Jurgen Klinsmann: Jerman Gagal ke 16 Besar Piala Dunia 2022 Rasanya Seperti 10 Bencana Alam

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 01 Des 2022, 19:30 WIB
Youssoufa Moukoko. Striker Timnas Jerman yang bermain di Borussia Dortmund ini menjadi pemain termuda yang telah melakukan debutnya di matchday pertama fase Grup E Piala Dunia 2022 saat diturunkan pelatih Hansi Flick menghadapi Jepang pada menit ke-90 menggantikan Serge Gnabry (23/11/2022). Saat itu ia baru berusia 18 tahun dan 3 hari. Sayang, debutnya harus berakhir dengan kekalahan 1-2 dari Jepang. (AP/Matthias Schrader)

Bola.com, Jakarta - Jerman terancam gagal lolos dari fase grup Piala Dunia 2022. Jika benar-benar terjadi, Jurgen Klinsmann menilai itu akan jadi bencana besar buat sepak bola Bavaria.

Kekalahan Jepang 0-1 dari Kosta Rika makin memberatkan langkah Jerman di Piala Dunia 2022. Apalagi anak asuh Hansi Flick itu baru mengoleksi satu poin yang didapat kala berjumpa Spanyol pada matchday 2 Grup E.

Advertisement

Saat ini Jerman berada di posisi buncit, sementara Jepang dan Kosta Rika di peringkat 2 dan 3. Spanyol di puncak klasemen dengan koleksi empat poin.

Ini artinya, Jerman harus menang atas Kosta Rika seraya berharap Spanyol bisa menjungkalkan Jepang agar bisa menyegel tiket ke 16 besar Piala Dunia 2022.

 

2 dari 5 halaman

Periode Buruk

Pemain Timnas Jerman, Ilkay Gundogan (tengah) melakukan selebrasi usai mencetak gol lewat eksekusi penalti ke gawang Timnas Jepang dalam laga matchday pertama Grup E Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar, Rabu (23/11/2022) malam WIB. (AP/Luca Bruno)  

Pada Piala Dunia 2018, Jerman juga kandas di babak grup. Mereka kalah bersaing dengan Korea Selatan, Meksiko, dan Swedia.

Periode buruk berlanjut tatkala Jerman ditekuk Inggris pada Piala Eropa 2020 dengan skor 0-2. Kekalahan itu berujung pada mundurnya Joachim Low sebagai manajer.

Hasil minor pada dua turnamen besar itu jelas menandakan ada yang salah dengan Timnas Jerman. Muka mereka kini akan ditentukan dalam waktu 90 menit kala bersua Kosta Rika, Jumat (2/12/2022) dini hari WIB.

 

3 dari 5 halaman

Kok Bisa Sih?

Selebrasi pemain Timnas Jerman, Niclas Fullkrug (kanan) usai menjebol gawang Spanyol dalam pertandingan Grup E Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Al Bayt Stadium, Qatar, Senin (28/11/2022). (AP Photo/Luca Bruno)

Minimnya kans Jerman untuk lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022, menurut pendapat Jurgen Klinsmann, disebabkan oleh kekalahan dari Jepang. Padahal, rakyat Jerman ingin perbaikan usai bencana di Rusia empat tahun lalu.

"Setelah bencana di Rusia, keinginan fans Jerman sangat jelas, minimal lolos dari fase grup dulu deh. Kami semua selalu ingin juara Piala Dunia. Buat saya, sampai semifinal saja sudah bisa ditolerir," ungkap Klinsmann di podcast World Football in Qatar.

"Kita berbicara kemungkinan Jerman gagal lolos dari fase grup lagi, jadi bisa dikatakan kalau benar kejadian maka rasanya seperti 10 kali bencana alam," katanya lagi.

Sumber: BBC

4 dari 5 halaman

Posisi Jerman di Grup E Piala Dunia 2022

Berita Terkait