3 Momen Menarik saat Jepang Gilas Jerman di Piala Dunia 2022: Der Panzer Kebanyakan Gimmick!

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 23 Nov 2022, 22:24 WIB
Pemain Timnas Jerman, Antonio Ruediger (kanan) berduel udara dengan pemain Timnas Jepang, Hiroki Sakai dalam laga matchday pertama Grup E Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar, Rabu (23/11/2022) malam WIB. (AP/Ebrahim Noroozi)

Bola.com, Jakarta - Jepang berhasil mengalahkan Jerman pada laga perdana Grup E Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar, Rabu (23/11/2022) malam WIB. Sempat tertinggal satu gol, Samurai Biru sukses berbalik unggul dan menyudahi laga dengan skor 2-1.

Jerman membuka keunggulan menit 33', itupun melalui titik penalti setelah kiper Jepang Shuichi Gonda melakukan pelanggaran. Ilkay Gundogan yang menjadi eksekutor sukses mencetak gol.

Advertisement

Namun pada babak kedua, angin sedikit berubah. Jerman masih menguasai, setidaknya selama 15 menit babak kedua berjalan, tapi Jepang terlihat siap melakukan kejutan.

Benar saja, menit 75' Ritsu Doan mampu mengecoh kiper Jerman Manuel Neuer. Belum hilang rasa terkejut Der Panzer, Jepang malah berbalik memimpin 2-1 setelah Takuma Asano membobol gawang Neuer untuk kali kedua.

Tujuh menit sisa pertandingan, Jerman mengerahkan segala kemampuan terbaiknya guna menyamakan kedudukan. Akan tetapi, Jepang berhasil mempertahankan kemenangan 2-1 hingga wasit meniup peluit panjang tanda laga berakhir.

Bola.com merangkum beberapa momen menarik selama pertandingan tersebut. Berikut ini ulasannya:

2 dari 6 halaman

Menutup Mulut

Pemain Timnas Jerman berpose untuk foto tim dengan menutupi mulut mereka dalam pertandingan Grup E Piala Dunia 2022 melawan Jepang, di Stadion Internasional Khalifa di Doha, Qatar, Rabu (23/11/2022). (AP Photo/Ebrahim Noroozi)

Para pemain Jerman menutup mulut mereka saat sesi foto tim jelang pertandingan Piala Dunia 2022 melawan Jepang. Ini adalah bentuk protes menyusul larangan shoppingmode FIFA menggunakan ban kapten bertuliskan One Love.

Jerman, Inggris, dan beberapa kontestan Piala Dunia 2022 sedianya menggunakan ban kapten bertuliskan One Love sebagai bentuk dukungan terhadap keberagaman, yang dalam konteksnya seringkali diartikan sebagai dukungan terhadap LGBT.

Dalam sebuah posting-an di akun Twitter resmi mereka, Jerman mengklaim, "Ini bukan tentang membuat pernyataan politik - hak asasi manusia tidak dapat dinegosiasikan. Itu harus diterima begitu saja, tetapi tetap tidak demikian. Itulah mengapa pesan ini sangat penting bagi kami."

"Menolak ban kapten sama dengan menolak suara kami. Kami berdiri di posisi kami. Kami ingin menggunakan ban kapten kami untuk mempertahankan nilai-nilai yang kami pegang di tim nasional Jerman: keragaman dan saling menghormati. Bersama dengan negara lain, kami ingin suara kami didengar."

3 dari 6 halaman

Aksi Gacor Shuichi Gonda

Pemain Timnas Jerman, David Raum (kiri) terjatuh di dalam kotak penalti usai dilanggar kiper Timnas Jepang, Shuichi Gonda dalam laga matchday pertama Grup E Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar, Rabu (23/11/2022) malam WIB. (AP/Eugene Hoshiko)

Jepang harus berterima kasih kepada Shuichi Gonda, kiper mereka. Ia memang bersalah karena menyebabkan penalti yang berbuah pada gol yang dicetak Ilkay Gundogan, tapi ia langsung membayarnya pada babak kedua.

Pada satu momen, Shuichi Gonda mampu mengamankan jala gawangnya dari kebobolan meski dihajar habis-habisan oleh para barisan penyerangan Jerman.

 

4 dari 6 halaman

Aksi Kocak Rudiger

Entah apa yang dipikirkan Antonio Rudiger kala itu. Saat beradu lari dengan pemain Jepang, aksi kocak diperlihatkan bek Real Madrid tersebut.

Setelah berhasil mencegah pemain Jepang meraih bola, ia malah tersenyum seakan merayakan keberhasilannya yang disertai lari kocak itu.

Apes, Jerman malah kebobolan dua gol. Apakah ini yang dinamakan karma?

5 dari 6 halaman

Persaingan di Grup E Piala Dunia 2022