Portugal Lolos ke 16 Besar Piala Dunia 2022, Ruben Dias Apresiasi Semangat Juang Tim

oleh Zulfirdaus Harahap diperbarui 29 Nov 2022, 05:59 WIB
Pemain timnas Portugal, Cristiano Ronaldo memeluk rekan satu timnya, Bruno Fernandes usai menjebol gawang Uruguay dalam pertandingan kedua grup H Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Lusail Stadium, Qatar, Selasa (29/11/2022). (AP Photo/Martin Meissner)

Bola.com, Lusail - Timnas Portugal berhasil melenggang ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Uruguay dengan skor 2-0, Selasa (29/11/2022) dini hari WIB. Ruben Dias mengapresiasi semangat juang timnya sepanjang pertandingan.

Melakoni matchday kedua Grup H Piala Dunia 2022 di Lusail Stadium, Timnas Portugal mendapatkan perlawanan ketat dari Uruguay pada babak pertama. Cristiano Ronaldo dkk dipaksa bermain imbang tanpa gol dalam 45 menit pertama itu.

Advertisement

Timnas Portugal akhirnya membuka keunggulan pada menit ke-54 melalui Bruno Fernandes. Kemenangan Portugal akhirnya dipertegas oleh Bruno Fernandes lagi melalui tendangan penalti pada menit ke-90+3. Hingga laga usai tak ada gol tambahan.

"Tentu saja kami bahagia bisa loloske babak selanjutnya. Akan tetapi, kami lebih bahagia dengan semangat tim, terutama pada babak kedua," kata Ruben Dias seperti dikutip situs resmi FIFA.

2 dari 5 halaman

Sudah Cukup

Portugal pada akhirnya memang layak menang dan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Dari dua kemenangan beruntun Portugal Cristiano Ronaldo sudah mencetak satu gol. Sedangkan Bruno Fernandes menjadi top skor sementara di timnas Portugal dengan torehan dua gol dan dua assist. (AP Photo/Aijaz Rahi)

Tambahan tiga poin hasil kemenangan 2-0 atas Uruguay sudah cukup mengantarkan Timnas Portugal ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Klub asuhan Fernando Santos itu mengoleksi enam poin hasil dua kali bermain.

Portugal unggul tiga angka dari pesaing terdekat yakni Ghana. Pada laga selanjutnya, Portugal akan menghadapi Korea Selatan (2/12/2022).

Ini jadi kesempatan buat Portugal dalam menyapu bersih laga penyisihan grup. Menarik untuk menyaksikan duel tersebut.

3 dari 5 halaman

Layak Menang

Pemain timnas Portugal, Cristiano Ronaldo menendang bola dihalangi oleh pemain Uruguay Jose Gimenez dalam pertandingan kedua grup H Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Lusail Stadium, Qatar, Selasa (29/11/2022). (AP Photo/Martin Meissner)

Timnas Portugal sangat layak mengalahkan Uruguay pada pertandingan tersebut. Statistik FIFA mencatat, Portugal tampil dominan sepanjang pertandingan.

Portugal menguasai 60 persen penguasaan bola. Adapun Uruguay memiliki 40 persen sisanya.

Portugal juga sukses melepaskan 15 tembakan yang tiga di antaranya akurat. Sementara itu, Uruguay mendapatkan 11 peluang yang tiga di antaranya tepat sasaran.

4 dari 5 halaman

Intip Persaingan di Grup H

5 dari 5 halaman

Berita Terkait