Mempermalukan Jerman di Piala Dunia 2022, Jepang Ogah Jemawa

oleh Zulfirdaus Harahap diperbarui 24 Nov 2022, 08:29 WIB
Para pemain Timnas Jepang merayakan gol pertama ke gawang Timnas Jerman yang dicetak Ritsu Doan dalam laga matchday pertama Grup E Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar, Rabu (23/11/2022) malam WIB. (AP/Eugene Hoshiko)

Bola.com, Doha - Kapten Timnas Jepang, Maya Yoshida, mengaku kemenangan 2-1 atas Jerman pada laga pembuka Grup E Piala Dunia 2022 sangat membanggakan. Namun, Yoshida memperingatkan timnya untuk tidak jemawa dengan start bagus tersebut.

Bertanding di Khalifa International Stadium, Timnas Jepang sebenarnya tertinggal lebih dulu melalui gol penalti dari Ilkay Gundogan pada menit ke-33. Namun, semuanya berubah pada babak kedua.

Advertisement

Timnas Jepang berhasil melakukan comeback dramatis dengan mencetak dua gol ke gawang Jerman. Gol tersebut dicetak Ristu Doan (75') dan Takuma Asano (83') yang sukses memberikan kemenangan untuk Jepang atas Jerman.

"Ini suatu kehormatan besar, karena Jerman adalah salah satu negara terbesar di dunia," kata Maya Yoshida seperti dikutip situs resmi FIFA.

2 dari 5 halaman

Ogah Jemawa

Timnas Jepang berfoto sebelum dimulainya laga matchday pertama Grup E Piala Dunia 2022 menghadapi Timnas Jerman di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar, Rabu (23/11/2022) malam WIB. (AP/Luca Bruno)

Maya Yoshida menyebut Timnas Jepang masih memiliki dua laga lagi di babak penyisihan Grup E Piala Dunia 2022. Itulah yang membuat mereka pantang jemawa dan harus fokus ke laga selanjutnya.

"Kami mendapatkan hasil yang bagus, tapi ini baru satu pertandingan. Kami masih melewati dua pertandingan lagi untuk lolos," ucap Maya Yoshida.

"Kami harus fokus, tetap tenang dan bersiap dengan baik untuk pertandingan berikutnya," tegas pemain 34 tahun itu.

3 dari 5 halaman

Dinanti Kosta Rika

Timnas Jerman berusaha keras mencari gol kedua di sisa waktu yang ada. Namun hingga laga usai, skor 2-1 untuk kemenangan Jepang tak berubah. (AP/Ebrahim Noroozi)

Kemenangan atas Jerman membuat Timnas Jepang saat ini berada di urutan kedua klasemen sementara Grup E Piala Dunia 2022. Skuad berjulukan Samurai Biru itu mengoleksi tiga poin, hanya kalah selisih gol dari Spanyol di puncak.

Pada laga selanjutnya, Jepang akan menghadapi Kosta Rika, Minggu (27/11/2022). Laga ini menjadi penentu peluang Jepang untuk melaju ke babak selanjutnya.

4 dari 5 halaman

Intip Persaingan Grup E

5 dari 5 halaman