Wonderkid Barcelona Gantikan Jose Gaya Bela Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022

oleh Aryo Atmaja diperbarui 19 Nov 2022, 06:05 WIB
Pemain Barcelona Alejandro Balde (kiri) berebut bola dengan pemain Osasuna Jon Moncayola pada pertandingan sepak bola Liga Spanyol di Stadion El Sadar, Pamplona, Spanyol, 8 November 2022. Barcelona menang 2-1. (AP Photo/Alvaro Barrientos)

Bola.com, Jakarta - Timnas Spanyol harus kehilangan Jose Gaya untuk menghadapi persaingan di Piala Dunia 2022 Qatar. Bek asal klub Valencia itu mengalami cedera menjelang dimulainya Piala Dunia Qatar.

Padahal Jose Gaya bisa dikatakan menjadi salah satu bek sayap terbaik di La Liga. Ia menunjukkan performa yang impresif dalam mengawal lini pertahanan Valencia dan mendapat tempat di Timnas Spanyol.

Advertisement

Berkat performa apiknya itu, ia dipanggil Luis Enrique ke skuad Matador untuk Piala Dunia 2022. Ia akan diandalkan Enrique selama turnamen ini.

Namun baru-baru ini nasih nahas menimpa Gaya. Sang bek dikonfirmasi mengalami cedera sehingga ia harus dicoret dari skuad La Furia Roja.

2 dari 6 halaman

Dihantam Cedera

Gelandang Valencia, Nikola Vukcevic, berebut bola dengan bek Levante, Jose Gaya, pada laga pekan ke-28 Liga Spanyol di Stadion Mestalla, Sabtu (13/6/2020) dini hari WIB. Valencia bermain imbang 1-1 atas Levante. (AFP/Jose Jordan)

Menurut pernyataan resmi yang dikeluarkan timnas Spanyol, sang bek mengalami cedera baru-baru ini.

Sang bek mengalami cedera saat Spanyol berlatih di Yordania. Ia mengalami cedera di bagian pergelangan kakinya.

Awalnya cedera Gaya diduga hanya cedera ringan. Namun setelah melalui pemeriksaan medis ternyata cedera yang dialami sang bek lebih parah sehingga ia tidak bisa bermain di Qatar.

3 dari 6 halaman

Panggil Pengganti

Bek Barcelona Alejandro Balde dan gelandang Inter Milan Nicolo Barella berlari mengejar bola pada matchday ketiga Grup C Liga Champions 2022/2023 di Giuseppe Meazaa, Rabu dini hari WIB (5/10/2022). Gol kemenangan tim wakil Italia dilesakkan Hakan Calhanoglu. (AP Photo/Antonio Calanni)

Luis Enrique langsung bergerak cepat untuk mencari pengganti Gaya.

Ia memutuskan memanggil Alejandro Balde untuk memperkuat timnas Spanyol. Sang bek musim ini bermain secara reguler di Barcelona sehingga Enrique memangigl sang pemuda.

Balde sendiri belum pernah bermain di timnas senior Spanyol. Ia terakhir kali memperkuat timnas Spanyol U-21.

4 dari 6 halaman

Laga Perdana Timnas Spanyol

Piala Dunia - Ilustrasi Timnas Spanyol (Bola.com/Adreanus Titus)

Timnas Spanyol sendiri mulai mempersiapkan diri untuk pertandingan perdana mereka di Piala Dunia 2022.

Tergabung di grup E, Spanyol akan berhadapan dengan Kosta Rika pada hari Rabu (23/11/2022) malam nanti.

Sumber: RFEF

Disadur dari: Bola.net (Serafin Unus Pasi, 18/11/2022)

5 dari 6 halaman

Persaingan Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022

Piala Dunia 2022 - Ilustrasi Grup E (Bola.com/Adreanus Titus)
6 dari 6 halaman

Berita Terkait