Badai Provokasi Slovakia ke Timnas Indonesia U-20: Cahya Supriadi Dibuat Cedera, Dzaky Asraf Dihajar, Justin Hubner Kartu Merah

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 19 Nov 2022, 20:52 WIB
Rafael Struick mencetak gol untuk Timnas Indonesia U-20 ketika kalah 1-2 dari Slovakia U-20. (Twitter PSSI).

Bola.com, Murcia - Timnas Indonesia U-20 sempat berada di atas angin ketika beruji coba dengan Slovakia U-20. Tim berjulukan Garuda Nusantara itu unggul 1-0 hingga menit ke-82.

Namun, Slovakia U-20 mampu mengembalikan kedudukan menjadi 2-1 dalam kurun waktu empat menit yang membuat Timnas Indonesia U-20 kalah.

Advertisement

Timnas Indonesia U-20 takluk 1-2 dari Slovakia U-20 dalam Costa Calida Region De Murcia Football Week di Pinatar Arena, Murcia, Spanyol, Sabtu (19/11/2022).

Timnas Indonesia U-20 unggul lebih dulu pada menit ke-28 setelah Rafael Struick menjebol gawang Slovakia U-20 dengan memanfaatkan umpan Dzaki Asraf.

2 dari 6 halaman

Mulai Keras dan Kasar

Timnas Indonesia U-20 yang lengah di awal pertandingan harus rela kebobolan cepat. Moldova U-20 mampu unggul lebih dulu pada menit kesembilan melalui Vicu Bulmaga yang menjebol gawang Timnas Indonesia U-20. (Dokumentasi PSSI)

Rafael Struick adalah penyerang keturunan asal Belanda yang baru bergabung dengan Timnas Indonesia U-20 di Spanyol bersama Zico Soree.

Seusai Timnas Indonesia U-20 membuka skor, Slovakia U-20 bermain keras cenderung kasar. Beberapa kali pemain lawan memaksa berkontak fisik dengan Muhammad Ferarri dkk.

Penyerang Slovakia U-20 bernomor punggung 24, Adam Griger terlihat sering menciptakan friksi dengan para pemain Timnas Indonesia U-20.

3 dari 6 halaman

Adam Griger Sering Cari Gara-Gara

Sang kiper membuat cukup banyak penyelamatan di babak kedua. Ada sekitar empat sampai lima penyelamatan krusial yang dibuat kiper milik Persija Jakarta tersebut.

Adam Griger juga membuat kiper Timnas Indonesia U-20, Cahya Supriadi nyaris cedera akibat terjangannya pada menit ke-34.

Pada menit ke-42, pemain Timnas Indonesia U-20 Dzaky Asraf sempat dihajar oleh personel Slovakia U-20, Balint Csoka, namun wasit yang bernama Roca Robles malah cuek.

Dzaky Asraf membuat pelanggaran yang tidak perlu pada menit ke-82 yang berujung penalti dan dikonversikan menjadi gol penyama kedudukan oleh Timotej Jambor.

4 dari 6 halaman

Cahya Supriadi Cedera Serius

Slovakia U-20 berbalik unggul pada menit ke-84. Penetrasi dari pemain lawan bikin Cahya Supriadi cedera. Bola liar lalu tidak sengaja terkena tubuh Justin Hubner yang berakhir dengan gol bunuh diri.

Akibat benturan dengan pemain Slovakia U-20 itu, Cahya Supriadi meringis kesakitan. Penjaga gawang Persija Jakarta ini nampak mengalami cedera serius sehingga tidak dapat melanjutkan pertandingan.

5 dari 6 halaman

Wasit Kurang Tegas

Pengadil pertandingan juga memimpin kurang tegas karena beberapa kali membiarkan aksi agresif para pemain Slovakia U-20.

Pada menit ke-90, Justin Hubner terpancing provokatif Slovakia U-20 dengan melanggar Adam Griger yang berbuah kartu merah. Garuda Nusantara bermain dengan sepuluh orang dan terpaksa menerima kekalahan.

6 dari 6 halaman

Starting XI Timnas Indonesia U-20

Berita Terkait