Kalah dari Jepang di Piala Dunia 2022, Manuel Neuer Sebut 3 Hal yang Jadi Penyebabnya

oleh Hery Kurniawan diperbarui 24 Nov 2022, 00:10 WIB
Delapan menit berselang giliran Takuma Asano yang bermain bersama Bochum juga mencetak gol sekaligus membalikkan keadaan unggul 2-1 atas Jerman. Gol dicetak lewat kecepatannya berlari menggiring bola usai menerima umpan lambung yang akhirnya menaklukkan Manuel Nueur dari sudut sempit. (AP/Ricardo Mazalan)

Bola.com, Jakarta - Timnas Jerman melakukan start buruk pada Piala Dunia 2022. Der Panzer kalah 1-2 saat menghadapi Jepang pada laga yang berlangsung, Rabu (23/11/2022) malam WIB.

Pada laga itu, gawang Timnas Jerman yang dijaga Manuel Neuer dibobol dua kali oleh Ritsu Doan dan Takuma Asano pada babak kedua.

Advertisement

Neuer pun menyesalkan beberapa hal yang terjadi pada laga itu. Misalnya seperti efektivitas di lini depan. Juga lemahnya pertahanan Jerman dalam situasi satu lawan satu.

"Peluang mencetak gol yang kami lewatkan, itu jelas," katanya.

"Kami tidak bertahan dengan baik di belakang sampai akhir. Jepang menekan kami dalam situasi satu lawan satu. Kami tidak tenang. Kami membutuhkan posisi yang lebih baik, seperti yang kami lakukan di babak pertama," sambung Neuer.

2 dari 5 halaman

Bayar Harga Mahal

Pemain Timnas Jepang, Ritsu Doan mencetak gol pertama Jepang ke gawang Timnas Jerman dalam laga matchday pertama Grup E Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar, Rabu (23/11/2022) malam WIB. (AP/Matthias Schrader)

Kapten Timnas Jerman itu kemudian menyatakan pada babak kedua permainan timnya sangat menurun. Para pemain Jerman terkesan memberikan ruang kepada Jepang untuk berkembang.

Hal itu sangat berbahaya menurut Neuer. Harga mahal berupa kekalahan pun harus diterima oleh para pemain Jerman.

"Jika kami tidak menunjukkan diri kami, tidak menunjukkan kehadiran, maka kami akan membayar harganya. Dan itulah yang terjadi hari ini," keluh kiper Bayern Munchen itu.

3 dari 5 halaman

Tekanan Besar

Para pemain Timnas Jepang merayakan gol pertama ke gawang Timnas Jerman yang dicetak Ritsu Doan dalam laga matchday pertama Grup E Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar, Rabu (23/11/2022) malam WIB. (AP/Eugene Hoshiko)

Kekalahan pada laga perdana Piala Dunia 2022 memberikan tekanan besar untuk Jerman. Kini mereka harus menang pada dua laga sisa di babak grup untuk bisa lolos ke babak 16 besar.

Neuer menyadari hal itu. Ia bahkan merasa laga melawan Jepang sebagai laga terpenting Jerman pada Piala Dunia 2022.

"Kami berada di bawah tekanan sekarang. Bagi saya ini adalah pertandingan terpenting dan kami kalah,"ujarnya.

"Kami harus menunjukkan wajah yang berbeda melawan Spanyol, lawan yang paling sulit. Kami harus memberikan segalanya dan membawa semua potensi yang kita miliki ke lapangan," tandas eks kiper Schalke 04 itu.

4 dari 5 halaman

Posisi Jerman di Piala Dunia 2022

5 dari 5 halaman

Berita Terkait