Jurgen Klinsmann: Jerman Pulang Kampung dari Piala Dunia 2022, Siap-siap Saja Disambut Hujatan

oleh Wiwig Prayugi diperbarui 02 Des 2022, 20:45 WIB
Para pemain tim Jerman meninggalkan lapangan setelah bertanding melawan Kosta Rika pada grup E Piala Dunia 2022 Qatar di di Stadion Al Bayt di Al Khor, Qatar, Jumat (2/12/2022). Jerman menang atas Kosta Rika dengan skor 4-2. (AP Photo/Ariel Schalit)

Bola.com, Jakarta - Jurgen Klinsmann meminta federasi sepak bola Jerman bertaggung jawab setelah Der Panzer tersingkir dari Piala Dunia 2022.

Mantan striker Tottenham dan Bayern Munchen itu yakin para pemain berada di belakang pelatih Jerman Hansi Flick.

Advertisement

"Saya tidak tahu, saya tahu orang-orang di FA, saya tahu Hansi Flick dengan baik dan saya melihat tim yang dari sudut pandang sikap dan energi mereka memberikan segalanya hari ini," katanya.

"Anda dapat membayangkan mirip dengan Inggris, jika Inggris tersingkir di babak penyisihan grup, apa yang akan dilakukan media di Inggris? Mirip dengan ini di Jerman, itu akan menjadi badai kritik dan sudah terjadi," lanjutnya.

2 dari 5 halaman

Warning

Pemain Jerman, Thomas Mueller (tengah) memberikan pelukan kepada rekannya, Antonio Ruediger setelah gagal lolos ke babak 16 besar saat matchday ketiga Grup E Piala Dunia 2022 melawan Kosta Rika di Al Bayt Stadium, Jumat (02/12/2022). (AP/Hassan Ammar)

Klinsmann menegaskan, kegagalan Jerman lolos ka fase knock out dalam dua edisi Piala Dunia secara beruntun adalah warning besar.

"Ada banyak hal untuk dipikirkan, didiskusikan, dan dianalisis. Mereka tahu bahwa mereka memiliki satu setengah tahun untuk mempersiapkan Euro, yang mereka selenggarakan pada tahun 2024," tandasnya.

"Saya pikir ada banyak talenta dalam skuat itu, banyak talenta. Tapi, mereka belum menemukan tahun-tahun terbaik, seperti yang Anda lihat di beberapa lawan, yang mampu masuk ke gigi keenam atau ketujuh dan Jerman belum," lanjutnya.

3 dari 5 halaman

Jamal Musiala Gendong Jerman

Penyerang Jerman, Jamal Musiala berusaha melewati pemain Kosta Rika, Joel Campbell selama pertandingan grup E Piala Dunia 2022 Qatar di Stadion Al Bayt di Al Khor, Qatar, Jumat (2/12/2022). Tim asuhan Hansi Flick ini kalah selisih gol dari Spanyol yang kalah 1-2 dari Jepang. (AP Photo/Moises Castillo)

Legenda Timnas Jerman itu juga menyoroti performa apik Jamal Musiala.

"Dan dengan cara tertentu, tidak adil baginya bahwa dia harus melalui pengalaman ini sekarang karena hampir seluruh tim bergantung padanya. Itu tidak adil baginya. Jadi saya harap dia tidak mendapat pukulan dari itu, karena dia adalah luar biasa, penuh kreativitas dan, dan dorongan. Jadi saya harap itu tidak bertahan terlalu lama dengannya karena ini waktunya dia berada di tengah musim," katanya.

4 dari 5 halaman

Jerman Tersingkir

5 dari 5 halaman

Berita Terkait