Hasil Uji Coba Jelang Piala Dunia 2022: Timnas Portugal Sikat Nigeria, Spanyol Hajar Yordania

oleh Aryo Atmaja diperbarui 18 Nov 2022, 05:24 WIB
Para pemain Portugal merayakan gol yang dicetak Joao Mario ke gawang Nigeria dalam laga uji coba di Stadion Jose Alvalade, Jumat (18/11/2022) dini hari WIB. (AP Photo/Armando Franca)

Bola.com, Jakarta - Sejumlah negara masih melakoni laga uji coba menjelang Piala Dunia 2022 yang tinggal dua hari lagi dimulai. Tiga tim kontestan yang menjalani uji coba adalah Portugal dan Spanyol, Jumat (18/11/2022) dini hari WIB.

Timnas Portugal menghajar Nigeria dengan skor telak 4-0 dalam laga pemanasan terakhir sebelum Piala Dunia 2022, Estadio Jose Alvalade.

Advertisement

Pertandingan ini jadi kesempatan penting untuk kedua tim memanaskan mesin sebelum memasuki turnamen. Portugal tidak diperkuat Cristiano Ronaldo yang sedang sakit, tapi bukan berarti mereka bermain setengah-setengah.

Laga berjalan tidak seimbang sejak awal. Portugal terlalu tangguh untuk Nigeria. Kali ini, empat gol Portugal datang dari aksi Bruno Fernandes (9', 35'), Goncalo Ramos (82'), dan Joao Mario (84').

Hasil ini penting untuk skuad Fernando Santos bersiap memasuki turnamen akbar Piala Dunia 2022.

2 dari 6 halaman

Bruno Fernandes Gemilang

Bruno Fernandes. Pada putaran final Piala Dunia 2022, Grup H dihuni oleh Portugal, Ghana, Uruguay dan Korea Selatan. Gelandang serang Portugal berusia 27 tahun, Bruno Fernandes menjadi pemain dengan nilai pasar tertinggi dari seluruh pemain di Grup H dengan nilai 85 juta Euro atau hampir setara Rp1,3 triliun, mengalahkan rekannya Cristiano Ronaldo yang hanya memiliki nilai pasar senilai 30 juta euro. Bersama Timnas Portugal ia telah mengoleksi 46 caps dengan torehan 8 gol dan 7 assist sejak melakukan debut pada 10 November 2017. (AFP/Miguel Riopa)

Portugal hanya butuh beberapa menit untuk menguasai bola dan mendikte permainan. Nigeria harus bertahan dan menunggu serangan balik.

Bruno Fernandes membuka keunggulan setelah 9 menit pertandingan berjalan. Umpan terobosan Dalot mendarat sempurna untuk Bruno di dalam kotak penalti.

Portugal terus mendominasi hingga mendapatkan hadiah penalti di menit ke-35 untuk handball Samuel. Bruno maju sebagai algojo dan mengecoh kiper lawan untuk mengubah skor jadi 2-0.

Nigeria jelas kesulitan menghadapi garis tekanan tinggi yang diterapkan Portugal. Serangan-serangan sayap Portugal dari Dalot dan Mendes juga membuat mereka kelimpungan.

Portugal kemudian mencetak dua gol pemungkas di menit ke-82 dan ke-84. Goncalo Ramos meneruskan umpan Guerreiro untuk mencetak gol ketiga Portugal. Lalu, Joao Mario menuntaskan umpan Ramos dengan sepakan akurat untuk mengubah skor jadi 4-0.

3 dari 6 halaman

Daftar Susunan Pemain

Portugal (4-3-3): Rui Patricio; Diogo Dalot, Ruben Dias, Antonio Silva, Nuno Mendes; Otavio, Bruno Fernandes, William Carvalho; Joao Felix, Andre Silva, Bernardo Silva.

Pelatih: Fernando Santos

Nigeria (4-1-4-1): Francis Uzoho; Bright Samuel, William Troost-Ekong, Kevin Akpoguma, Calvin Bassey; Wilfried Ndidi; Ademola Lookman, Joe Aribo, Alex Iwobi, Moses Simon; Terem Moffi.

Pelatih: Vitor Peseiro

4 dari 6 halaman

Spanyol Juga Menang

Timnas Spanyol era Luis Enrique ini dihuni pemain muda berkualitas dengan rata-rata umur 25 tahun. Besaran harga total tim Matador itu mencapai 784 juta euro atau setara dengan Rp12,3 miliar. (AFP/Jorge Guerrero)

Di pertandingan lain, Timnas Spanyol sukses meraih kemenangan saat beruji coba melawan Timnas Jordania di Amman International Stadium, Amman, Kamis (17/11/2022) malam WIB.

Meski menang, namun tampak serangan-serangan mereka terlihat kurang efektif. Spanyol memang melepas banyak tembakan namun hanya sedikit saja yang arahnya tepat ke sasaran

Gol-gol Spanyol dicetak oleh Ansu Fati, Gavi, dan Nico Williams. Sementara gol balasan Jordania dihasilkan oleh Hamza Al-Dardour.

Spanyol langsung mengontrol jalannya laga sejak menit pertama. Mereka terus menekan pertahanan Jordania.

Menit ke-13, Spanyol akhirnya bisa membuka keunggulannya atas Jordania. Umpan Marco Asensio bisa dimanfaatkan Ansu Fati dengan tendangan kaki kanan di dalam kotak penalti. 0-1.

Semenit kemudian Jordania hampir saja mencetak gol. Al-Naimat mencuri bola dari Pau Torres di ujung kotak penalti. Namun untung bola tembakannya masih bisa diblok oleh kiper Sanchez.

5 dari 6 halaman

Gavi Tampil Oke

Reaksi gelandang Spanyol Pablo Gavi selama pertandingan semifinal UEFA Nations League melawan Italia di stadion San Siro, di Milan, Rabu (6//9/2021). Wonderkid Barcelona, Gavi mencatatkan sejarah sebagai pemain termuda yang pernah tampil bersama timnas senior Spanyol. (FRANCK FIFE / AFP)

Spanyol kemudian baru bisa mencetak gol lagi di babak kedua, tepatnya pada menit ke-56. Gavi menyambar bola hasil tembakan kaki kirinya di dalam kotak penalti. 0-2!

Usai gol tersebut, kedua tim melakukan sejumlah pergantian pemain. Spanyol akhirnya bisa mencetak gol lagi pada menit ke-84. Pemain pengganti Nico Williams mencatatkan namanya di papan skor dengan tendangan kaki kirinya. 0-3!

Jordania tak menyerah meski tertinggal tiga gol. Menit 90+1, mereka bisa mencuri gol melalui tembakan Hamza Al-Dardour dari dalam kotak penalti. Ia memaksimalkan kesalahan yang dilakukan oleh bek senior Spanyol, Cesar Azpilicueta.

Hasil ini memang bagus bagi Spanyol jelang berlaga di Piala Dunia 2022. Di Qatar nanti mereka akan bermain di Grup E lawan Kosta Rika, Jerman, dan Jepang.

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas, published 18/11/2022)

6 dari 6 halaman

Berita Terkait