Piala Dunia 2022: Mbappe dan Messi Jadi Maskot, Seru Nih kalau Prancis Bertemu Argentina di 16 Besar

oleh Gatot Susetyo diperbarui 27 Nov 2022, 21:30 WIB
Ilustrasi - Lionel Messi dan Kylian Mbappe Logo Aice (Bola.com/Bayu Kurniawan Santoso)

Bola.com, Jakarta - Matchday kedua penyisihan Grup C dan D Piala Dunia 2022 menyedot emosi pecandu bola sejagat. Itu terjadi ketika Argentina membungkam Meksiko 2-0 untuk membuka asa melangkah ke babak perempatfinal mewakili Grup C.

Satu partai lain yang juga membuat adrenalin terpompa cepat adalah laga Prancis yang harus main spartan untuk menundukkan Denmark 2-1. Les Blues pun jadi tim pertama yang lolos ke fase lanjutan, setelah di laga pertama mengalahkan Australia 4-1.

Advertisement

Dari dua laga seru itu, harus diakui Kylian Mbappe dan Lionel Messi adalah maskotnya. Mbappe cetak brace menit 61 dan 86. Sedangkan Messi bikin gol menit ke-64 juga assist untuk Enzo Fernandez menit 86.

Asisten pelatih Persik, Johan Prasetyo Wibowo, menuturkan Mbappe dan Messi memang sosok pembeda bagi Prancis dan Argentina di dua partai krusial Piala Dunia 2022 itu.

"Mbappe dan Messi pemain jenius dan bertalenta. Keduanya sosok hebat dengan kelebihan masing-masing," katanya.

2 dari 7 halaman

Faktor Usia

Selebrasi pemain Timnas Argentina, Lionel Messi usai berhasil menjebol gawang Meksiko dalam pertandingan grup G Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Lusail Stadium, Qatar, Minggu (27/11/2022). (AP Photo/Jorge Saenz)

Namun Johan juga menyorot faktor usia dan pengalaman jadi nilai plus keduanya.

"Umur Mbappe masih 23 tahun. Dia sedang panas. Itu usia sama dengan Messi sepuluh tahun lalu. Cepat dan berbahaya bagi lawan. Tapi kali ini, saat usia Messi menginjak 33 tahun, maka pengalaman dan kematangan lah yang bicara," tuturnya.

Johan Prasetyo memaparkan Kylian Mbappe masih bisa tampil untuk dua Piala Dunia lagi. Sedangkan Messi boleh jadi Qatar merupakan Piala Dunia terakhirnya.

"Disini ada dua misi berbeda pada diri dua bintang itu. Mbappe yang sedang on fire pasti berambisi Prancis mempertahankan gelar juara. Sementara Messi ingin menutup karirnya dengan indah bersama Argentina," ujarnya.

3 dari 7 halaman

Seru Pasti

Pemain Timnas Prancis, Kylian Mbappe melakukan selebrasi usai mencetak gol ketiga Timnas Prancis ke gawang Timnas Australia dalam laga matchday pertama Grup D Piala Dunia 2022 di Al Janoub Stadium, Qatar, Rabu (23/11/2022) dini hari WIB. (AP/Christophe Ena)

Namun Johan Prasetyo ingin melihat kehebatan dua striker beda generasi itu jika Prancis dan Argentina bertemu di babak 16 besar nanti.

"Skenario itu bisa saja terjadi. Jika Prancis jadi juara Grup D dan Argentina mentok sebagai runner-up Grup C. Alangkah menariknya bisa melihat kehebatan Mbappe dan Messi di satu lapangan yang sama," ucapnya.

4 dari 7 halaman

Dari Kawan Jadi Lawan

Paris Saint-Germain (PSG) memastikan lolos ke babak 16 Besar Liga Champions 2022/2023 usai menang telak 7-2 atas tamunya Maccabi Haifa pada matchday ke-5 Grup H di Parc des Princes stadium, Rabu (26/10/2022) dini hari WIB. Lima dari tujuh gol PSG disumbang oleh tiga pemain andalan mereka, Kylian Mbappe, Neymar dan Lionel Messi yang akrab dengan sebutan Trio MNM. (AP/Christophe Ena)

Untuk skema babak 16 besar Piala Dunia 2022, tampaknya Prancis tak sulit untuk mempertahankan status sebagai pimpinan klasemen Grup D. Apalagi mereka tinggal menghadapi Tunisia sebagai juru kunci.

Sementara Argentina masih harus berjuang keras untuk lolos ke babak lanjutan. Pasalnya, Tim Tango harus bersaing dengan Polandia dan Arab Saudi. Apalagi, Lionel Messi dkk. akan berebut tiket dengan Polandia yang saat ini memimpin Grup C. Sedangkan Arab Saudi bertemu Meksiko.

5 dari 7 halaman

Posisi Argentina

6 dari 7 halaman

Posisi Prancis

7 dari 7 halaman

Berita Terkait