kini tercatat sebagai pemain tertua yang mampu menjadi juara Piala Dunia sepanjang sejarah. Sebagai kiper utama, ia selalu bermain penuh dalam seluruh 7 laga Italia di Piala Dunia 1982. (UEFA.com)
Bagi kalian yang ingin menyaksikan tontonan menarik sepanjang Piala Dunia 2022, EMTEK Group melalui Surya Citra Media Tbk, yang menjadi pemegang hak siar Piala Dunia 2022.

Berita Terkait