Timnas Brasil Diklaim Kandidat Terkuat Juara Piala Dunia 2022, Eder: Masih Banyak Tim Hebat Lainnya

oleh Rizki Hidayat diperbarui 21 Nov 2022, 17:00 WIB
Eder Militao melakukan selebrasi setelah mencetak gol pertama timnya ketika pertandingan Grup B Copa America 2021 antara Brasil melawan Ekuador yang berlangsung di Estadio Olimpico Pedro Ludovico, Brasil pada Minggu (27/06/2021). (AP/Eraldo Peres)

Bola.com, Doha - Timnas Brasil digadang-gadang sebagai kandidat terkuat meraih trofi Piala Dunia 2022. Akan tetapi, bek Tim Samba, Eder Militao, tidak sepakat dengan pendapat tersebut.

A Selecao punya modal yang sangat bagus di Piala Dunia 2022. Timnas Brasil dalam performa yang bagus, karena selalu menang pada tujuh laga terakhir di seluruh ajang.

Advertisement

Selain itu, Brasil juga dihuni banyak pemain top. Mulai dari Neymar, Alisson, Thiago Silva, Eder Militao, Casemiro, Fabinho, Gabriel Jesus, hingga Vinicius Junior.

Pada Piala Dunia 2022, Timnas Brasil berada di Grup G bersama Serbia, Swiss, dan Kamerun. Di atas kertas, pasukan Tite tersebut diunggulkan untuk lolos ke-16 besar sebagai juara grup.

 

2 dari 5 halaman

Kurang Sopan

Bek timnas Brasil Eder Militao tiba bersama rekan setimnya menjelang Piala Dunia mendatang di bandara Internasional Hamad di Doha, Qatar, Minggu (20/11/2022). Brasil yang telah mendapatkan label favorit juara turnamen di Qatar, akan berusaha untuk memenangkan trofi untuk keenam kalinya. (AP Photo/Hassan Ammar)

Bukan hanya sekadar lolos dari fase grup, Timnas Brasil juga disebut-sebut sebagai kandidat kuat juara Piala Dunia 2022. Apalagi, mereka sudah cukup lama tak lagi merengkuh trofi juara, setelah terakhir kali pada 2002.

Secara tradisional, Brasil adalah kekuatan utama pada setiap gelaran Piala Dunia. Mereka merupakan negara dengan gelar juara paling banyak, yakni lima kali.

Jadi, bukan perkara yang aneh jika A Selecao disebut sebagai unggulan di Qatar. Hanya saja, Eder Militao merasa status itu kurang tepat.

"Saya tidak bisa mengatakan jika kami adalah favorit karena itu akan sedikit tidak sopan. Ada banyak tim bagus lain yang bermain di turnamen ini," ucap Militao.

 

3 dari 5 halaman

Sensasi Berbeda

Bek Real Madrid Eder Militao (tengah) mengambil bagian dalam sesi latihan di Valdebebas, pinggiran Madrid, Selasa (1/11/2022). Real Madrid akan menjamu Celtic di Santiago Bernabeu pada matchday terakhir Grup F Liga Champions 2022/2023 Kamis dini hari WIB, 3 November 2022. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

Secara personal, Militao merasa Piala Dunia 2022 bakal menjadi momen penting. Dia telah meraih gelar bergengsi di Real Madrid, akan tetapi bermain di Piala Dunia tetap menyajikan sensasi yang berbeda baginya.

"Bagi saya, ini semua sangat bagus. Ini adalah Piala Dunia pertama saya. Jadi, saya senang sekaligus cemas," sambung mantan pemain Porto tersebut.

 

4 dari 5 halaman

Peluang Jadi Pemain Inti

Bek Real Madrid Eder Militao merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Getafe pada pekan delapan La Liga musim 2022/2023 di Stadion Coliseum Alfonso Perez, Minggu (9/10/2022) dini hari WIB. Real Madrid menang tipis 1-0 atas Getafe di Liga Spanyol 2022-2023. (AP Photo/Bernat Armangue)

Eder Militao menjadi pilihan utama di Real Madrid. Performanya sangat stabil. Bukan tidak mungkin bek berusia 24 tahun akan menjadi pilihan utama Tite untuk mengawal pertahanan Brasil.

"Saya serahkan itu kepada pelatih. Saya hanya harus berlatih dan terserah pelatih. Saya memainkan satu laga sebagai bek sayap, tetapi seperti yang saya katakan, terserah pelatih," tegasnya.

Selain sebagai bek tengah, Militao juga bisa bermain sebagai bek kanan. Akan tetapi, peran tersebut sudah cukup lama tidak dimainkan Eder Militao ketika bermain di Real Madrid.

Sumber: Marca

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin/Published: 21/11/2022)

5 dari 5 halaman

Berita Terkait