Foto: 5 Negara Tanpa Satu Gol pun Sepanjang Sejarah Piala Dunia, Termasuk Timnas Indonesia yang Bermain Atas Nama Hindia Belanda

oleh Hendriyan diperbarui 15 Nov 2022, 12:07 WIB
Sepanjang sejarah Piala Dunia, mulai edisi pertama pada 1930 hingga edisi terakhir pada 2018, Brasil yang menjadi pengoleksi gelar terbanyak dengan 5 kali menjadi juara ternyata juga memegang rekor sebagai tim tertajam dengan membukukan 229 gol. Tanpa sekalipun absen dalam 21 edisi hingga 2018, rata-rata Timnas Brasil mampu mencetak 10,9 gol alias mendekati 11 gol per edisi. Sebaliknya, 5 negara berikut justru belum mencetak satu gol pun dalam satu-satunya keikutsertaan mereka di ajang Piala Dunia, termasuk Timnas Indonesia yang pada edisi 1938 bermain atas nama Hindia Belanda. (AFP/Aris Messinis)
Indonesia. Masih berstatus jajahan Belanda, Timnas Indonesia yang bermain atas nama Hindia Belanda berhasil lolos mewakili Asia ke Piala Dunia 1938 di Prancis usai menyisihkan Jepang yang mengundurkan diri di babak kualifikasi. Langsung menerapkan sistem gugur, Hindia Belanda akhirnya tersingkir di babak pertama usai takluk 0-6 dari Hongaria. (AFC)
Republik Demokratik Kongo. Negara yang sebelumnya bernama Zaire ini lolos ke Piala Dunia 1974 di Jerman Barat mewakili benua Afrika. Bergabung di Grup 2 bersama Yugoslavia, Brasil dan Skotlandia pada fase grup, Zaire menelan kekalahan dari ketiga lawannya tanpa mencetak satu gol pun. Mereka takluk 0-2 dari Skotlandia, 0-9 dari Yugoslavia dan 0-3 dari Brasil. (AFP/Staff)
Kanada. Pada Piala Dunia 1986 di Meksiko, Zona Concacaf diwakili oleh dua negara yaitu Meksio sebagai tuan rumah dan tim debutan Kanada. Bergabung di Grup C bersama Uni Soviet, Prancis dan Hongaria pada fase grup, Kanada menelan kekalahan dari ketiga lawannya tanpa mencetak satu gol pun. Mereka takluk 0-1 dari Prancis, 0-2 dari Hongaria dan 0-2 dari Uni Soviet. Pada edisi 2022 di Qatar, Kanada lolos untuk yang kedua kalinya dan berpeluang mencetak gol perdananya di ajang Piala Dunia. (AFP/Georges Gobet)
Cina. Pada Piala Dunia 2002 di Jepang dan Korea Selatan, Zona Asia diwakili oleh 4 negara yaitu Jepang dan Korea elatan sebagai tuan rumah, Saudi Arabia serta Kanada sebagai tim debutan. Bergabung di Grup C bersama Brasil, Turki dan Kosta Rika pada fase grup, Cina menelan kekalahan dari ketiga lawannya tanpa mencetak satu gol pun. Mereka takluk 0-2 dari Kosta Rika, 0-4 dari Brasil dan 0-3 dari Turki. (AFP/Pascal Guyot)
Trinidad Tobago. Pada Piala Dunia 2006 di Jerman, Zona Concacaf diwakili oleh 4 negara yaitu Meksiko, Amerika Serikat, Kosta Rika serta Trinidad Tobago sebagai tim debutan. Bergabung di Grup B bersama Inggris, Swedia dan Paraguay pada fase grup, Trinidad Tobago meraih satu kali hasil imbang dan menelan dua kekalahan tanpa mencetak satu gol pun. Mereka imbang 0-0 dengan Swedia, kalah 0-2 dari Inggris dan takluk 0-2 dari Paraguay. (AFP/Aris Messinis)
Bagi kalian yang ingin menyaksikan tontonan menarik sepanjang Piala Dunia 2022, EMTEK Group melalui Surya Citra Media Tbk, yang menjadi pemegang hak siar Piala Dunia 2022.

Berita Terkait