Kejutan Timnas Maroko di Piala Dunia 2022 Diprediksi Berlanjut, Spanyol Korban Berikutnya?

oleh Erwin Snaz diperbarui 06 Des 2022, 08:45 WIB
Pemain Timnas Maroko merayakan gol yang dicetak Abdelhamid Sabiri ke gawang Timnas Belgia dengan melakukan sujud syukur dalam laga matchday kedua Grup F Piala Dunia 2022 di Al Thumama Stadium, Doha, Qatar, Minggu (27/11/2022) malam WIB. (AP/Manu Fernandez)

Bola.com, Bandung - Timnas Maroko secara mengejutkan berhasil lolos ke-16 besar Piala Dunia 2022. Bahkan, tim asuhan Walid Regragui itu berhasil melenggang ke fase gugur dengan status juara Grup F.

Maroko hanya menempati Pot 3 pada pengundian fase grup Piala Dunia 2022. Posisi itu membuat skuad yang dijuluki The Atlas Lions tersebut bukan masuk jajaran tim unggulan.

Advertisement

Akan tetapi, Timnas Maroko tampil mengejutkan di Piala Dunia tahun ini. Pada laga pertama Grup F, mereka bermain imbang tanpa gol kontra Kroasia.

Setelah itu, Maroko menang 2-0 atas Belgia dan pada partai terakhir menang 2-1 atas Kanada. Hasil tersebut membuat Timnas Maroko menembus 16 besar sebagai pemuncak Grup F dengan nilai tujuh, unggul dua poin atas Kroasia di urutan kedua.

Pada fase knock-out Piala Dunia 2022, Timnas Maroko akan berhadapan dengan Spanyol di Education City Stadium, Selasa (6/12/2022) malam WIB.

 

2 dari 5 halaman

Kejutan Timnas Maroko Berlanjut

Pemain Maroko Abdelhamid Sabiri (kanan) melakukan selebrasi dengan rekan setimnya Achraf Hakimi (kiri) dan Sofyan Amrabat usai mencetak gol ke gawang Belgia pada pertandingan sepak bola Grup F Piala Dunia 2022 di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, 27 November 2022. Maroko mengalahkan Belgia dengan skor 2-0. (AP Photo/Christophe Ena)

Legenda Persib Bandung, Asep Sumantri, memprediksi Timnas Maroko mampu kembali melanjutkan kejutan pada 16 besar Piala Dunia 2022.

Meski lawan yang dihadapi adalah Timnas Spanyol dan diperkuat para pemain bintang, Maroko diyakini bisa membuat sang lawan kelabakan.

"Saya yakin Maroko bisa kembali menjadi tim kejutan. Apalagi, secara permainan bagus, kerjasama per lini bagus, pada saat menyerang pemain belakang ikut naik dan pada saat bertahan pemain depan langsung ikut bertahan," jelas Asep Sumantri saat dihubungi Bola.com, Senin (5/12/2022) malam WIB.

"Jadi attacking dan defender dari Timnas Maroko itu saya lihat seimbang, tidak ada lini yang kosong saat menyerang maupun bertahan," lanjut Asep.

 

3 dari 5 halaman

Wajib Tampil Disiplin

Pemain Maroko, Hakim Ziyech merayakan gol pertama timnya ke gawang Kanda saat matchday ketiga Grup F Piala Dunia 2022 di Al Thumama Stadium, Doha Kamis (01/12/2022). (AP/Pavel Golovkin)

Maka itu, tim kuda hitam seperti Maroko, lanjut eks pemain Persib era 90an itu akan menyulitkan bagi Timnas Spanyol nanti. Tetapi syaratnya, Maroko tetap bermain disiplin.

"Maroko ini menurut saya tim under dog, mereka bermain secara kebersamaan, tidak menonjolkan individu, disiplin penjagaan juga bagus, man to man marking mereka bagus," tutur Asep.

 

4 dari 5 halaman

Menang Tipis atas Spanyol

Gelandang Maroko, Hakim Ziyech (7) berselebrasi dengan dikelilingi oleh rekan satu timnya setelah mencetak gol ke gawang Kanada pada pertandingan grup F Piala Dunia 2022 di Stadion Al Thumama di Doha, Qatar, Kamis (1/12/2022). Hasil ini membuat Maroko lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 dengan status juara Grup F dengan perolehan tujuh poin. Sementara runner up jadi milik Kroasia. (AP Photo/Pavel Golovkin)

Oleh karena itu, mantan asisten pelatih Persib Bandung tersebut merasa optimistis Maroko mampu menghadapi lawan sekelas Timnas Spanyol, yang terkenal dengan permainan tiki taka.

"Maroko ada momen yang bisa umpan terobosan ke pertahanan lawan, nanti yang muncul second striker. Selain itu, mereka juga mempergunakan serangan menyilang lewat sayap kanan, tiba-tiba muncul bola silang ke kiri," ucap Asep.

"Tetapi, Maroko harus bisa mengantisipasi crosing-crosing dari Timnas Spanyol dan duel di kotak penalti, man to man marking. Jadi Saya yakin Maroko akan memberikan kejutan kembali, walaupun prediski saya skornya tipis 1-0 atau 2-1 untuk kemenangan Maroko," tambah Ujeb sapaan akrabnya.

5 dari 5 halaman

Berita Terkait