Laporan dari Qatar: Selebrasi Fans Maroko Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022, sampai Subuh dan Yakin Bekuk Spanyol

oleh Hendry Wibowo diperbarui 02 Des 2022, 17:00 WIB
Selebrasi fans Maroko usai membekuk Kanada dengan skor 2-1 di Piala Dunia 2022. (Ade Yusuf Satria/Bola.com)

Laporan Ade Yusuf Satria dan Hendry Wibowo dari Qatar

Kami jadi saksi sukses Timnas Maroko mencetak sejarah untuk kali pertama sejak edisi 1986 tembus babak knockout pada ajang Piala Dunia 2022.

Advertisement

Di Stadion Al Thumama, Maroko sukses membekuk Kanada dengan skor 2-1 lewat gol Hakim Ziyech dan Youssef En-Nesyri. Timnas Maroko pun lolos ke fase knockout sebagai pemucan klasemen.

Patauan kami, Stadion Al Thumama didominasi fans Maroko. Saat wasit Raphael Claus meniup peluit tanda laga berakhir, mereka melakukan selebrasi bak baru saja menjadi juara dunia.

Bukan cuma di dalam stadion, selebrasi juga terjadi di luar Al Thumama. Salah satu penonton yang kami tanya, selebrasi bakal dilakukan sampai subuh.

"Pesta kami akan berlanjut sampai subuh," ujar Malek Alami dari Marrakesh sembari mengatakan kemenangan atas Kanada adalah momen paling bahagia dalam hidupnya.

"Saya kehabisan kata-kata, begitu banyak perasaan bahagia. Ini sebuah pencapaian luar biasa buat kami," kata Malek Alami.

2 dari 5 halaman

Yakin Hadapi Spanyol

Gelandang Maroko, Hakim Ziyech (7) berselebrasi dengan dikelilingi oleh rekan satu timnya setelah mencetak gol ke gawang Kanada pada pertandingan grup F Piala Dunia 2022 di Stadion Al Thumama di Doha, Qatar, Kamis (1/12/2022). Hasil ini membuat Maroko lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 dengan status juara Grup F dengan perolehan tujuh poin. Sementara runner up jadi milik Kroasia. (AP Photo/Pavel Golovkin)

Pada fase knockout, Timnas Maroko akan menghadapi Spanyol. Fans Atlas Lions lainnya punya keyakinan mereka bisa mengalahkan La Furia Roja.

"Saya pikir kami bisa meraih lebih banyak kemenangan atau mungkin bahkan juara dunia," kata fans Maroko lainnya, Sulaiman.

"Mereka sudah membuat kami bahagisa. Saya tidak ingin menambahkan beban mereka," lanjut pria yang mengidolai Hakim Ziyech itu.

3 dari 5 halaman

Pelajaran Buat Kanada

Penyerang Maroko, Abderrazak Hamdallah berebut bola dengan pemain Kanada, Jonathan David selama pertandingan grup F Piala Dunia 2022 di Stadion Al Thumama di Doha, Qatar, Kamis (1/12/2022). Maroko menang tipis atas Kanada dengan skor 2-1. (AP Photo/Frank Augstein)

Sementara itu fans Kanada lebih legawa menerima kenyataan tim kesayangan mereka mengakhiri Piala Dunia 2022 tanpa kemenangan.

Seperti yang dikatakan Kelly White. Menurutnya kegagalan di Piala Dunia 2022 bisa dijadikan pelajaran untuk Piala Dunia 2026 di mana mereka berstatus tuan rumah.

"Saya pikir kami sudah menjalani pertandingan dengan baik, meski tidak menyenangkan kalah," kata Kelly.

"Tapi buat kami turnamen ini merupakan bukti bahwa Kanada adalah negara sepak bola. Kami bisa bersaing di level dunia," tambahnya.

Walau selalu kalah, pada tiga pertandingan Piala Dunia 2022, Kanada setidaknya selalu mencetak satu gol.

 

4 dari 5 halaman

Klasemen Akhir

5 dari 5 halaman