Bola Sudah Out atau Belum? Penjelasan Gol Kontroversial Jepang ke Gawang Spanyol yang Buat Jerman Tersingkir dari Piala Dunia 2022

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 02 Des 2022, 06:47 WIB
Jepang kembali berhasil mengoyak Unai Simón untuk kedua kalinya. Gol itu dicetak oleh Ao Tanaka melalui assist kontroversial Kaoru Mitoma yang oleh wasit Victore Gomez disahkan setelah meninjau VAR. (AP/Eugene Hoshiko)

Bola.com, Doha - Sejumlah pihak menganggap gol kedua Timnas Jepang ke gawang Timnas Spanyol yang dicetak oleh Ao Tanaka pada menit ke-51 di Piala Dunia 2022 tidak sah. Apa sebab? Bola telah lebih dulu keluar dari lapangan.

Kejadian bermula dari umpan Ritsu Doan ke tiang dua Timnas Spanyol. Namun, bola mengalir terlalu deras. Tapi, Kaoru Mitoma tetap berusaha untuk mengejar bola itu.

Advertisement

Kaoru Mitoma sampai memerosot untuk menyelamatkan bola agar tidak out dan berhasil. Bola lalu mengarah ke bibir gawang Spanyol. Ao Tanaka lantas tinggal menyambar bola dengan lututnya.

Gawang Timnas Spanyol telah kosong-melompong karena kiper Unai Simon memilih untuk jatuh-bangun ketika umpan Ritsu Doan ternyata dapat diambil oleh Kaoru Mitoma.

2 dari 8 halaman

Aturan IFAB

Skor 2-1 bertahan hingga laga usai. Jepang menang atas Spanyol saat matchday ketiga Grup E dan lolos ke babak 16 Besar Piala Dunia 2022 sebagai pemuncak klasemen. Samurai Biru nantinya akan berjumpa dengan Kroasia sebagai runner up Grup F. Sementara Spanyol akan berhadapan dengan Maroko. (AP/Julio Cortez)

Sepintas dari tayangan ulang, bagian bawah atau dudukan bola telah keluar dari garis lapangan sebelum disapu oleh Kaoru Mitoma. Namun, wasit dan VAR mengacu kepada aturan International Football Association Board (IFAB).

The Athletic mengulas bahwa hakim garis Souru Phatsoane sempat memberikan isyarat bahwa bola telah out. Tapi, wasit Victor Gomes memilih untuk mengecek VAR.

Dalam 'Law 9 The Ball In and Out Of Play' IFAB yang dimuat di situs theifab.com, bola dianggap keluar jika keseluruhan bola telah melewati garis lapangan baik di tanah atau di udara.

3 dari 8 halaman

Bola Belum Out

Selebrasi sejumlah pemain timnas Jepang usai Ritsu Doan menjebol gawang Spanyol dalam pertandingan grup E Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Khalifa International Stadium, Doha, Jumat (2/12/2022). (AP Photo/Petr David Josek)

Pada kejadian Kaoru Mitoma, meski bagian bawah atau dudukan bola sudah out dari garis, namun sisi bola masih bersentuhan dengan garis jika dilihat dari atas.

Sudut pandang yang berbeda, terutama dari samping membuat bola terlihat seolah-olah telah keluar, padahal belum out jika dilihat dalam tayangan ulang dari angle atas.

Wasit Victor Gomes tidak sampai memeriksa monitor VAR untuk mengesahkan gol tersebut, melainkan hanya mendengar ofisial VAR melalui alat pendengarnya.

4 dari 8 halaman

Gol Kemenangan

Sistem teknologi garis gawang tidak dapat mengecek insiden itu karena sistemnya hanya berlaku untuk bola di garis gawang, bukan di garis lainnya.

The Athletic mengungkapkan bahwa FIFA belum merilis gambar yang menunjukkan bola masih berkaitan dengan garis lapangan sehingga bola dianggap belum keluar.

Gol Ao Tanaka itu sekaligus menjadi gol kemenangan Jepang atas Spanyol 2-1 dalam matchday terakhir Grup E Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Al Rayyan pada Jumat (2/12/2022) dini hari WIB.

5 dari 8 halaman

Jerman Tersingkir

Kemenangan Jepang atas Spanyol membuat Jerman tersingkir dari Piala Dunia 2022 meski berhasil menghajar Kosta Rika 4-2 di Al Bayt Stadium, Al Khor pada hari dan jam yang sama.

Jepang mampu menjadi juara Grup E Piala Dunia 2022 dengan enam poin, disusul Spanyol di peringkat kedua lewat empat angka. Sementara, Jerman berada di posisi ketiga dengan empat poin, namun kalah selisih gol dari Spanyol.

6 dari 8 halaman

Angle Bola dari Atas

7 dari 8 halaman

Klasemen Akhir Grup E Piala Dunia 2022

Berita Terkait