Foto: Cody Gakpo Cetak Gol Lagi, Bawa Belanda Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022 sebagai Juara Grup A

oleh Ikhwan Yanuar Harun diperbarui 30 Nov 2022, 01:13 WIB
Belanda sukses melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 sebagai pemuncak klasemen Grup A Piala Dunia setelah mengalahkan Qatar dengan skor 2-0 pada Selasa (29/11/2022). (AP/Lee Jin-man)
Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Al Bayt tersebut, Memphis Depay untuk pertama kalinya dimainkan sebagai starting XI oleh Louis van Gaal. (AP/Lee Jin-man)
Cody Gakpo menjadi pencetak gol pertama timnya pada menit ke-26. Berawal dari umpan satu dua dengan Davy Klaassen, Gakpo lewat aksi individunya berhasil melewati beberapa pemain Qatar sebelum melesatkan bola ke gawang yang dijaga Meshaal Barsham. (AP/Petr David Josek)
Berbeda dari dua laga sebelumnya, Qatar terlihat bermain lebih lepas pada matchday terakhir mereka. Almoez Ali (kiri) dan kolega juga sempat mengancam Belanda. (AP/Lee Jin-man)
Sayang, Qatar tak mampu menyamakan kedudukan di babak pertama. Keunggulan 1-0 Belanda bertahan hingga waktu turun minum. (AP/Petr David Josek)
Empat menit setelah kembali dari kamar ganti, Belanda berhasil menambah keunggulan menjadi 2-0 lewat Frankie de Jong. Pemain Barcelona itu sukses memanfaatkan bola liar sepakan Depay yang ditepis oleh kiper Qatar, Meshaal Barsham. (AP/Darko Bandic)
Steven Berghuis (kanan) dan Vincent Janssen kemudian dimasukkan oleh Louis van Gaal untuk menggantikan Davy Klaassen dan Memphis Depay. Dua menit kemudian, Berghuis sempat sukses menggetarkan jala gawang Qatar untuk yang ketiga kalinya. Sayang, gol itu dianulir setelah wasit meninjau VAR karena Cody Gakpo, yang pemberi umpan, tertangkap melakukan handball. (AP/Ariel Schalit)
Skor 2-0 pun bertahan hingga akhir laga. Kemenangan Belanda atas Qatar tersebut berhasil mengantarkan belanda lolos ke babak 16 besar dengan predikat juara grup A Piala Dunia 2022. Skuad berjuluk Oranje itu sukses mengoleksi 7 poin. (AP/Lee Jin-man)
Sementara itu, tuan rumah Qatar untuk ketiga kalinya harus merasakan kekalahan. Hasil tersebut membuat Al Haidos dan kolega harus karam di dasar klasemen Grup A dengan raihan 0 poin. (AP/Petr David Josek)

Berita Terkait