Goncalo Ramos dan 3 Penyerang Portugal yang Mencetak Hattrick di Piala Dunia: Kira-kira Ronaldo Masuk Daftar?

oleh Ario Yosia diperbarui 08 Des 2022, 22:24 WIB
16 menit kemudian, Ramos sukses membobol gawang Swiss untuk yang ketiga kalinya sekaligus mencatatkan diri sebagai pencetak hattrick pertama di Piala Dunia 2022. (AP/Alessandra Tarantino)

Bola.com, Jakarta - Fernando Santos mengambil keputusan besar saat Portugal menghadapi Swiss di babak 16 besar Piala Dunia 2022, Rabu (7/12/2022) Dia meminggirkan Cristiano Ronaldo di bangku cadangan.

Keputusan berani ini terbukti sangat tepat. Bruno Fernandes cs. mampu mengalahkan Swiss dengan skor telak 6-1 di Lusail Stadium.

Advertisement

Goncalo Ramos, striker muda yang dipercaya menggantikan peran Ronaldo, tampil luar biasa. Pemain Benfica tersebut membuat hattrick di laga ini.

Dengan torehan tersebut, Goncalo Ramos bukan satu-satunya pemain Portugal yang mencetak hattrick di Piala Dunia. Lalu siapa saja pada pendahulunya?

2 dari 6 halaman

Eusebio

Eusebio. Eks striker Portugal yang wafat pada 5 Januari 2014 dalam usia 71 tahun ini menjadi pemain Portugal pertama yang berhasil mencetak hattrick di ajang Piala Dunia. Momen itu terjadi dalam debut Portugal di ajang Piala Dunia pada edisi 1966 di Inggris. Saat laga perempatfinal menghadapi Korea Utara (23/7/1966) Eusebio mencetak 4 gol dalam laga yang berakhir 5-3. Di akhir turnamen, Portugal pun dibawanya menduduki peringkat ketiga dan Eusebio sendiri dinobatkan sebagai top skor dengan 9 gol. (AFP/Staff)

Eusebio menjadi pemain Portugal pertama yang mencetak hattrick di Piala Dunia. Eusebio melakukannya pada edisi 1966 yang berlangsung di Inggris.

Eusebio memborong empat gol ketika timnya mengalahkan Korea Utara 5-3 di perempat final. Berkat penampilan apil Eusebio, Portugal pun berhak melaju ke semifinal.

Portugal pada akhirnya berhasil merebut tempat ketiga di Piala Dunia 1966. Eusebio pun meraih gelar top skor turnamen setelah mengemas sembilan gol.

3 dari 6 halaman

Pauleta

Sayang, Portugal yang hanya mengemas tiga poin dari satu kali menang dan dua kali kalah harus tersingkir di fase grup usai hanya menempati posisi ketiga di bawah Korea Selatan dan Amerika Serikat. Total, Pauleta mampu mencetak 3 gol dan 1 assist bagi Portugal di Piala Dunia 2002. (AFP/Pascal Guyot)

Portugal tampil sangat buruk di Piala Dunia 2002. Tim yang diarsiteki Antonio Oliveira itu tak mampu lolos dari fase grup.

Tergabung di Grup D, Portugal menelan kekalahan dari Amerika Serikat dan Korea Selatan. Satu-satunya kemenangan yang berhasil diraih Portugal adalah saat berhadapan dengan Polandia.

Pada pertandingan tersebut, Portugal mampu mengalahkan Polandia dengan skor telak 4-0. Seleccao das Quinas menang berkat tiga gol dari Pauleta serta tambahan satu gol dari Rui Costa.

4 dari 6 halaman

Cristiano Ronaldo

Selebrasi pemain Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo dan Joao felix usai menjebol gawang Ghana dalam pertandingan Grup H Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Stadium 974, Qatar, Kamis (24/11/2022). (AP Photo/Manu Fernandez)

Piala Dunia 2018 di Rusia menyajikan begitu banyak kisah. Salah satunya adalah hattrick sensasional Cristiano Ronaldo di laga pertama Portugal.

Kapten Portugal tersebut mencetak hat-trick itu pada babak penyisihan Grup B, tepatnya ketika melawan Spanyol pada laga pertama. Laga itu berlangsung sengit dan berkesudahan imbang 3-3.

Ronaldo memborong tiga gol ke gawang David De Gea pada usia 33 tahun 130 hari. Hal itu membuat Ronaldo jadi pencetak hattrick tertua dalam sejarah Piala Dunia.

5 dari 6 halaman

Goncalo Ramos

Sepanjang sejarah Piala Dunia, Portugal yang prestasi terbaiknya di ajang Piala Dunia adalah menempati posisi ketiga pada edisi 1966 di Inggris, telah banyak menghasilkan pemain-pemain terbaik sepanjang keikutsertaannya. Seperti 4 pemain berikut yang mampu mencetak hattrick dalam satu edisi Piala Dunia. Siapa saja? Berikut daftar lengkapnya. (AP/Manu Fernandez)

Goncalo Ramos menjadi pemain Portugal terbaru yang mencetak hattrick di Piala Dunia. Dia melakukannya saat Portugal berhadapan dengan Swiss pada babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Didapuk sebagai pengganti Cristiano Ronaldo, Goncalo Ramos mampu tampil apik kontra Swiss. Striker andalan Benfica tersebut berhasil mencetak tiga gol dalam kemenangan 6-1 atas Swiss.

Setelah menyingkirkan Swiss, Portugal akan menghadapi Swiss di babak perempat final. Ramos berpeluang besar kembali menjadi starter dalam pertandingan ini.

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 8/12/2022)

6 dari 6 halaman