Foto: Aksi Dua Mata-mata Jepang pada Matchday Pertama Piala Dunia 2022, Bikin Jerman Senasib dengan Argentina

oleh Hendriyan diperbarui 23 Nov 2022, 23:27 WIB
Piala Dunia 2022 Qatar memang baru memainkan beberapa laga pembuka di fase grup, namun beberapa kejutan besar telah terjadi. Setelah Argentina takluk dari Arab Saudi (22/11/2022), sehari kemudian, Rabu (23/11/2022) giliran favorit juara lainnya Jerman yang harus tersungkur dari Jepang dengan skor 1-2. Kemenangan fenomenal Jepang ditentukan oleh gol-gol dari dua pemainnya yang merumput di Liga Jerman. (AP/Luca Bruno)
Jepang yang tertekan sejak awal pertandingan sempat membuat gol yang akhirnya dianulir pada menit ke-8. Sang pencetak gol, Daizen Maeda terlebih dahulu dianggap offside sebelum gol terjadi. (AP/Eugene Hoshiko)
Seperti Argentina, Jerman pun unggul terlebih dahulu atas Jepang lewat gol via eksekusi penalti pada menit ke-33. Ilkay Gundogan yang maju sebagai algojo tanpa kesulitan mampu menaklukkan Shuici Gonda. (AP/Eugene Hoshiko)
Hukuman penalti diberikan usai kiper Jepang, Shuici Gonda kedapatan menjatuhkan pemain Jerman, David Raum di dalam kotak penalti. (AP/Eugene Hoshiko)
Hingga babak pertama usai, skor 1-0 untuk keunggulan Timnas Jerman tetap bertahan. (AP/Luca Bruno)
Pada babak kedua, pelatih Timnas Jepang Hajime Moriyasu melakukan beberapa pergantian pemain. Di antaranya ia memasukkan dua pemain yang merumput di Liga Jerman, yaitu Takuma Asano dan Ritsu Doan. (AP/Luca Bruno)
Taktik jitu Hajime Moriyasu pun membuahkan hasil. Ritsu Doan yang bermain bersama SC Freiburg di Bundesliga berhasil mencetak gol penyeimbang 1-1 pada menit ke-75 usai manyambar bola muntah hasil tepisan Manuel Neuer. (AP/Luca Bruno)
Delapan menit berselang giliran Takuma Asano yang bermain bersama Bochum juga mencetak gol sekaligus membalikkan keadaan unggul 2-1 atas Jerman. Gol dicetak lewat kecepatannya berlari menggiring bola usai menerima umpan lambung yang akhirnya menaklukkan Manuel Nueur dari sudut sempit. (AP/Ricardo Mazalan)
Timnas Jerman berusaha keras mencari gol kedua di sisa waktu yang ada. Namun hingga laga usai, skor 2-1 untuk kemenangan Jepang tak berubah. (AP/Ebrahim Noroozi)

Berita Terkait