Foto: 5 Tim Unggulan yang Kalah di Matchday Pertama Piala Dunia, Tenang Argentina Ada Spanyol yang Berakhir Jadi Juara

oleh Ikhwan Yanuar Harun diperbarui 23 Nov 2022, 14:47 WIB
Argentina secara mengejutkan harus kalah 1-2 dari Arab Saudi pada matchday pertama Grup C Piala Dunia 2022, Selasa (22/11/2022). Padahal, La Albiceleste merupakan tim unggulan di perhelatan akbar sepak bola empat tahunan tersebut karena dihuni banyak pemain bintang. Selain Messi dan kolega berikut tim unggulan yang kalah di matchday pertama Piala Dunia. (AP/Ebrahim Noroozi)
Laga pedana di Piala Dunia 2002 menghadirkan kejutan. Juara dunia 1998 dan Euro 2000, Prancis dikalahkan oleh tim debutan Senegal dengan skor 0-1. Papa Bouba Diop menjadi satu-satunya pencetak gol di laga tersebut. Les Bleus juga harus tenggelam di dasar klasemen Grup A dan gagal melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2002. (AFP/Patrick Hertzog)
Spanyol menderita kekalahan mengejutkan dari Swiss saat matchday pertama Grup H Piala Dunia 2010. Gelson Fernandes menjadi satu-satunya pencetak gol di laga tersebut. Meskipun menderita hasil negatif di awal laga, La Furia Roja mampu bangkit dan berakhir menjadi juara di Piala Dunia 2010. (AFP/Philippe Huguen)
Uruguay yang dihuni skuad bintangnya secara mengejutkan kalah dari Kosta Rika pada matchday pertama Grup D Piala Dunia 2014. Skuad asuhan Oscar Tabarez menyerah dengan skor 1-3 dan kehilangan satu pemainnya, Maxi Pereira setelah mendapatkan kartu merah pada menit ke-90+4. (AFP/Mauro Pimentel)
Jerman sebagai juara bertahan harus terjungkal di matchday pertama Grup F Piala Dunia 2018. Die Mannschaft secara mengejutkan kalah dari Meksiko dengan skor 0-1. Pada edisi tersebut, Jerman benar-benar gagal total. Mereka tampil buruk dan tak mampu lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 setelah kalah dari Korea Selatan pada laga terakhir. (AP/Matthias Schrader)
Agentina sebagai tim unggulan juara di Piala Dunia 2022 secara mengejutkan tumbang di tangan Arab Saudi pada matchday pertama Grup C, Selasa (22/11/2022). La Albiceleste kalah dengan skor 1-2. Messi dan kolega kesulitan menembus pertahanan solid yang diperagakan oleh skuad berjuluk The Falcons tersebut. (AP/Natacha Pisarenko)