Persaingan Piala Dunia 2022 Bikin Pelatih Meksiko Puyeng: Semua Berubah Setelah Argentina Kalah dari Arab Saudi!

oleh Wiwig Prayugi diperbarui 26 Nov 2022, 17:30 WIB
Pemain Meksiko Alexis Vega (tengah) menjalani sesi latihan jelang melawan Argentina pada pertandingan sepak bola Grup C Piala Dunia 2022 di Jor, Qatar, Jumat (25/11/2022). Meksiko akan menghadapi Argentina pada 27 November 2022. (AP Photo/Moises Castillo)

Bola.com, Lusail - Pelatih Meksiko, Gerardo Martino mengaku pusing sekaligus takjub dengan persaingan di Piala Dunia 2022. Ia juga mendeklarasikan 'perang' terhadap negaranya sendiri.

Ia berdarah Argentina dan akan menantang negaranya pada matchday kedua fase grup C di Stadion Lusail Iconic, Doha, Minggu (27/11/2022) dini hari WIB.

Advertisement

Martino tak memiliki keraguan sama sekali. Ia menutup buku sebagai warga Argentina untuk sementara.

"Meksiko harus menang, kami akan melakukan segalanya agar Meksiko menang. Tidak ada jawaban lain," kata Martino.

"Saya tahu di mana dilahirkan. Tapil sekarang saya tahu apa yang harus saya lakukan. Saya tidak dapat melakukan hal lain," lanjutnya.

Piala Dunia 2022 akan menjadi pertemuan ke-32 Meksiko dan Argentina. La Abiceleste sejauh ini unggul jauh, dengan 15 kemenangan, 12 imbang, dan 3 seri.

 

2 dari 5 halaman

Keajaiban Lionel Messi

Lionel Messi. menjadi Sosok paling berpengaruh di Timnas Argentina saat ini, pemain berusia 35 tahun ini tercatat telah mengoleksi 19 caps dengan torehan 6 gol dan 5 assist bersama Argentina di ajang Piala Dunia dan berpeluang melewati rekor Diego Maradona sebagai penampil terbanyak. Jumlah tersebut dicatatkannyanya dalam 4 edisi Piala Dunia, yaitu mulai 2006 hingga 2018. Prestasi terbaiknya yaitu saat membawa Argentina menjadi runner-up pada edisi 2014 di Brasil setelah kalah 0-1 (0-0) dari Jerman lewat perpanjangan waktu di partai final. (AFP/Andres Kudacki)

Ketika ditanya tentang bagaimana menghadapi ancaman terbesar bagi Meksiko, Martino tidak bisa tidak menyebut Lionel Messi.

"Mereka yang pernah menghadapi Lionel akan mengatakan hal yang persis sama: Apakah kita bisa menghentikannya atau tidak, itu semua akan lebih tergantung pada apakah dia mengalami hari yang buruk daripada apa yang bisa kita lakukan untuk benar-benar menghentikannya," katanya.

"Namun, kami selalu perlu mempersiapkan seolah-olah Messi akan menunjukkan versi terbaiknya. Kami tidak pernah bisa berspekulasi bahwa mungkin dia tidak akan melakukannya, karena sering terjadi bahwa selama 90 menit, lima menit sudah cukup baginya untuk memutuskan seluruh permainan."

3 dari 5 halaman

Laga Penting

Prediksi Piala Dunia - Argentina Vs Meksiko (Bola.com/Fransiscus Ivan Pangemanan)

Pertandingan nanti akan sama pentingnya bagi kedua belah pihak.

"Ketika kami melihat Argentina ditarik ke grup kami, kami tidak pernah membayangkan skenario yang akan kami hadapi besok," kata Martino.

"Lanskap setelah pertandingan kami melawan Polandia, dan kekalahan Argentina dari Arab Saudi, telah berubah. Bahkan jika Argentina tidak muncul sebagai saingan utama kami sebelumnya, sekarang begitulah dan begitulah cara kami mendekati permainan."

Sumber: Reuters

4 dari 5 halaman

Posisi Ngenes Argentina

5 dari 5 halaman