Disingkirkan Argentina dari 16 Besar Piala Dunia 2022, Australia Bikin Rekor Unik Lho

oleh Aryo Atmaja diperbarui 04 Des 2022, 12:00 WIB
Hingga laga usai, skor 2-1 untuk kemenangan Argentina tetap bertahan dan meloloskan Tim Tango ke babak perempatfinal untuk berjumpa Belanda. (AP/Lee Jin-man)

Bola.com, Doha - Australia gugur dari perhelatan Piala Dunia 2022 Qatar. Wakil benua Asia itu menyerah 1-2 di tangan Argentina dalam babak 16 besar di Ahmad bin Ali Stadium, Minggu (4/1/2022) dini hari WIB.

Lionel Messi dan Julian Alvarez menjadi pahlawan kemenangan Argentina atas Australia dalam laga ini. Kedua pemain mencatatkan namanya di papan skor masing-masing di babak pertama dan kedua.

Advertisement

Timnas Australia hanya bisa membalas satu gol melalui Craig Goodwin. Berkat kemenangan ini, Argentina berhak melaju ke babak perempat final dan akan menantang Belanda.

Sebelumnya Belanda menjadi tim pertama yang lolos ke perempat final Piala Dunia 2022 setelah mengandaskan perlawanan Amerika Serikat 3-1. Sementara Australia harus angkat koper dari Piala Dunia 2022.

2 dari 6 halaman

Gol Indah Craig Goodwin

Australia baru mampu memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 pada menit ke-77. Bola tembakan Craig Goodwin dari luar kotak penalti sempat membentur pemain Argentina, Enzo Fernandez hingga bola berubah arah dan mengecoh kiper Emiliano Martinez. (AP/Thanassis Stavrakis)

Argentina unggul dua gol terlebih dulu melalui aksi Lionel Messi dan Julian Alvarez. Australia sempat menghidupkan asa dengan memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 di menit ke-77. 

Craig Goodwin mengoyak jala gawang Emiliano Martinez melalui sebuah tendangan kaki kiri dari jarak jauh. Bola tendangannya sempat berbelok arah ketika mengenai pemain Argentina sebelum bersarang ke gawang.

Australia sempat melancarkan serangan sporadis ke jantung pertahanan Albiceleste. Namun beberapa upaya tak membuahkan hasil hingga pertandingan bubar.

3 dari 6 halaman

Rekor Baru Australia

Dua pemain Timnas Australia, Jamie Maclaren (kanan) dan Craig Goodwin mengambil bola dari dalam gawang usai gol bunuh diri pemain Timnas Argentina, Enzo Fernandez dalam laga babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Ahmad Bin Ali Stadium, Doha, Qatar, Minggu (4/12/2022) dini hari WIB. (AP/Manu Fernandez)

Gol yang dicetak Craig Goodwin ke gawang Argentina dini hari tadi, ternyata menjadi rekor tersendiri bagi Australia. Ya, gol itu menjadi yang pertama bagi The Socceroos di babak gugur sepanjang sejarah keikutsertaannya di Piala Dunia.

Australia pernah melaju ke babak 16 besar di Piala Dunia 2006 Jerman. Namun saat itu kalah 0-1 dari Italia yang akhirnya menjadi jauranya.

4 dari 6 halaman

Tetap Bangga

Pelatih Australia, Graham Arnold bersama salah satu pemainnya, Riley McGree usai mengalahkan Tunisia dalam matchday 2 Grup D Piala Dunia 2022, Sabtu (26/11/2022). (AP Photo/Luca Bruno)

Salah satu penggawa Australia, Jackson Irvine tak dapat menyembunyikan kesedihannya setelah timnya gagal melaju jauh di Piala Dunia 2022. Namun demikian, ia merasa bangga dengan perjuangan seluruh rekannya setim sejak awal turnamen.

"Kami memberikan segalanya, seperti yang kami lakukan setiap menit di kompetisi ini. Sangat bangga dengan semua pemain dan staf," kata gelandang Socceroos Jackson Irvine sambil menangis di pinggir lapangan.

"Saya hanya berharap bahwa semua orang di Australia benar-benar menghormati apa yang telah kami lakukan dan juga bangga dengan kami," kata pelatih Socceroos Graham Arnold.

'Saya harus sangat, sangat bangga dengan para pemain. Sangat berterima kasih atas usaha yang telah mereka lakukan untuk saya,” tegas sang pelatih.

5 dari 6 halaman

Kiprah Australia di Piala Dunia

Australia menjadi tim pertama Asia (AFC) yang berhasil lolos ke babak 16 besar. Nantinya, mereka akan berhadapan dengan juara Grup C. Sementara itu, Timnas Prancis bakal meladeni peringkat kedua Grup C. (AP/Aijaz Rahi)

Timnas Australia sudah enam kali tampil di putaran final Piala Dunia. Prestasi terbaiknya adalah melaju ke babak 16 besar yang terjadi edisi kali ini di Qatar dan 16 tahun silam di Jerman.

Untuk edisi di Qatar, pasukan Graham Arnold sempat menjadi runner-up grup C di bawah Prancis. Mereka punya bekal menang dua kali dan imbang sekali. Namun perjalanan mereka berhenti setelah dikandaskan Argentina di 16 besar.

Sumber: Daily Mail

6 dari 6 halaman

Berita Terkait