Foto: Momen Indah Daley Blind Rayakan Gol Bersama Sang Ayah, Belanda Jadi Tim Pertama yang Lolos ke Perempatfinal Piala Dunia 2022

oleh Hendriyan diperbarui 04 Des 2022, 02:09 WIB
Timnas Belanda memastikan jadi tim pertama yang lolos ke babak perempatfinal Piala Dunia 2022 usai menekuk Amerika Serikat 3-1 dalam laga babak 16 besar di Khalifa International Stadium, Sabtu (3/12/2022) malam WIB. Salah satu gol Timnas Belanda dicetak oleh Daley Blind dan menjadi gol keduanya dalam dua edisi Piala Dunia yang diikutinya. Sebelumnya ia telah mencetak satu gol pada Piala Dunia 2014 di Brasil. Sementara Denzel Dumfries layak mendapat predikat pemain terbaik dengan satu gol dan dua assistnya. (AFP/Raul Arboleda)
Timnas Belanda dan Amerika Serikat sama-sama bermain terbuka di awal laga dan kerap melakukan serangan cepat yang sempat membuat kesulitan masing-masing lini pertahanan. (AP/Ashley Landis)
Saat laga baru berjalan lima menit, Amerika Serikat mendapatkan peluang emas melalui Christian Pulisic. Tinggal berhadapan dengan kiper Andries Noppert, tendangannya masih mampu dimentahkan refleks kaki sang penjaga gawang. (AP/Martin Meissner)
Lima menit kemudian justru Belanda yang berhasil mencetak gol melalui Memphis Depay. Striker milik Barcelona tersebut berhasil memanfaatkan umpan silang mendatar Denzel Dumfries melalui skema serangan balik cepat. (AP/Martin Meissner)
Amerika Serikat berusaha mencari gol penyeimbang hingga menjelang akhir babak pertama. Namun lini pertahanan Belanda yang dikoordinir Virgil van Dijk sangat sulit ditembus oleh para penyerang Amerika Serikat. (AP/Ebrahim Noroozi)
Di masa injury time babak pertama, Belanda malahan sukses menggandakan keunggulan menjadi 2-0 lewat gol Daley Blind. Gol dicetak lewat skema yang mirip dengan gol pertama dan lagi-lagi Denzel Dumfries menjadi aktor pemasok umpan matang. (AP/Martin Meissner)
Gol tersebut menjadi gol kedua Daley Blind di ajang Pilaa Dunia. Sebelumnya ia telah mencetak satu gol pada Piala Dunia 2014 di Brasil. Gol keduanya ini dirayakan dengan emosional dengan sang ayah, Danny Blind yang juga menjabat sebagai asisten pelatih Timnas Belanda. (AFP/Anne-Christine Poujoulat)
Pernah memperkuat Tim Oranye saat menjadi pemain, namun Danny Blind sama sekali belum pernah membela Belanda di ajang Piala Dunia seperti sang anak. (AFP/Raul Arboleda)
Di babak kedua, Amerika Serikat mampu memperkecil skor menjadi 1-2 pada menit ke-76 melalui gol Haji Wright. Gol berawal dari umpan silang mendatar yang dikirimkan Christian Pulisic dan memantul mengenai kaki Haji Wright dan menghasilkan bola lambung yang tak mampu dijangkau kiper Andries Noppert. (AP/Francsico Seco)
Namun hanya berjarak lima menit, Belanda kembali menjauh 3-1 melalui gol Denzel Dumfries. Gelandang milik Inter Milan tersebut berhasil memanfaatkan umpan matang yang dilepaskan Daley Blind. (AP/Ashley Landis)
Hingga laga usai, skor 3-1 untuk kemenangan Belanda tetap bertahan. Virgil van Dijk dkk pun menjadi tim pertama yang lolos ke babak perempatfinal Piala Dunia 2022. (AP/Ashley Landis)

Berita Terkait