Foto: Termasuk Achraf Hakimi, Ini Dia 6 Pemain yang Lakukan Eksekusi Penalti Panenka di Piala Dunia, Tak Semuanya Sukses

oleh Hendriyan diperbarui 08 Des 2022, 22:53 WIB
Eksekusi penalti dengan tendangan cungkil ke arah tengah yang lazim dikenal dengan istilah penalti Panenka pertama kali diperkenalkan oleh pemain asal Cekoslowakia, Antonin Panenka pada Piala Eropa 1976. Setelah itu banyak para pemain yang menirunya, tak terkecuali di ajang besar seperti Piala Dunia. Tercatat, 6 pemain pernah melakukan eksekusi penalti Panenka di ajang Piala Dunia. Berikut daftar lengkapnya. (AFP/Karim Jaafar)
Michal Bilek. Eks gelandang kiri Republik Ceska yang sebelumnya bernama Cekoslowakia ini menjadi pemain pertama yang melakukan eksekusi penalti dengan gaya Panenka di Piala Dunia. Momen itu terjadi saat Cekoslowakia menang 5-1 atas Amerika Serikat pada laga pertama fase Grup A Piala Dunia 1990 (10/6/1990) di Italia. Sayang, eksekusi penalti Panenka-nya saat Cekoslowakia telah unggul 4-0 ini gagal karena mampu dibaca oleh kiper Amerika Serikat, Tony Meola. (FIFA)
Artem Milevskiy. Eks striker Ukraina yang belum lama pensiun pada September 2021 ini menjadi pemain kedua yang melakukan eksekusi penalti dengan gaya Panenka di Piala Dunia. Momen itu terjadi saat Ukraina menang melalui adu penalti 3-0 (0-0) atas Swiss pada babak 16 besar Piala Dunia 2006 (26/6/2006) di Jerman. Sebagai penendang kedua, eksekusi penalti Panenka-nya mampu memperdaya kiper Swiss, Pascal Zuberbuhler. (AFP/Odd Andersen)
Zinedine Zidane. Eks gelandang serang Prancis yang pensiun pada Juli 2006 ini menjadi pemain ketiga yang melakukan eksekusi penalti dengan gaya Panenka di Piala Dunia. Momen itu terjadi saat Prancis kalah melalui adu penalti 3-5 (1-1) dari Italia pada partai final Piala Dunia 2006 (9/7/2006) di Jerman. Gol penalti Panenka Zinedine Zidane dicetak pada menit ke-7 yang membuat Prancis unggul terlebih dahulu 1-0, yang akhirnya mampu disamakan 1-1 oleh Italia lewat gol Marco Materazzi pada menit ke-19. (AFP/Nicolas Asfouri)
Sebastian Abreu. Eks striker Uruguay yang belum lama pensiun pada Januari 2022 ini menjadi pemain keempat yang melakukan eksekusi penalti dengan gaya Panenka di Piala Dunia. Momen itu terjadi saat Uruguay menang melalui adu penalti 4-2 (1-1) atas Ghana pada babak perempatfinal Piala Dunia 2010 (2/7/2010) di Afrika Selatan. Sebagai penendang kelima, eksekusi penalti Panenka-nya mampu memperdaya kiper Ghana, Richard Kingson dan memastikan kemenangan Uruguay. (AFP/Gabriel Bouys)
Fedor Smolov. Striker Rusia berusia 32 tahun yang kini bermain bersama Dynamo Moscow ini menjadi pemain kelima yang melakukan eksekusi penalti dengan gaya Panenka di Piala Dunia. Momen itu terjadi saat Rusia kalah melalui adu penalti 3-4 (1-1) dari Kroasia pada babak perempatfinal Piala Dunia 2018 (7/7/2018) di Rusia. Sebagai penendang pertama, eksekusi penalti Panenka-nya gagal karena mampu dibaca kiper Kroasia, Danijel Subasic. (AFP/Adrian Dennis)
Achraf Hakimi. Bek kanan Maroko berusia 24 tahun yang kini bermain bersama PSG ini menjadi pemain keenam alias terbaru yang melakukan eksekusi penalti dengan gaya Panenka di Piala Dunia. Momen itu terjadi saat Maroko menang melalui adu penalti 3-0 (0-0) atas Spanyol pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 (6/12/2022) di Qatar. Sebagai penendang ketiga, eksekusi penalti Panenka-nya mampu memperdaya kiper Spanyol, Unai Simon dan memastikan Maroko lolos ke babak perempatfinal. (AFP/Karim Jaafar)

Berita Terkait