Foto: Barisan 4 Pemain Portugal yang Sukses Cetak Hattrick di Ajang Piala Dunia, Goncalo Ramos Terbaru

oleh Hendriyan diperbarui 08 Des 2022, 13:03 WIB
Sepanjang sejarah Piala Dunia, Portugal yang prestasi terbaiknya di ajang Piala Dunia adalah menempati posisi ketiga pada edisi 1966 di Inggris, telah banyak menghasilkan pemain-pemain terbaik sepanjang keikutsertaannya. Seperti 4 pemain berikut yang mampu mencetak hattrick dalam satu edisi Piala Dunia. Siapa saja? Berikut daftar lengkapnya. (AP/Manu Fernandez)
Eusebio. Eks striker Portugal yang wafat pada 5 Januari 2014 dalam usia 71 tahun ini menjadi pemain Portugal pertama yang berhasil mencetak hattrick di ajang Piala Dunia. Momen itu terjadi dalam debut Portugal di ajang Piala Dunia pada edisi 1966 di Inggris. Saat laga perempatfinal menghadapi Korea Utara (23/7/1966) Eusebio mencetak 4 gol dalam laga yang berakhir 5-3. Di akhir turnamen, Portugal pun dibawanya menduduki peringkat ketiga dan Eusebio sendiri dinobatkan sebagai top skor dengan 9 gol. (AFP/Staff)
Pauleta. Eks striker Portugal berusia 49 tahun yang telah pensiun pada Juli 2011 ini menjadi pemain Portugal kedua yang berhasil mencetak hattrick di ajang Piala Dunia. Momen itu terjadi dalam keikutsertaan Portugal yang ketiga kali di ajang Piala Dunia pada edisi 2002. Saat laga kedua di fase Grup D menghadapi Polandia (10/6/2002) Pauleta mencetak 3 gol dalam laga yang berakhir 4-0. (AFP/Emmanuel Dunand)
Sayang, Portugal yang hanya mengemas tiga poin dari satu kali menang dan dua kali kalah harus tersingkir di fase grup usai hanya menempati posisi ketiga di bawah Korea Selatan dan Amerika Serikat. Total, Pauleta mampu mencetak 3 gol dan 1 assist bagi Portugal di Piala Dunia 2002. (AFP/Pascal Guyot)
Cristiano Ronaldo. Pemain ketiga Portugal yang mampu mencetak hattrick di Piala Dunia adalah Cristiano Ronaldo, yang baru saja membuat rekor di Piala Dunia 2022 sebagai pemain pertama yang selalu mencetak gol dalam 5 edisi Piala Dunia. Hattrick CR-7 terjadi pada Piala Dunia 2018 saat ia mencetak 3 gol kala bermain imbang 3-3 dengan Spanyol di laga pembuka Grup B (15/6/2018). (AFP/Odd Andersen)
Hattrick Cristiano Ronaldo ke gawang Spanyol pada edisi 2018 juga mencatatkannya sebagai pemain tertua yang mampu mencetak hattrick sepanjang sejarah Piala Dunia. (AFP/Odd Andersen)
Goncalo Ramos. Pemain keempat Portugal alias terbaru yang mampu mencetak hattrick di Piala Dunia adalah Goncalo Ramos. Striker beusia 21 tahun milik Benfica ini mampu mencetak tiga gol saat Portugal menang 6-1 atas Swiss pada babak 16 Besar Piala Dunia 2022 (6/12/2022). Keberhasilannya tak lepas dari kebijakan pelatih Fernando Santos mencadangkan Cristiano Ronaldo dalam laga melawan Swiss. (AP/Alessandra Tarantino)

Berita Terkait