Foto: Dominik Levakovic Pupuskan Langkah Jepang di Babak 16 Besar Piala Dunia 2022, Kroasia Menang Adu Penalti

oleh Ikhwan Yanuar Harun diperbarui 06 Des 2022, 01:33 WIB
Kroasia berhasil mengalahkan Jepang di babak 16 besar Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Al Janoub Stadium, Senin (05/12/2022). Kemenangan skuad berjuluk Vatreni ini tak lepas dari penampilan gemilang Dominik Levakovic yang sukses menghalau tiga tembakan penalti pemain Jepang pada babak tos-tosan. (AFP/Ozan Kose)
Kroasia tampil dominan di awal babak pertama. Mereka bahkan beberapa kali sempat mengancam gawang Jepang yang dikawal Shuichi Gonda. (AP/Ricardo Mazalan)
Seiring berjalannya waktu, Jepang mampu mengimbangi permainan dan menciptakan peluang-peluang berbahaya. (AP/Thanassis Stavrakis)
Laga yang awalnya diprediksi akan berakhir dengan skor kacamata di babak pertama, secara mengejutkan berubah pada menit ke-43 setelah Daizen Maeda mencetak gol pembuka. (AP/Thanassis Stavrakis)
Penyerang Glasgow Celtic ini sukses menyarangkan bola liar tepat di muka gawang Kroasia yang dijaga oleh Dominik Livakovic. Skor 1-0 pun menutup babak pertama laga. (AP/Thanassis Stavrakis)
Keunggulan Jepang tak bertahan lama setelah Ivan Perisic sukses mencetak gol penyeimbang 1-1 pada menit ke-55. Pemain Tottenham Hotspur itu berhasil menanduk bola umpan silang dari Dejan Lovren. (AP/Thanassis Stavrakis)
Skor 1-1 membuat kedua tim saling berbalas serangan. Jepang dan Kroasia berebut kemenangan untuk melaju ke babak perempatfinal. (AP/Alessandra Tarantino)
Hingga peluit panjang akhir pertandingan, tak ada gol yang tercipta dari Jepang maupun Kroasia. Laga pun dilanjutkan dengan extratime. (AFP/Adrian Dennis)
Kedua tim berusaha mencetak gol untuk mengakhiri laga lebih cepat di laga tambahan 2x15 menit itu. Namun, skor 1-1 lagi-lagi tak berubah hingga waktu usai. (AP/Francisco Seco)
Penalti menjadi jalan terakhir untuk menentukan pemenang di laga tersebut. (AFP/Ozan Kose)
Kiper Kroasia, Dominik Livakovic tampil mengagumkan saat babak tos-tosan itu. Ia berhasil mengamankan tiga tendangan dari pemain Jepang, yaitu Takumi Minamino, Kaoru Mitoma, dan Maya Yoshida. (AP/Luca Bruno)
Mario Pasalic (kanan) berhasil menjadi algojo penentu kemenangan Kroasia. Skuad asuhan Zlatko Dalić menang penalti 3-1 atas Jepang. (AP/Thanassis Stavrakis)
Kroasia nantinya akan berjumpa dengan pemenang antara Korea Selatan dan Brasil di babak perempatfinal Piala Dunia 2022. (AFP/Jawel Samad)

Berita Terkait