Foto: Termasuk Maroko, Ini Dia 4 Negara Afrika yang Pernah Lolos hingga Babak Perempatfinal Piala Dunia

oleh Hendriyan diperbarui 07 Des 2022, 17:03 WIB
Sepanjang sejarah Piala Dunia, pencapaian tertinggi negara-negara Afrika adalah dengan mencapai babak perempatfinal alias 8 besar. Belum ada satu pun wakil Afrika yang mampu lolos lebih jauh dari babak perempatfinal. Termasuk Maroko pada edisi terbaru 2022 di Qatar yang masih berpeluang lolos ke semifinal, ini dia 4 negara Afrika yang mampu menembus babak perempatfinal Piala Dunia sepanjang sejarah. (AFP/Javier Soriano)
Kamerun. Negara Afrika pertama yang mampu menembus babak perempatfinal di Piala Dunia adalah Kamerun pada edisi 1990 di Italia. Berstatus juara Grup B, Kamerun kemudian menang 2-1 atas Kolombia di babak 16 besar melalui perpanjangan waktu. Sayang, di babak perempatfinal Roger Milla dkk harus mengakui keunggulan Inggris dengan skor 2-3 dalam laga yang juga harus diyuntaskan dengan perpanjangan waktu. (AFP/Georges Gobet)
Senegal. Negara Afrika kedua yang mampu lolos hingga babak perempatfinal di Piala Dunia adalah Senegal pada edisi 2002 di Jepang dan Korea Selatan. Berstatus runner-up Grup A, Senegal yang pada fase grup menumbangkan juara bertahan Prancis di laga pembuka, kemudian menang 2-1 atas Swedia di babak 16 besar melalui perpanjangan waktu. Di babak perempatfinal El Hadji Diouf dkk akhirnya tersingkir usai kalah 0-1 dari Turkey lewat perpanjangan waktu. (AFP/Pedro Ugarte)
Ghana. Negara Afrika ketiga yang mampu menembus babak perempatfinal di Piala Dunia adalah Ghana pada edisi 2010 di Afrika Selatan. Berstatus runner-up Grup D di bawah Jerman, Ghana kemudian menang 2-1 atas Amerika Serikat di babak 16 besar melalui perpanjangan waktu. Sayang, di babak perempatfinal Kevin-Prince Boateng dkk harus mengakui keunggulan Uruguay melalui adu penalti dengan skor 2-4, setelah hingga babak perpanjangan waktu skor sama kuat 1-1. (AFP/Rodrigo Arangua)
Maroko. Maroko menjadi negara Afrika terbaru alias keempat yang mampu lolos ke perempatfinal di Piala Dunia edisi terbaru pada 2022 di Qatar. Achraf Hakimi dkk bahkan bisa menjadi wakil Afrika pertama yang mampu lolos hingga semifinal bahkan menjadi juara jika mampu memenangi laga perempatfinal melawan Portugal. Pada fase grup, Maroko berhasil memuncaki Grup F di atas Kroasia dan mampu membuat Belgia angkat koper lebih awal. Pada fase knock-out, Spanyol menjadi korban keganasan Maroko di babak 16 besar dengan kemenangan 3-0 (0-0) lewat adu penalti. (AFP/Javier Soriano)

Berita Terkait