Foto: Daftar 5 Negara Eropa yang Belum Pernah Lolos dari Fase Grup Putaran Final Piala Dunia, Mayoritas Berstatus Debutan

oleh Hendriyan diperbarui 11 Nov 2022, 23:23 WIB
Di ajang Piala Dunia, wakil-wakil Eropa tercatat telah mengoleksi 12 kali gelar juara dari total 21 kali penyelenggaraan sejak 1930 hingga 2018. Sementara 9 gelar sisanya menjadi milik perwakilan Amerika Latin. Di balik dominasi Eropa tersebut, nyatanya ada 5 negara Eropa dalam putaran final Piala Dunia yang belum pernah merasakan lolos dari fase grup untuk belaga di fase knock-out, sebagian besar memang merupakan tim debutan. Berikut daftar kelima negara tersebut. (AFP/Patrick Kovarik)
Israel. Israel yang kini bernaung di bawah konfederasi Eropa (UEFA) tercatat pernah satu kali lolos ke putaran final Piala Dunia pada edisi 1970 di Meksiko saat masih bernaung di bawah konfederasi Asia (AFC). Saat itu Israel finis di posisi ke-4 Grup 2 dengan mengemas dua poin. Posisi juara grup diraih Italia, Uruguay sebagai runner-up dan Swedia ada di posisi ketiga. (AFP/Joe Klamar)
Bosnia-Herzegovina. Negara pecahan Yugoslavia ini tercatat baru satu kali lolos ke putaran final Piala Dunia pada edisi 2014 di Brasil. Saat itu Bosnia-Herzegovina finis di posisi ke-3 Grup F dengan mengemas 3 poin. Posisi juara grup diraih Argentina dengan 9 poin, sementara posisi runner-up ditempati Nigeria dengan 4 poin. (AFP/Emmanuel Dunand)
Islandia. Seperti Bosnia-Herzegovina, Islandia juga tercatat baru satu kali lolos ke putaran final Piala Dunia pada edisi 2018 di Rusia. Saat itu Islandia finis di posisi juru kunci Grup D dengan mengemas 1 poin. Posisi juara grup diraih Kroasia dengan 9 poin, runner-up ditempati Argentina dengan 4 poin dan di posisi ketiga ada Nigeria dengan 3 poin. (AFP/Khaled Desouki)
Slovenia. Slovenia tercatat pernah dua kali lolos ke putaran final Piala Dunia pada edisi 2002 di Jepang dan Korea Selatan, serta pada edisi 2010 di Afrika Selatan. Pada edisi 2002 Slovenia finis di posisi ke-4 Grup B setelah selalu kalah dalam 3 laga dari Spanyol, Paraguay dan Afrika Selatan. Sementara pada edisi 2010, Slovenia finis lebih baik di posisi ketiga di bawah Amerika Serikat dan Inggris. (AFP/Karim Jaafar)
Skotlandia. Sepanjang sejarah Piala Dunia, Skotlandia menjadi negara dalam daftar yang paling sering tampil di Piala Dunia namun selalu mentok di fase grup. Skotlandia total 8 kali lolos ke putaran final Piala Dunia, pertama kali pada edisi 1954 di Swiss dan terakhir pada edisi 1998 di Prancis dengan hasil kebanyakan finis sebagai juru kunci di fase grup. Pada edisi 1974 di Jerman Barat, Skotlandia hampir lolos ke babak knock out usai finis di posisi ketiga Grup 2 dengan koleksi 4 poin, menyamai perolehan poin Brasil dan Yugoslavia yang lolos ke fase knock-out. (AFP/Patrick Kovarik)
Bagi kalian yang ingin menyaksikan tontonan menarik sepanjang Piala Dunia 2022, EMTEK Group melalui Surya Citra Media Tbk, yang menjadi pemegang hak siar Piala Dunia 2022.

Berita Terkait