Argentina Keok, Pemain Liga 1: Dari Arab Saudi Kita Belajar, Kerja Keras Tak Khianati Hasil

oleh Nandang Permana diperbarui 23 Nov 2022, 09:45 WIB
Lionel Messi beberapa kali mengancam gawang Arab Saudi yang dijaga oleh Mohammed Al-Owais.Namun barisan pertahanan Arab Saudi masih kompak untuk terus mengawal pergerakan Messi. (AP Photo/Luca Bruno)

Bola.com, Jakarta - Argentina secara mengejutkan menelan kekalahan dari Arab Saudi, pada laga perdana Grup C Piala Dunia 2022, Selasa (22/11/2022). La Albiceleste ditekuk wakil Asia itu dengan skor 1-2. 

Tak banyak yang menyangka hasil minor Lionel Messi dan kolega ini. Mereka adalah unggulan dalam laga ini, bahkan kandidat juara Piala Dunia 2022.

Advertisement

Namun berbeda dengan prediksi M Arfan sehari sebelumnya. Gelandang PSM Makassar ini sudah mengira bahwa Argentina akan kesulitan melawan Arab Saudi.  

“Saya sudah prediksi, Argentina bakal kesulitan mengalahkan Arab Saudi. Umpama pun menang, pasti skornya tidak banyak. Tapi ternyata bukan cuma susah menang, Argentina bahkan kalah,” kata Arfan, sesaat setelah laga pamungkas. 

2 dari 5 halaman

Disiplin

Selebrasi pemain Arab Saudi usai menjebol gawang Argentina di pertandingan Grup C Piala Dunia Qatar 2022 yang berlangsung di Stadion Lusail, Doha, Selasa (22/11/2022). (AFP/Juan Mabromata)

Arfan menambahkan, Arab Saudi pasti sudah pasang kuda-kuda untuk pertandingan ini. Apalagi setelah melihat dua wakil Asia lainnya yang kalah di pertandingan pertama.

“Pemain Arab Saudi bermain disiplin bertahan. Sudah pas strategi seperti itu melawan tim kuat macam Argentina,” lanjut Arfan. 

Kerja keras pemain Arab Saudi di lapangan juga diacungi jempol Arfan. Ini adalah faktor utama kemenangan bersejarah Arab Saudi, sebagai tim pertama asal Asia yang mengalahkan Argentina di ajang Piala Dunia.  

“Kerja keras seperti ini yang harus kita tiru. Kerja keras itu tidak akan khianati hasil. Saya lihat pemain Arab Saudi tadi memberikan lebih dari 100 persen usaha,” papar pemilik nomor punggung 48 di PSM Makassar ini. 

3 dari 5 halaman

Kerja Keras Terbayar

Selebrasi pemain Arab Saudi usai menjebol gawang Argentina di pertandingan Grup C Piala Dunia Qatar 2022 yang berlangsung di Stadion Lusail, Doha, Selasa (22/11/2022). (AFP/Kirill Kudrayavtsev)

Argentina sebenarnya unggul duluan atas Arab Saudi. Lionel Messi mencetak gol melalu penalti di menit 10 babak pertama.

Setelah pelanggaran pemain belakang Arab Saudi di kotak penalti tertangkap kamera Video Assistant Referee alias VAR. Skor 1-0 ini bertahan hingga turun minum. 

Namun, pada babak kedua, Arab Saudi berhasil membalas dua gol, lewat skema counter attack. Pertama, gol cepat Saleh Al Shehri di menit 48. Disusul gol Aldawsari di menit 53.  

Berbalik unggul, Arab Saudi pontang panting menahan gempuran Argentina. Kerja keras mereka terbayar dengan skor yang tak berubah hingga akhir laga.  

4 dari 5 halaman

Posisi Argentina

Berita Terkait