Keok dari Maroko, Belgia Tetap Dijagokan Tembus 16 Besar Piala Dunia 2022

oleh Gatot Susetyo diperbarui 28 Nov 2022, 13:00 WIB
Timnas Belgia berfoto sebelum dimulainya laga matchday kedua Grup F Piala Dunia 2022 menghadapi Timnas Maroko di Al Thumama Stadium, Doha, Qatar, Minggu (27/11/2022) malam WIB. (AP/Manu Fernandez)

Bola.com, Kediri - Belgia pantas meradang usai digebuk Maroko 0-2 pada laga kedua penyisihan Grup F Piala Dunia 2022 di Stadion Al Thumama, Minggu (27/11/2022).

Kekalahan itu membuat posisi Si Setan Merah (julukan Timnas Belgia) melorot ke urutan ketiga di bawah Kroasia dan Maroko dengan tetap mengemas tiga poin. Sedangkan Kroasia dan Maroko sama-sama mengoleksi empat poin.

Advertisement

Meski peluang Timnas Belgia melangkah ke babak 16 besar menipis, namun mantan pemain Timnas Indonesia Bambang Drajad tetap yakin Romelu Lukaku dkk. masih bisa lolos dari lubang jarum.

"Sejak Piala Dunia Qatar digelar, saya jagokan Belgia. Tapi perjalanan mereka bikin saya was-was juga. Habis menang atas Kanada, mereka malah kalah dari Maroko. Inilah asyiknya nonton Piala Dunia," kata Bambang Drajad.

2 dari 5 halaman

Inkonsisten

Pemain Timnas Belgia, Thomas Meunier (kiri) berebut bola dengan pemain Timnas Maroko, Noussair Mazraoui dalam laga matchday kedua Grup F Piala Dunia 2022 di Al Thumama Stadium, Doha, Qatar, Minggu (27/11/2022) malam WIB. (AP/Christophe Ena)

Eks penggawa Timnas Garuda seangkatan dengan pelatih Dewa United, Nil Maizar ini menilai performa Belgia memang angin-anginan.

"Saya yakin Belgia bisa lolos. Tapi cukup berat, karena pertandingan terakhir grup melawan Kroasia. Tak ada yang mustahil di sepak bola. Belgia harus menang," ujarnya.

3 dari 5 halaman

Ajang Pembuktian

Usai tertinggal satu gol, Timnas Belgia berusaha mencari gol penyeimbang dengan lebih menggencarkan serangan. Terbukti, Romelu Lukaku dimasukkan pelatih Roberto Martinez pada menit ke-81. (AP/Frank Augstein)

Apapun hasilnya, lanjut pelatih Persedikab Kediri ini, duel Kroasia kontra Belgia sangat menarik. Keduanya adalah semifinalis Piala Dunia 2018 di Rusia.

Di pertandingan terakhir, Kroasia jadi runner-up setelah dikalahkan Prancis 2-4. Sementara Belgia merebut juara ketiga dengan mengalahkan Inggris 2-0.

"Kita nikmati saja. Ini akan jadi pembuktian runner-up atau juara ketiga Piala Dunia 2018 yang akan menang. Tapi saya tetap pegang Belgia," ucapnya.

4 dari 5 halaman

Intip Persaingan Grup F di Piala Dunia 2022

5 dari 5 halaman

Berita Terkait